Cetak
Kategori: Prestasi
Dilihat: 1944
SEA SUKA 2018

Delegasi Kelompok Studi Ekonomi Islam Shariah Economics Forum UGM (KSEI SEF UGM) dan FEB UGM, yaitu Adam Adhe Anugerah (Manajemen 2016), Dion Saputera Arbi (Ilmu Ekonomi 2017), dan Muhamad Bayu Prakoso (Ilmu Ekonomi 2017) menjadi wakil UGM pada Call for Paper Sharia Economics Advancement Sunan Kalijaga (SEA SUKA), yang diselenggarakan oleh Forum Studi Ekonomi dan Bisnis Islam (ForSEBI) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga pada tanggal 4 hingga 6 April 2018.

Acara yang bertempat di Kampus Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta ini diikuti oleh 10 tim yang berasal dari 14 perguruan tinggi yaitu Universitas Gadjah Mada, Universitas Brawijaya, Unversitas Islam Indonesia, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, Universitas Trunojoyo Madura, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Brawijaya, Universitas Darussalam Gontor dan Universitas Negeri Semarang.

Pada lomba ini delegasi FEB UGM masuk di dalam subtema Fintech Design To Support Islmaic Creative Economy, dimana dalam lomba ini delegasi FEB UGM mempresentasikan Karya Tulis Ilmiah (KTI) yang berjudul "MOSGUE: Platform Penyedia Informasi, Big Data Ekonomi, Dan Manajemen Masjid Dengan Menerapkan Teknologi Blockchain Sebagai Solusi Permasalahan Ekonomi Umat".

KTI ini membahas mengenai penerapan Blockchain untuk meningkatkan citra keuangan masjid dan pemerataan dana sosial masjid seluruh indonesia dengan mengadopsi konsep situs simas.kemenag.go.id dan BAZNAS. KTI ini sendiri disambut dengan sangat baik oleh para dewan juri yang merupakan akademisi UIN, Praktisi Fintech di Indonesia dan Amerika.

Delegasi FEB UGM berhasil mengharumkan nama UGM dengan meraih Juara 2 pada lomba tersebut. Sedangkan gelar juara dan penghargaan lainnya diperoleh delegasi perguruan tinggi lain, yaitu Juara 1 diperoleh delegasi dari Universitas Negeri Surabya, Juara 3 diperoleh delegasi dari Universitas Trinojoyo Madura. Alhamdulillah dan semoga kedepannya prestasi ini dapat dipertahankan serta semakin banyak mahasiswa UGM, khususnya FEB UGM, yang ikut berpartisipasi pada kompetisi-kompetisi selanjutnya.

Sumber: Muhamad Bayu Prakoso