10th Economic Event (Eccents) merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan Universitas Airlangga. 10th Eccent pada tahun 2017 memiliki tema "Optimalisasi Bonus Demografi Nasional dalam Menjawab Tantangan Pembangunan Berkelanjutan". Lomba ini terdiri dari beberapa babak, babak pertama adalah pengiriman abstrak dan selanjutnya dipilih 40 tim terbaik. Dari abstrak tersebut, selanjutnya akan dipilih 10 tim terbaik untuk diundang ke Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga dan mengikuti babak final.

Salah satu Tim Universitas Gadjah Mada yang turut mengikuti babak final Eccents adalah Tim i-Invest dan beranggotakan Cahyo Satrio Pratama, Safira Andrista dan Reza Bangun Mahardika dari Mahasiswa Ilmu Ekonomi Universitas Gadjah Mada angkatan 2013. Tim i-Invest membuat Karya Ilmiah yang berjudul "Peran UMKM sebagai Wadah Bonus Demografi Indonesia: Analisis Pertumbuhan dan Penyerapan Lapangan Kerja Sektor UMKM di Indonesia dari World Bank Enterprises Survey 2015". Tim i-invest menggunakan data mikro dari World Bank Enterprises Survey untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan UMKM sebab tim i-invest percaya bahwa UMKM dapat menjadi wadah bagi bonus demografi di Indonesia. Karya Ilmiah tersebut berhasil membawa i-Invest ke babak final di Universitas Airlangga. Babak Final sendiri dibagi menjadi 3 babak, yaitu babak study case, debat dan presentasi karya Ilmiah. Babak final sendiri berlangsung dari 18 Mei 2017 sampai 20 Mei 2017.

Babak debat dimulai pada tanggal 18 Mei 2017. Tim i-invest bertemu dengan lawan debat dari Universitas Gadjah Mada. Tema dari debat tersebut adalah "Investas Luar Negeri menjadi Penyedia Lapangan Pekerjaan" dan tim i-Invest mendapat bagian kontra. Pada bababk tersebut tim i-Invest berhasil melaluinya dengan baik dan mendapt pujian dari juri.

Hari kedua adalah babak study case dan presentasi karya Ilmiah. Pada babak study case tim i-Invesy diminta menjawab pertanyaan mengenai fenomena brain drain di Indonesia. Tim i-invest diminta untuk menjawab pertanyaan tersebut selama 3 menit. Pada babak ini tim i-invest berhasil menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terus digulirkan oleh dewan juri. Babak terakhir adalah babak presentasi karya Ilmiah. Karya ilmiah dari tim i-invest berhasil menuai pujian dari dewan juri. Namun, tetap ada pertanyaan dari dewan juri yang cukup sulit untuk dijawab. Akhirnya babak tersebut berhasil Tim i-invest lalui.

Tanggal 20 Mei 2017 adalah field trip serta gala dinner dari acara tersebut. Pada gala dinner tersebut diumumkan juara dalam lomba tersebut. Tim i-invest berhasil meraih juara 1 di dalam kompetisi LKTI 10th Eccents 2017.

Sumber: Reza/FEBUGM