fbpixel

Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) adalah program yang memberikan hak belajar di luar program studi bagi mahasiswa dan memberikan ruang bagi mahasiswa untuk melaksanakan pembelajaran yang berpusat pada mereka.

Program MBKM :

  1. Kampus Mengajar
  2. Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB)
  3. Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM)
  4. Wirausaha Merdeka
  5. Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA)
  6. Bangkit by Google, GoTo, and Traveloka
  7. Gerakan Inisiatif Listrik Tenaga Surya (Gerilya)

A. Pengisian Pra-KRS SIMASTER

  1. Mahasiswa yang sudah dinyatakan lolos seleksi penerimaan Program MBKM, wajib melakukan lapor diri kepada tim MBKM FEB UGM melalui email (Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. dengan melampirkan bukti penerimaan.
  2. Mahasiswa yang sudah dinyatakan lolos seleksi penerimaan Program MBKM, wajib melakukan pengisian Pra-KRS sesuai periode yang ditentukan kemudian.
  3. Panduan Pengisian Pra Krs: http://ugm.id/PanduanMhsSIMBKM 
    Usulan penambahan kegiatan S1 MBKM: http://ugm.id/UsulanKegiatanSIMBKM 
  4. Informasi terkait Learning Agreement:
    1. Sebelum melakukan pengisian Pra-KRS, mahasiswa wajib mengirimkan learning agreement disertai silabus dari Program MBKM atau dokumen pendukung lain yang dapat menjelaskan kegiatan atau program yang dilaksanakan. Dokumen dikirim melalui email Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya..
    2. Learning agreement dapat diunduh melalui tautan http://bit.ly/InfoSWPDC, pilih folder PROGRAM MBKM, kemudian pilih dokumen MBKM Learning Agreement sesuai dengan program studi masing-masing.
    3. Setelah learning agreement disetujui dan ditandatangani oleh Ketua Program Studi melalui rapat yudisium transfer kredit, Tim MBKM akan mengirimkan kembali kepada mahasiswa. Selanjutnya, mahasiswa melakukan pengisian Pra-KRS SIMASTER.
  5. Jumlah SKS maksimal program sarjana adalah 24 SKS per semester. Mahasiswa wajib menyisakan sekian SKS dari jumlah SKS maksimal pada semester berjalan untuk digunakan sebagai tempat atau ruang input KRS mata kuliah hasil pengakuan/konversi dari Program MBKM.
  6. Tata perilaku berkorespondensi melalui email, mahasiswa cukup menggunakan satu utasan email yang sama (tidak membuat utasan baru) hingga Program MBKM berakhir dan seluruh proses administrasi terselesaikan. Penggunaan satu utasan ini bertujuan agar tim MBKM dapat memantau kemajuan/monitoring kegiatan mahasiswa dan mendapatkan rekaman data yang baik.
  7. Khusus untuk program International Student Mobility Awards (IISMA), komunikasi dilakukan melalui email Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya..
  8. Mata kuliah yang telah disetujui oleh Kaprodi sebagai hasil pengakuan/konversi dalam kontrak belajar dan sudah masuk dalam Pra-KRS akan terintegrasi dengan rencana studi mahasiswa. Mahasiswa tidak perlu melakukan registrasi mata kuliah mandiri pada periode KRS karena Pra-KRS dan KRS reguler merupakan dua skema yang berbeda.

