Tim Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM), yang terdiri dari Satrio Adi Wibowo (Ilmu Ekonomi 2015) dan Gabriel Pierre (Ilmu Ekonomi 2015) telah berhasil memenangkan Juara 1 dan Best Essay Equilibrium Science Fair - National Equilibrium Conference 2017 yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Udayana pada Rabu s.d. Kamis, 2 s.d. 3 Agustus 2017.

National Equlibrium Conference (NEC) adalah salah satu perlombaan dari seluruh rangkaian acara di dalam Equilibrium Science Fair (ESF) 2017, selain menyuguhkan acara perlombaan esai mahasiswa tingkat nasional, NEC juga mengusung acara utamanya yakni konferensi. NEC (National Equilibrium Conference) merupakan konferensi mahasiswa tingkat nasional sebagai upaya untuk mewadahi aspirasi dan pemikiran mahasiswa terkait mengoptimalkan sumber daya pembangunan untuk mencapai kesejahteraan ekonomi masyarakat yang berkelanjutan. Dalam konferensi ini partisipan yang hadir diharapkan dapat memberikan sumbangsih pemikirannya sehingga tercipta ide-ide inovatif dan kreatif yang baru dan dapat digunakan sebagai suatu strategi baru dalam mencapai kesejahteraan ekonomi masyarakat yang berkelanjutan. Melalui perumusan yang dilakukan oleh para partisipan, nantinya akan menjadi dasar penulisan cetak biru (blueprint) yang merupakan wujud nyata sumbangsih mahasiswa seluruh Indonesia dalam membantu pemerintah menciptakan kebijakan-kebijakan baru untuk mengoptimalkan sumber daya pembangunan. Jika ide sudah terkumpul maka akan mendapatkan solusi melalui National Equilibrium Conference (ESF) 2017, harapan adaanya perlombaan ini dapat memberikan suatu pengalaman tak terlupakan dan konferensi yang lebih baik untuk semua delegasi.

Tahun ini, Equilibrium Science Fair - National Equilibrium Conference 2017 memiliki tema "Intensifying Resources Development to Accomplish Sustainable Economic’s Welfare" dengan beberapa subtema antara lain: Optimalisasi Perempuan Indonesia Sebagai Sumber Daya Manusia dalam Mewujudkan Kesetaraan Gender dan Upaya Pengembangan Potensi Desa Melalui Sektor UMKM dan Industri Ekonomi Kreatif untuk Mengatasi Kesenjangan Perekonomian di Indonesia. Kompetisi esai  dan Konferensi ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas peserta mahasiswa dalam menciptakan solusi untuk menjawab permasalahan ketimpangan Ekonomi di Indonesia.

Para peserta National Equilibrium Conference diminta untuk membuat esai dan presentasi esai dengan tujuan utama untuk menjawab permasalahan ketimpangan ekonomi yang terjadi diantara desa dan kota di Indonesia.

Dari 300 tim yang mengajukan ide sebagai babak penyisihan. 10 tim dari seluruh Indonesia kemudian terpilih untuk bergabung dalam babak semifinal dan melakukan presentasi di FEB UGM. Selain presentasi, pemutaran ide setiap peserta lomba terdapat juga sesi konferensi dimana setiap peserta dituntut untuk mengutarakan setiap ide atau pendapatnya di depan 3 moderator dan seluruh peserta lainnya.

Seluruh komponen penilaian dihitung untuk menentukan juara dari Marketing Plan Competition 2017. Tim dari FEB UGM berhasil meraih juara 1 dan Best Idea dalam lomba Equilibrium Science Fair – National Equilibrium Conference 2017 tersebut.

Sumber: Satrio/FEB UGM