Cetak
Kategori: Prestasi
Dilihat: 1820
APC DASH 2018

Tim mahasiswa dari Program Sarjana Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM yang terdiri dari Graini Annisa (Akuntansi 2016) dan Maura Finessa Winayo (Akuntansi 2016) berhasil meraih juara pertama dalam Accounting Paper Competition (APC) Diponegoro Accounting’s Harmony (DASH) pada tanggal 28-29 September 2018 di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro (FEB UNDIP).

DASH adalah acara tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Departemen Akuntansi (HMDA) FEB UNDIP. Setiap tahunnya, DASH selalu mengangkat isu-isu terkini di bidang akuntansi. Tahun ini, DASH mengangkat tema Accountant’s Competence in Utilizing The Era of Digital Based Economy melihat pesatnya praktik ekonomi digital di Indonesia. Tema besar ini kemudian juga menjadi tema salah satu rangkaian acara DASH, yaitu Accounting Paper Competition (APC).

Proses seleksi karya tulis APC terdiri dari 4 tahapan, yaitu abstract submission, full paper submission, presentasi paper, dan studi kasus. Pada tahap full paper submission, seluruh peserta harus mengirimkan sebuah karya tulis ilmiah sesuai dengan tema yang diangkat. Dari seluruh peserta kemudian dipilih 10 tim terbaik untuk diundang ke FEB UNDIP. Tim-tim terbaik ini diminta untuk mempresentasikan paper yang telah mereka buat di hadapan dewan juri. Setelah itu, 5 tim dengan presentasi terbaik diberikan sebuah kasus yang harus diselesaikan selama waktu 60 menit dan dipresentasikan di hadapan dewan juri dan peserta lain. Masing-masing presentasi dilakukan selama 20 menit dengan 10 menit penyampaian materi dan 10 menit tanya jawab.

Selain Accounting Paper Competition, Diponegoro Accounting’s Harmony juga mencakup Diponegoro Accounting Competition (DAC), field trip, dan ditutup dengan awarding night. Pada awarding night, diumumkan pemenang juara I, II, dan III APC dan DAC. Karya tulis tim FEB UGM yang berjudul "Maksimasi Wider Corporate Reporting Untuk Meningkatkan Ketepatan Penyajian Nilai Perusahaan Startup Digital Dalam Laporan Keuangan" berhasil memperoleh juara pertama APC.

Sumber: Graini Annisa