Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) kembali mencetak prestasi di ajang perlombaan Ekonomi Nasional. Pada kesempatan kali ini delegasi FEB UGM diwakili oleh Airlangga Surya Kusuma (Dept. Manajemen 2012), Abdul Qodri Susamto (Dept. Manajemen 2014), dan Erlin Meida Ramadhani (Dept. Akuntansi 2014). Mereka bertanding dalam sebuah lomba ekonomi Islam nasional di Universitas Gunadarma. Olimpiade Ekonomi Islam ini merupakan acara tahunan terbesar yang diselenggarakan oleh Universitas Gunadarma beserta dengan Kelompok Studi Ekonomi Islam SEF Gunadarma. Kegiatan ini diselenggarakan di Auditorium D460 Kampus D Universitas Gunadarma pada tanggal 5-8 April 2017 dengan tema "Paving The Way of Islamic Economics and Finance: Inclusive Innovations".

Perjuangan Tim FEB UGM diawali dengan melalui babak penyisihan online dengan mengerjakan soal-soal ekonomi konvensional dan ekonomi Islam serta mengirimkan essay yang sesuai dengan tema besar dari GSENT 2017. TIM FEB UGM berhasil lolos ke dalam babak semifinal yang terdiri dari 12 tim dari seluruh universitas negeri dan swasta di seluruh Indonesia seperti; Universitas Airlangga, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Brawijaya , dan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga juga lolos ke dalam babak semifinal. Dalam babak ini, seluruh tim diuji untuk mengerjakan soal olimpiade secara individu yang hasilnya akan diakumulasikan per tim. Tidak hanya itu, tim juga harus melalui sesi debat dan studi kasus. Tim FEB UGM masuk ke babak final bersama 3 tim lainnya.

Memasuki babak final, seluruh tim diberikan satu sub tema secara acak sebagai bahan untuk dijadikan materi konferensi pada hari Sabtu, 8 April 2017. Babak konferensi ini dihadiri oleh 3 orang juri yang berasal dari OJK, BI, dan satu akademisi dari Universitas Gunadarma. Konferensi yang dilaksankan di Auditorium D460 Kampus D Universitas Gunadarma ini dihadiri oleh sekitar 300 orang yang terdiri dari masyarakat umum dan mahasiswa. Hasil akhir dari keputusan dewan juri menyatakan bahwa tim FEB UGM berada di posisi juara 2 dengan skor 242,5 selisih 12,25 poin di bawah Universitas Airlangga. Tim FEB UGM bersyukur karena berhasil membawa pulang predikat juara dan lebih dari itu dapat mengharumkan nama UGM khususnya FEB. Semoga prestasi ini dapat menginspirasi mahasiswa lain untuk lebih berprestasi.

Sumber: Erlin/FEBUGM