Cetak
Kategori: Prestasi
Dilihat: 2148
Esai DEE 2018

Dua tim dari Program Sarjana Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) berhasil meraih juara 2 dan 3 dalam Lomba Menulis Esai Nasional Development Economics Event (DEE) yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan Universitas Katolik Parahyangan pada Jumat, 27 April 2018. Tim yang terdiri dari Satrio Adi Wibowo (Ilmu Ekonomi 2015), Phelia Myrna (Ilmu Ekonomi 2016), dan Sisilia Juliana Hanamaria (Ilmu Ekonomi 2016) berhasil meraih juara dua. Sementara, tim yang terdiri dari Gabriel P. (Ilmu Ekonomi 2015), Lutfiyah Sungkar (Ilmu Ekonomi 2015), dan Laurencius (Ilmu Ekonomi 2015) berhasil meraih juara tiga.

Lomba esai ini adalah salah satu bagian dari rangkaian acara Development Economics Event. Tahun ini, tema besar yang diusung adalah "Exploring Maritime Economic Opportunities to Archive Sustainable Development Goals" dan terbagi menjadi 3 rangkaian acara: Seminar, Raceconomics, dan lomba esai. Dalam kompetisi ini, kedua tim berhasil melalui 2 tahap lomba.

Perlombaan ini dilakukan dalam dua tahap. Pertama, para peserta harus mengirimkan esai yang mengangkat salah satu dari lima subtema yang disediakan. Kemudian, 5 tim dengan esai yang lolos harus membuat poster yang mengacu pada esai yang telah dibuat. Kemudian, para finalis diundang ke Gedung Bank Indonesia Jawa Barat, Bandung, untuk menghadiri seminar nasional sekaligus pengumuman pemenang. Juara pertama dimenangkan oleh tim dari Universitas Indonesia. Esai dari tim Satrio berjudul "Aquatrip: Memaksimalkan Potensi Laut Indonesia dengan Konsep Ecotourism dan Pembangunan Akuakultur" berhasil memenangkan juara kedua. Sementara, tim Lutfiyah dengan esai berjudul "Kaildanjala.com: Meningkatkan Kesejahteraan Nelayan melalui Teknologi Crowdfunding." menjadi juara tiga.

Sumber: Satrio Adi