Magister Manajemen FEB UGM menyelenggarakan Executive Series dengan tema "Venture Capital as A Startup Booster" pada hari Jumat (24/05) di Auditorium Sukadji Ranuwiharjo MM UGM. Hadir sebagai pembicara Kusumo Martanto, Chief Operation Officer (COO) PT Global Digital Prima dan Andrew Darwis, founder Kaskus, sebuah portal sosial media dan komunitas terbesar di Indonesia. Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 200 mahasiswa MM FEB UGM.

Acara dibuka oleh Prof. Jogiyanto Hartono M., Dr., M.B.A., CMA. selaku Deputi Direktur Bidang Keuangan, Sumber Daya Manusia, dan Sistem Informasi MM UGM. Prof. Jogiyanto yang juga merangkap sebagai moderator acara mengatakan bahwa kegiatan CEO Series akan dilakukan setiap bulannya, tujuannya agar mahasiswa mendapatkan sharied pengalaman praktik dari para pimpinan perusahaan untuk menunjang teori yang telah didapatkan di kelas.

Kusumo Martanto memaparkan langkah-langkah mendirikan sebuah bisnis yang mulai dari mendapatkan sebuah ide hingga mewujudkannya. Sebagai pimpinan perusahaan venture capital yang menyuntikkan modal ke dalam bisnis-bisnis baru yang potensial, Kusumo memberikan berbagai tips untuk mendapatkan investor. Ia menekankan pentingnya calon pengusaha menuliskan rencana bisnisnya, untuk memandu calon pengusaha dalam perencanaan bisnis. Selain itu, ia mengingatkan bahwa ide hanya akan tetap menjadi sebuah ide tanpa melakukan aksi nyata untuk mewujudkannya.

Di sesi kedua, Andrew Darwis sebagai founder Kaskus membagi pengalamannya mendirikan Kaskus pada tahun 1999 sebagai tugas kuliah waktu ia studi di Amerika Serikat. Situs yang pada awalnya dimaksudkan untuk mewadahi komunitas-komunitas yang ada di Indonesia ini mendapat sambutan yang baik bagi para pengguna internet di Indonesia sebagai wadah untuk berbagi informasi. Situs ini semakin berkembang hingga kini dimanfaatkan sebagai situs jual beli secara online bagi penggunanya.

Andrew mengakui bahwa Kaskus bisa menjadi seperti sekarang karena dukungan para pengguna kaskus atau sering disebut kaskuser. Ia mengatakan jumlah pengguna kaskus tahun 2013 ini sudah mencapai 7 juta orang dan optimis akan terus bertambah. Ke depan, Kaskus yang mendapatkan dukungan dari PT Global Digital Prima (GDP) akan menambahkan fungsi pembayaran online.

Sumber: Rahmat/FEB