Dalam rangka akreditasi internasional AACSB (the Accreditation of Advance Collegiate School of Business) yang ingin diraih Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM (FEB UGM), maka FEB UGM mengadakan acara Lokakarya dengan tema “Lokakarya Assurance of Learning Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada” pada hari Jumat dan Sabtu tanggal 29 – 30 Januari 2010 di Hotel Santika Yogyakarta.

Acara Lokakarya ini dibuka oleh Dekan Prof. Marwan Asri, M.B.A., Ph.D, dam dihadiri segenap staf pengajar dan pengelola unit-unit di lingkungan FEB UGM. Lokakarya ini bertujuan untuk memperbaiki proses belajar mengajar di FEB UGM, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dengan judul "Introduction Assurance of Learning: Learning Goals, Learning Outcomes" yang dipresentasikan oleh B.M. Purwanto, MBA., Ph.D. dan Supriyadi, M.Sc., Ph.D.

Pada lokakarya tersebut, tim akreditasi telah menyusun 6 (enam) learning goals dari program Strata Satu, Strata Dua, dan Strata Tiga. Dari enam learning goals yang telah disusun tim akreditasi, AACSB hanya merekomendasikan 4 (empat) – 6 (enam) learning goals.

Dalam lokakarya ini merumuskan hasil akhir sebagai berikut:

  1. Setiap Jurusan diharapkan membuat rancangan yang ditetapkan untuk dapat direalisasikan, jurusan dapat merubah atau menambahkan learning goals atau traits yang telah disusun,
  2. Matakuliah dikaitkan dengan learning goals (secara details) pada akhirnya akan keterkaitan erat dalam pencapaian learning goals
  3. Pada akhirnya workshop akan memperoleh matriks learning goals yang disepakati oleh semua jurusan, meskipun pada akhirnya ada perbedaan karena menyesuaikan keunikan masing-masing jurusan.
Sumber: Bdn