Cetak
Kategori: Prestasi
Dilihat: 2317
BIMA UNESA 2018

Tiga mahasiswa Program Sarjana Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) yang tergabung dalam tim Breakfast Club, yakni Afrizal Hakim (Manajemen 2015), Dharmawan Santosa (Ilmu Ekonomi 2016) dan Patria Dhawastu (Akuntansi 2015), berhasil meraih gelar 2nd Winner dalam Brunei Indonesia Malaysia Business Case Competition 2018 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya.

Brunei Indonesia Malaysia Business Case Competition (BIMA BCC) merupakan kompetisi business case tahunan yang diadakan oleh Universitas Negeri Surabaya. Pada tahun ini, BIMA BCC 2018 mengusung tema "Creating a young generation with progressive and reliable in creative thinking, innovative, and solutive." Dengan menggandeng PT Adhi Karya, Tbk. sebagai partner utama dalam menyediakan case, peserta dituntut untuk memberikan solusi atas permasalahan bisnis yang dihadapi oleh PT Adhi Karya, Tbk.

BIMA BCC 2018 terdiri dari dua tahap, yaitu tahap preliminary case dan tahap final case. Pada tahap preliminary case, setiap tim dituntut untuk mengumpulkan karya tulis singkat mengenai solusi inovasi untuk bisnis Kebab Turki Baba Rafi. Kemudian pada final case, tim yang lolos ke tahap selanjutnya diminta untuk memberi solusi atas kasus bisnis dari PT Adhi Karya, Tbk. 15 tim terbaik lalu terpilih untuk melaju ke presentasi babak final dari total 94 tim yang mendaftar dari berbagai universitas di Brunei, Indonesia dan Malaysia. Beberapa tim tersebut antara lain berasal dari Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Surabaya, UCSI University Malaysia dan IIUM University Malaysia. Babak final lalu dilaksanakan di Surabaya pada tanggal 2-3 November 2018.

Babak final kompetisi terdiri dari presentasi final case yang telah dipersiapkan oleh peserta. Pada babak final, tim Breakfast Club dari FEB UGM mempresentasikan solusi bisnis untuk PT Adhi Karya, Tbk. dengan judul "3 Pillars Lockdown: Optimizing Risk, Supply Chain, and Customer Retention to Ace Local and Global Construction Industry" di hadapan tiga juri yang terdiri dari kalangan praktisi dan akademisi. Pada akhir kompetisi, tim Breakfast Club FEB UGM akhirnya dinyatakan menjadi 2nd Winner oleh para juri dan mengungguli kontestan lainnya.

Sumber: Afrizal Hakim