Cetak
Kategori: Prestasi
Dilihat: 29238
HIRA 2017

Dua tim mahasiswa Program Studi Magister Sains, Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM memenangkan penghargaan proposal riset dalam program HSBC Indonesia Research Award (HIRA) 2017 yang diadakan di Hotel Aryaduta Jakarta, pada 7 Desember 2017 lalu. Dua tim tersebut diantaranya adalah tim yang terdiri dari Sariyatul Ilyana (Matrikulasi MSi Akuntansi 2017), Rendra Arief Hidayat (Matrikulasi MSi Akuntansi 2017), dan Dian Friantoro (Ekonomi Islam 2017), serta tim yang terdiri dari Siti Nuryani Kasanah (MSi Manajemen 2016) dan Alyta Shabrina Zusryn (MSi Manajemen 2016). Penyerahan penghargaan dilakukan pada kegiatan seminar berjudul " Indonesia Economic and Financial Sector Outlook (IEFSO) 2018."

Program ini merupakan kerjasama Bank HSBC Indonesia, Sampoerna University, dan Sampoerna Foundation yang mengusung tema "Redirecting Banking and Finance for Development." Kedua tim FEB UGM tersebut memenangkan penghargaan dalam kategori 10 proposal riset terbaik dari 51 proposal riset yang diikutsertakan dalam HIRA 2017. Proposal riset mengenai financial stress dengan judul "Pengaruh Shopaholic, Perilaku Konsumtif Lingkungan, dan Kemampuan Finansial terhadap Financial Stress dengan Financial Literacy sebagai Variabel Moderating" membawa Tim Sariyatul Ilyana dan Tim Siti Nuryani mengusulkan proposal riset mengenai pembiayaan mikro dengan judul proposal "Analisis Pengaruh Pembiayaan Mikro Terhadap Pemberdayaan Perempuan" telah memenangkan kategori proposal riset terbaik dalam HIRA 2017.

Selain pemberian penghargaan proposal riset terbaik tersebut, sebanyak 10 penerima penghargaan menerima penghargaan dengan kategori publikasi ilmiah terbaik. Penerima penghargaan merupakan mahasiswa pascasarjana dan dosen dari Universitas di Indonesia. Penghargaan ini diharapkan mampu memotivasi mahasiswa pascasarjana dan dosen untuk meningkatkan kualitas riset yang ada di Indonesia.

Sumber: SI-ASZ-RR/MSi