B. Skema dan Ketentuan Pencatatan Hasil Pengakuan/Konversi Program MBKM pada Masing-masing Program Studi

  1. S1 Akuntansi
    1. Mahasiswa yang diperbolehkan untuk mengikuti Program MBKM adalah mahasiswa yang pada saat program berjalan berada minimal pada semester 5.
    2. Mahasiswa diperbolehkan untuk mengikuti Program MBKM sebanyak maksimal 2 kali dengan ketentuan berikut:
      1. Mahasiswa semester 8 (delapan) hanya boleh mengambil mata kuliah skripsi ketika mengikuti Program MBKM.
      2. Pada keikutsertaan yang ke-2, mahasiswa tidak diperbolehkan untuk mengajukan pengakuan/konversi dari Program MBKM yang dijalani. Pengakuan/konversi hanya diperbolehkan untuk satu kali keikutsertaan Program MBKM.
    3. Mahasiswa yang sudah dinyatakan lolos seleksi penerimaan Program MBKM tidak diperbolehkan untuk mengundurkan diri.
    4. Mahasiswa diperbolehkan untuk mengambil mata kuliah ketika mengikuti Program MBKM, dengan syarat:
      1. Mahasiswa memberikan informasi kepada mitra dan mendapatkan persetujuan dari mitra.
      2. Kegiatan MBKM dan perkuliahan tidak saling mengganggu.
      3. Apabila selama melaksanakan Program MBKM terdapat jadwal yang bersamaan dengan perkuliahan, maka hal tersebut menjadi tanggung jawab dan konsekuensi masing-masing mahasiswa. Program studi tidak memberikan dispensasi khusus terkait kegiatan perkuliahan bagi mahasiswa yang mengikuti kegiatan MBKM.
    5. Mahasiswa dapat mengajukan pengakuan/konversi dalam bentuk:
      1. Pengakuan/konversi ke mata kuliah sampai denagn 20 SKS dan pencatatan kegiatan pada Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI).
      2. Pencatatan pad SKPI saja.
        *Pada penulisan SKPI, mahasiswa wajib mengisikan melalui SIMASTER saat yudisium/wisuda.
    6. Syarat mata kuliah yang dapat diajukan sebagai opsi pengakuan/konversi:
      1. Mata kuliah pilihan yang terdapat pada kurikulum yang digunakan oleh mahasiswa.
      2. Mata kuliah baru dengan kode baru dan nama "Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka ... (sekian) ... SKS".
    7. Mata kuliah hasil pengakuan/konversi dari Program MBKM dihitung sebagai mata kuliah pilihan dan masuk dalam perhitungan KRS syarat lulus mahasiswa.
    8. Nilai untuk mata kuliah hasil pengakuan/konversi dari Program MBKM sesuai dengan nilai yang diberikan oleh mitra Program MBKM yang tertera dalam transkrip nilai.
    9. Mahasiswa yang membutuhkan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dapat mengajukan permohonan melalui email Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. di awal Program MBKM disertai dengan tugas dan fungsi dari DPL selama pembimbingan. Kami sangat menyerakna Mahassiwa melakukan komunikasi dengan mitra terlebih dahulu terkait kebutuhan DPL.
    10. Mahasiswa yang pada semester berjalan (Genap 2023/2024) melakukan pengambilan skripsi/thesis (melakukan pengisian KRS Skripsi), maka maksimal jumlah SKS yang dapat diajukan sebagai pengakuan/konversi dari Program MBKM adalah 18 SKS.
    11. Apabila pada semester berjalan (Genap 2023/2024) mahasiswa mengambil mata kuliah Skripsi/Thesis bersamaam dengan pelaksanaan Program MBKM, maka proses dan skema bimbingan skripsi akan dilaksanakan sesuai dengan kebijakan Dosen Pembimbing Skripsi (DPS) dan kesepakatan antara mahasiswa dengan dosen yang bersangkutan. Mahasiswa dapat mengkomunikasikan hal ini lebih lanjut dengan DPS masing-masing.
    12. Mahassiwa dapat melakukan pendaftaran sidang tugas akhir dan menempuh ujian tugas akhir serta komprehensif/UKBK selama melaksanakan Program MBKM. Namun, untuk dokumen kelulusan seperti Surat Keterangan Lulus (SKL) dan proses pendaftaran yudisium dan wisuda akan diterbitkan oleh Bagian Akademik setelah seluruh kegiatan dan administrasi Program MBKM telah selesai antara mahasiswa dengan pihak mitra, Kampus Merdeka, maupun fakultas. 
  2. S1 Ilmu Ekonomi
    1. Mahasiswa yang diperbolehkan untuk mengikuti Program MBKM adalah mahasiswa yang pada saat program berjalan berada minimal pada semester 5.
    2. Mahasiswa diperbolehkan untuk mengikuti Program MBKM sebanyak maksimal 2 (dua) kali dengan ketentuan berikut:
      1. Mahasiswa semester 8 (delapan) hanya boleh mengambil mata kuliah skripsi ketika mengikuti Program MBKM.
      2. Pada keikutsertaan yang ke-2, mahasiswa tidak diperbolehkan untuk mengajukan pengakuan/konversi dari Program MBKM yang dijalani. Pengakuan/konversi hanya diperbolehkan untuk satu kali keikutsertaan Program MBKM.
    3. Mahasiswa yang sudah dinyatakan lolos seleksi penerimaan Program MBKM tidak diperbolehkan untuk mengundurkan diri.
    4. Mahasiswa diperbolehkan untuk mengambil mata kuliah ketika mengikuti Program MBKM, denbgan syarat:
      1. Mahasiswa memberikan informasi kepada mitra dan mendapatkan persetujuan dari mitra.
      2. Kegiatan MBKM dan perkuliahan tidak saling mengganggu.
      3. Apabila selama melaksanakan Program MBKM terdapat jadwal yang bersamaan dengan perkuliahan, maka hal tersebut menjadi tanggung jawab dan konsekuensi masing-masing mahasiswa. Program studi tidak memberikan dispensasi khusus terkait kegiatan perkuliahan bagi mahasiswa yang mengikuti kegiatan MBKM. 
    5. Mahasiswa dapat mengajukan pengakuan/konversi dalam bentuk:
      1. Pengakuan/koversi ke mata kuliah sampai denagn 9 SKS (kecuali untuk program IISMA mendapatkan pengakuan sampai dengan 20 SKS) dan pencatatan kegiatan pasa Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI).
      2. Pencatatan pada SKPI saja.
        *Pada penulisan SKPI, mahasiswa wajib mengisikan melalui SIMASTER saat yudisium/wisuda.
    6. Syarat mata kuliah yang dapat diajukan sebagai opsi pengakuan/konversi:
      1. Mata kuliah pilihan yang terdapat pada kurikulum yang digunakan oleh mahasiswa.
      2. Mata kuliah baru dengan kode baru dan nama "Program Merdeka Belajar Kampus MErdeka ... (sekian) ... SKS"
