CiHEWS DEQPI merupakan program pembangunan masyarakat di wilayah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal) yang diinisiasi tahun 2015 ini di Kabupaten Kepulauan Anambas. CiHEWS DEQPI merupakan program dengan pendekatan holistik yang terdiri dari Civilization (kepedulian pola pikir maju dan pendidikan), Health and Environment (kesehatan diri dan lingkungan), Wealth (kemandirian energi dan pangan), dan Social Business (pembangunan wirausaha berkonsep bisnis sosial).

Kepulauan Anambas merupakan salah satu kabupaten kepulauan hasil pemekaran wilayah dari Kabupaten Natuna yang terbentuk pada 23 Juli 2008. Letak Kabupaten Kepulauan Anambas yang berada di wilayah Laut Natuna menyimpan berbagai potensi tidak hanya wisata tetapi juga sumber daya alam yang berlimpah. Cadangan minyak bumi dan gas alam yang belimpah menjadikan Kabupaten Kepulauan Anambas sebagai pemasok minyak no. 4 di Indonesia. Hal ini tidak lepas dari peran swasta dalam pemaksimalan potensi tersebut dan salah satunya adalah ConocoPhilips Indonesia, Inc. Ltd.

ConocoPhilips Indonesia, Inc. Ltd. adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang migas dan salah satu rekanan Indonesia dalam sumber migas. Sebagai salah satu perusahaan yang telah berada di Indonesia lebih dari empat dekade, peran ConocoPhilips Indonesia, Inc. Ltd. terhadap masyarakat di Kabupaten Kepulauan Anambas sangat besar salah satunya adalah dengan pelestarian ekosistem kelautan yang bekerjasama dengan Conservation International (CI).

Pada dialog BAPPEDA Kabupaten Kepulauan Anambas yang diselenggarakan oleh Dashboard for Excellence Quality and Productivity Improvement (DEQPI) Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) pada 28 Januari 2015 lalu, Direktur DEQPI, Rika Fatimah P.L., S.T., M.Sc., PhD., berkesempatan untuk berbicara langsung via telepon dengan Inneke Sundari, Chief Financial Officer, Senior Vice President ConocoPhillips Indonesia, Inc. Ltd.

Pada 09 Juli 2015 akhirnya DEQPI berkesempatan berkunjung dan bertemu langsung dengan ibu Inneke Sundari dan perwakilan ConocoPhillips lainnya untuk membicarakan kemungkinan kerjasama lebih lanjut program CiHEWS DEQPI Anambas. Semangat pembangunan masyarakat 3T Kabupaten Kepulauan Anambas yang dijunjung oleh DEQPI dan ConocoPhillips Indonesia, Inc. Ltd. ini diharapkan dapat dilaksanakan tidak hanya di Kabupaten Kepulauan Anambas namun dapat menjangkau hingga wilayah 3T lainnya. Diharapkan perusahaan-perusahaan lainnya dapat ikut serta mendukung dan berkolaborasi dalam pelaksanaan program ini.

Sumber: DEQPI FEBUGM