Cetak
Kategori: Prestasi
Dilihat: 25933
SBMP 2017

Mahasiswa Program Sarjana Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) meraih Juara Kedua dalam kompetisi Semarak Bidikmisi Prestatif (SBMP) 2017 yang diselenggarakan oleh Universitas Diponegoro. Tim yang beranggotakan Hanif Ratnayunia Wijajna (Ilmu Ekonomi 2014), Abdul Qodri Susamto (Manajemen 2014), Arif Rohman Mu’tasim (Manajemen 2014), memperoleh penghargaan juara setelah mengeliminasi lebih dari seratus peserta dari berbagai universitas.

Kompetisi yang diselenggarakan oleh Keluarga Mahasiswa Bidikmisi (KAMADIKSI) Universitas Diponegoro tersebut merupakan kompetisi karya tulis ilmiah inovatif. Dimulai dengan pengumpulan abstrak untuk memperoleh 50 besar dan dieliminasi menjadi 10 tim terbaik setelah pengumpulan karya tulis secara lengkap.

Tahap final dalam kompetisi merupakan sesi presentasi karya tulis. Berlangsung di Universitas Diponegoro pada 10-12 November 2017. Gagasan inovatif yang diusung oleh tim UGM adalah crowdsourcing platform yang mengintegrasikan crowdfunding dan open source website untuk mengembangkan teknologi UMKM berdasarkan prinsip gotong-royong.

Inovasi berbasis web ini menginisiasi untuk bertemunya pemilik sumber daya (modal dan informasi teknologi) dengan para pelaku UMKM. Sehingga UMKM dapat berkembang secara efektif dengan biaya yang relatif lebih rendah. Melalui gagasan tersebut, tim dari UGM ini meraih juara kedua.

Sumber: Ratnayunia/FEB