    7. Mata kuliah hasil pengakuan/konversi dari Program MBKM dihitung sebagai mata kuliah pilihan dan masuk dalam perhitungan jumlah SKS syarat lulus mahasiswa.
    8. Nilai untuk mata kuliah hasil pengakuan/konversi dari Program MBKM sesuai dengan nilai yang diberikan oleh mitra Program MBKM yang tertera dalam transkrip nilai.
    9. Mahasiswa yang membutuhkan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dapat mengajukan permohonan melalui email Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. di awal Program MBKM disertai dengan tugas dan fungsi dari DPL selama pembimbingan. Kami sangat menyarankan Mahasiswa melakukan komunikasi dengan mitra terlebih dahulu terkait kebutuhan DPL.
    10. Mahasiswa yang pada semester berjalan (Genap 2023/2024) melakukan kegiatan MBKM dapat mengambil skripsi/thesis (melakukan pengisian KRS Skripsi).
    11. Apabila pada semester berjalan (Genap 2023/2024) mahasiswa mengambil mata kuliah Skripsi/Thesis bersamaan dengan pelaksanaan Program MBKM, maka proses dan skema bimbingan skripsi akan dilaksanakan sesuai dengan kebijakan Dosen Pembimbing Skripsi (DPS) dan kesepakatan antara mahasiswa dengan dosen yang bersangkutan. Mahasiswa dapat mengomunikasikan hal ini lebih lanjut dengan DPS masing-masing.
    12. Mahasiswa dapat melakukan pendaftaran sidang tugas akhir dan menempuh ujian tugas akhir selama melaksanakan Program MBKM. Namun, untuk dokumen kelulusan seperti Surat Keterangan Lulus (SKL) dan proses pendaftaran yudisium dan wisuda akan diterbitkan oleh Bagian Akademik setelah seluruh kegiatan dan administrasi Program MBKM telah selesai antara mahasiswa dengan pihak mitra, Kampus Merdeka, maupun Fakultas.
  3. S1 Manajemen
    1. Mahasiswa yang diperbolehkan untuk mengikuti Program MBKM adalah mahasiswa yang pada saat program berjalan berada minimal pada semester 5.
    2. Mahasiswa diperbolehkan untuk mengikuti Program MBKM maksimal 2 (dua) kali.
    3. Mahasiswa yang sudah dinyatakan lolos seleksi penerimaan Program MBKM tidak diperbolehkan untuk mengundurkan diri
    4. Program Studi S1 Manajemen memberikan pengakuan kredit untuk Program MBKM sebesar 20 SKS.
    5. Mahasiswa yang mengikuti Program MBKM pada semester berjalan (Genap 2023/2024) diperbolehkan untuk mengambil mata kuliah maksimal 4 SKS, dengan syarat:
      1. Program MBKM dilaksanakan secara daring atau luring di Yogyakarta.
      2. Mahasiswa memberikan informasi kepada mitra dan mendapatkan persetujuan dari mitra.
      3. Kegiatan MBKM dan perkuliahan tidak saling mengganggu.
      4. Apabila selama melakukan Program MBKM terdapat jadwal yang bersamaan dengan perkuliahan, maka hal tersebut menjadi tanggung jawab dan konsekuensi masing-masing mahasiswa. Program studi tidak memberikan dispensasi khusus terkait kegiatan perkuliahan bagi mahassiwa yang mengikuti kegiatan MBKM.
    6. Mahasiswa yang pada semester berjalan berada di semester 8 (delapan), tidak dapat melakukan pengambilan skripsi dan MBKM secara bersamaan, karena akan melebihi batas maksimal jumlah SKS per semester bagi mahasiswa program sarjana yaitu 20 SKS (contoh perhitungan apabila mahasiswa melakukan pengambilan skripsi dan MBKM secara bersamaan: 20 SKS hasil pengakuan Program MBKM + 6 SKS skripsi = 26 SKS). Oleh karena itu, mahasiswa akan melakukan bimbingan skripsi secara informasl dan akan mendapatkan alokasi Dosen Pembimbing Skripsi (DPS) informal selama Program MBKM berjalan. Kemudian, pada semester ke-9, mahasiswa melakukan KRS Skripsi dan melakukan sidakng Skripsi dan komprehensif minimal dua bulan setelah mendapatkan alokasi DPS formal.
    7. Mahasiwa yang sebelum mengikuti Program MBKM sudah melakukan pemngambilan mata kuliah Seminar, maka dosen pembimbing skripsi informal pada saat menjalankan Program MBKM akan sama dengan dosen pembimbing skripsi informal yang sudah dialokasikan ketika mahasiswa mengambil mata kuliah Seminar, silahkan mahasiswa melanjutkan pembimbungan mata kuliah Seminar, maka mahasiswa dapat mengajukan konversi Progra, MBKM salah satunya ke mata kuliah Seminar dan akan mendapatkan alokasi dosen pembimbing skripsi informal.
    8. Mahasiswa yang membutuhkan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dapat mengajukan secara langsung kepada Bapak/Ibu dosen dengan cara bersurat melalui email. Mahasiswa diminta menghubungi sejak awal Program MBKM yang disertai dengan tugas dan fungsi DPL selama pembimbingan. Kami sangat menyarankan Mahasiswa melakukan komunikasi dengan mitra terlebih dahulu terkait kebutuhan DPL. Apabila dosen yang bersangkutan bersedia, mahasiswa menyampaikan ke email Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. disertai bukti persetujuan untuk diproses lebih lanjut.
    9. Mahasiswa yang sudah mendapatkan alokasi DPL untuk program MBKM dan berkomitmen meneruskan dan mengembangkan hasil Program MBKM yang sudah dilaksanakan menjadi topik skripsi, maka alokasi Dosen Pembimbing Skripsi Informal akan sama dengan DPL yang sudah dialokasikan dalam Program MBKM. Apabila mahasiswa tidak berkomitmen untuk meneruskan dan mengembangkan hasil Program MBKM yang sudah dilaksanakan menjadi topik skripsi, maka mahasiswa akan mendapatkan alokasi DPS sesuai dengan kebijakan program studi.
    10. Ketentuan lebih lanjut terkait dengan kebijakan Program MBKM yang berlaku pada Program Studi S1 Manajemen dapat dilihat pada Surat Edaran berikut: http://ugm.id/7680SEMBKMS1MAN untuk mahasiswa dengan kurikulum 2018. 
    11. Mahasiswa dengan kurikulum 2021 diatur beberqapa ketentuan lebih lanjut sebagai berikut:
      1. Program MBKM dikonversi/diakui sejumlah 20 SKS
      2. Mata kuliah yang dapat dijadikan sebagai opsi konversi adalah sebagai berikut:
      3. mata kuliah kompetensi wajib diambil di FEB UGM 

