Cetak
Kategori: Prestasi
Dilihat: 2430
EURECA 2018

Tiga mahasiswa Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) yang terdiri atas; Satrio Adi Wbowo (Ilmu Ekonomi 2015), Gabriel Pierre (Ilmu Ekonomi 2015), dan R. Daffa Favia D.A (Ilmu Ekonomi - IUP 2015) berhasil meraih Juara Pertama pada Business Plan Competition di acara Entrepreneur Creative Challenge (EURECA) 2018 pada Rabu (28/3). Selain itu, Gabriel Pierre meraih Best Speaker pada kompetisi tersebut.

Entrepreneur Creative Challenge (EURECA) 2018, acara yang diselenggarakan oleh Student Board 2017/2018 S1 Universitas Prasetya Mulya, terdiri dari 3 acara utama yaitu BPC (Business Plan Competition), MPC (Marketing Plan Competition) dan MDC (Management Debate Competition). EURECA 2018 mengangkat tema ULTIMATE dengan tagline "Utilizing Market to Enhance Business Potential." Kata "ULTIMATE" sendiri memiliki makna sebuah fundamental atau hal dasar. Salah satu dasar yang perlu diperhatikan oleh para entrepreneur generasi penerus bangsa adalah pentingnya pemahaman situasi pasar untuk dapat mengoptimalkan usaha bisnis di era modern ini, dimana terdapat pergeseran pola konsumsi masyarakat Indonesia dari non-leisure consumption menjadi leisure consumption. Sebagai seorang entrepreneur, diperlukan kepekaan dalam menganalisa situasi pasar untuk dapat mempertahankan eksistensi bisnis yang didukung oleh ide-ide inovatif yang relevan dengan perkembangan zaman. Tema yang diangkat untuk EURECA 2018 ini memiliki tujuan untuk menyadarkan para entrepreneur muda dalam mengembangkan bisnis dengan tetap memperhatikan situasi pasar, tidak hanya berinovasi pada segi goods-based consumption namun juga berinovasi dalam bisnis experience-based consumption.

BPC sendiri merupakan kompetisi sekaligus wadah bagi peserta dalam mengembangkan ide bisnis yang kreatif dan inovatif. Setelah mengumpulkan berkas business plan, 15 tim terbaik dari masing-masing kategori akan melanjutkan kompetisi ke preliminary stage, yaitu tahap rocket pitch. Pada tahap rocket pitch ini, para peserta akan mempresentasikan ide bisnis yang telah mereka buat dihadapan para juri. Business coaching dan field trip yang bertujuan untuk memberikan insight diberikan kepada para peserta BPC sebelum tahap rocket pitch. Pada tahun 2018 ini, EURECA juga akan mengadakan business race untuk para peserta BPC, dimana business race akan diadakan sebelum para peserta melakukan technical meeting. Peserta yang memenangkan business race akan mendapatkan hak istimewa, yaitu dapat memilih urutan presentasi rocket pitch.

Sumber: Satrio/FEB