Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) telah sukses menyelenggarakan berbagai konser jazz. Tradisi konser jazz di kampus UGM Bulaksumur dimulai pada 16 November 1987, ketika para mahasiswa yang dimotori dosen junior FE-UGM saat itu, A. Tony Prasetiantono, menggelar konser pertama berjudul Economics Jazz Live. Konser diselenggarakan di Sporthall Kridosono Yogyakarta, dengan menghadirkan grup fusion yang sedang naik daun, Karimata (Candra Darusman, Erwin Gutawa, Aminoto Kosin, Denny TR dan Aldy), penyanyi muda yang sedang menanjak Ruth Sahanaya, serta saxophonist legendaris Embong Rahardjo (almarhum).

Setelah itu, disusul dengan konser-konser selanjutnya, tetap dengan nama Economics Jazz Live. Kegiatan ini mengalami pasang-surut, seiring dengan kesibukan promotor yang harus bersekolah lanjut di luar negeri, serta kesulitan panitia untuk mendapatkan dana sponsor. Sepanjang pengalaman kami (panitia - red), konser tidak akan dapat terselenggara tanpa dukungan sponsor. Berbeda dengan market Jakarta, daya beli masyarakat Yogyakarta cukup terbatas untuk dapat menjangkau harga tiket yang bisa mendukung terselenggaranya konser musik berkualitas.

Nama Economics Jazz Live berubah menjadi UGM Jazz ketika pihak Rektorat UGM menginginkan acara ini digelar dengan payung Universitas (tidak lagi Fakultas) pada 2000. Nama UGM Jazz kemudian diubah lagi menjadi Economics Jazz, tatkala konser kembali dipayungi oleh lembaga Fakultas, di mana Fakultas Ekonomi UGM berubah nama menjadi Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM. Perubahan ini terjadi pada konser ke-14, pada 25 September 2010, yang disponsori oleh Bank Permata.

Pergelaran UGM Jazz ini sempat vakum ketika Bp. Tony harus menyelesaikan studi S-3 di Australia. Hingga pergelaran ke XIII, konser UGM Jazz ini diselenggarakan sebanyak 9 kali di Grha Sabha Pramana UGM. Hingga akhirnya, pada Economics Jazz ke XIV konser sempat berpindah kembali ke Gedung Pusat UGM dalam rangka memperingati Lustrum ke XI Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM. Sempat berpindah di Grand Pacific Hall selama 3 kali hingga Economics Jazz ke 17.

Berikut konser jazz yang telah di selenggarakan di Kampus UGM, sebagai berikut:

* oleh fakultas, ** oleh universitas

Informasi selengkapnya:
Website: http://economicsjazz.com
Twitter: @EconomicsJazz