Cetak
Kategori: Prestasi
Dilihat: 1535
Economix UI 2018

Dua mahasiswi Program Sarjana Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM, terdiri dari Sisilia Juliana Hanamaria (Ilmu Ekonomi-IUP 2016) dan Jesita Wida Ajani (Ilmu Ekonomi-IUP 2016), berhasil meraih Juara 2 dalam kompetisi internasional tingkat dunia "16th Economix: Global Economic Challenges," yang diselenggarakan di Universitas Indonesia. Perlombaan ini diadakan setiap tahun di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia (FEB UI). Acara ini diselenggarakan dari hari Minggu (4/11) sampai Kamis (9/11).

16th Economix mengusung tema besar "The Future of Work: A Looming Phenomenon," dan terdiri dari 4 kegiatan, yaitu Seminar, Economix Model United Nations (Economix MUN), Main Competition, dan Mini Essay Competition. Dalam kompetisi ini, Sisilia dan Jesita berhasil melalui berbagai tahapan lomba tersebut sampai pada akhirnya meraih juara 2 kategori Main Competition dan Sisilia berhasil meraih juara 3 kategori Mini Essay Competition

Perlombaan ini dilakukan dalam empat tahap (pada kategori Main Competition). Pertama, para peserta harus mengirimkan paper yang mengangkat salah satu dari tiga subtema yang disediakan. Kemudian, 12 tim yang lolos diundang ke FEB UI untuk melanjutkan tahapan seleksi yaitu presentasi paper, knowledge assessment, dan economic speech. Setelah itu, dari empat tahap tersebut, skor akan diakumulasikan dan 5 tim dengan skor tertinggi maju ke babak final. Pada babak final yang diselenggarakan hari Kamis (9/11), 5 tim yang lolos diberikan studi kasus di mana para peserta harus menganalisa kasus yang diangkat dari tema besar, mencari solusi untuk menyelesaikan kasus tersebut, menyusun presentasi, mencari data, dan mempersiapkan diri untuk presentasi dalam waktu 12 jam.

Pada penyelenggaran kompetisi kali ini, 12 tim yang behasil lolos berasal dari berbagai universitas yang berbeda seperti Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, De La Salle University (Filipina), University of Santo Thomas (Filipina), University of Dhaka (Bangladesh), serta Bangladesh University of Professionals (Bangladesh).

Pada akhirnya Juara 2 kategori Main Competition diraih oleh tim mahasiswi Universitas Gadjah Mada, sementara Juara 1 diraih oleh Universitas Indonesia, serta Juara 3 adalah De La Salle University. Sedangkan kategori Mini Essay Competition, Sisilia berhasil menjadi juara 3, lalu Juara 1 dan Juara 2 diraih oleh mahasiswa dari Institut Teknologi Bandung.

Sumber: Sisilia Juliana Hanamaria