Cetak
Kategori: Prestasi
Dilihat: 2500
Taxplore UI 2018

Tiga Mahasiswa Program Sarjana Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM, Ega Kurnia Yazid (Ilmu Ekonomi 2015), Lutfiyah Sungkar (Ilmu Ekonomi 2015), dan Nada Serpina (Ilmu Ekonomi 2015), memenangkan juara pertama dalam Kompetisi Pajak Nasional Taxplore 2018. Kompetisi ini diadakan di Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Indonesia (FIA UI), pada tanggal 30 November - 1 Desember 2018.

Taxplore 2018 adalah kompetisi paper tahunan yang diselenggarakan oleh Kelompok Studi Fiskal (Kostaf) Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI). Kali ini, Taxplore 2018 mengadakan tema "Perpajakan di Era Ekonomi Digital" dengan 2 kegiatan utama, yaitu seminar dan paper competition. Dalam kompetisi ini, Ega, Lutfiyah, dan Nada berhasil melewati berbagai tahapan kompetisi hingga akhirnya memenangkan juara 1 untuk paper competition.

Kompetisi terdiri dari tiga tahap. Pertama, para peserta harus menyerahkan kertas dengan mengambil satu dari enam subtema yang disediakan. Kemudian, 10 tim terbaik diundang ke FIA UI untuk melanjutkan tahap seleksi presentasi paper. Setelah itu, dari dua tahap, skor akan diakumulasikan dan 5 tim dengan skor tertinggi akan maju ke babak final. Di babak final yang diadakan pada hari Sabtu, 1 Desember 2018, 5 tim yang memenuhi syarat diberi studi kasus di mana peserta harus menganalisis kasus yang diangkat dari tema utama dan seminar, mencari solusi untuk menyelesaikan kasus, dan mempersiapkan presentasi dalam 15 menit.

Pada kompetisi kali ini, 10 tim yang berhasil lolos berasal dari berbagai universitas yang berbeda di seluruh Indonesia seperti Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, PKN STAN, Universitas Sebelas Maret, dan Universitas Telkom. Di babak final, juara pertama diraih oleh tim FEB UGM, juara kedua adalah tim PKN STAN dan juara ketiga adalah tim Universitas Airlangga.

Sumber: Lutfiyah Sungkar