Cetak
Kategori: Kerja Sama
Dilihat: 4648
CPA Australia

Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) melakukan penandatanganan Memorandum of Cooperation (MoC) dengan Certified Public Accountant (CPA) Australia. Pada penandatanganan tersebut, FEB UGM diwakili oleh Dr. Eko Suwardi, M. Sc., Ph. D. sebagai Dekan, sedangkan CPA Australia diwakili oleh Mark Chow, Regional Manager, Acquisition Strategy International and Emerging Markets, CPA Australia, pada Selasa (13/3)

Dalam kuliah umum yang diselenggarakan setelah sesi penandatanganan, Mark Chow menekankan pentingnya kualifikasi profesional untuk menunjang pekerjaan khususnya untuk dunia akuntansi. Dengan memiliki kualifikasi profesional, seseorang akan menjadi lebih terpercaya apabila melakukan pekerjaan karena telah memenuhi standar minimum yang ditetapkan suatu profesi.

"Investor menanamkan modalnya ke perusahaan yang melantai di bursa. Akan tetapi, investor atau pemegang saham tidak melihat kegiatan operasional sehari-hari perusahaan secara langsung. Ini menjadi tugas akuntan untuk memastikan bahwa perusahaan telah mengelola dana yang ditanamkan oleh investor dengan baik." kata Mark Chow.

Menurut Mark Chow, beberapa kualifikasi profesional yang digunakan untuk meningkatkan kualitas profesi akuntan telah disediakan oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) dan Ikatan Akuntan Publik Indonesia (IAPI). Yang perlu dilakukan saat ini adalah meningkatkan kesadaran kepada para lulusan akuntansi bahwa gelar sarjana di bidang akuntansi saja tidak cukup untuk berkarir tetapi lulusan akuntansi juga memerlukan sertifikasi profesi.

Sumber: Ade/FEB