C. Pasca Program

  1. Mahasiswa wajib mengumpulkan dokumen pasca Program MBKM maksimal 14 hari sebelum periode KRS semester berikutnya dimulai. Berikut adalah dokumen pasca Program MBKM yang wajib dikumpulkan oleh mahasiswa.
    1. Dokumen learning agreement yang sudah disetujui oleh ketua program studi*
    2. Laporan kegiatan MBKM (format dapat disesuaikan dengan format dari Kampus Merdeka)*
    3. Worksheet/logbook yang menjelaskan pekerjaan/kegiatan yang dilakukan selama menjalankan Program MBKM*
    4. Testimoni pribadi selama mengikuti Program MBKM (format bebas)*
    5. Penilaian/transkrip nilai resmi dari mitra Program MBKM*
      Format formulir penilaian atau transkrip diusahakan agar memiliki nilai berupa nilai angka dan nilai huruf serta skema konversi dari nilai angka ke nilai huruf. Apabila tidak tersedia skema konversi dari mitra, maka proses konversi akan menggunakan ketentuan yang berlaku di UGM.
    6. Surat pengantar magang resmi dari fakultas*
    7. Sertifikat
    8. Silabus kegiatan*
    9. Dokumen pendukung lainnya.
    Dokumen dengan tanda bintang (*) artinya wajib dikumpulkan.
    Seluruh dokumen dikirimkan melalui email Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. dalam format pdf dan tidak digabungkan dalam file zip.
  2. Khusus untuk program International Student Mobility Awards (IISMA), dokumen pasca program yang wajib dikumpulkan adalah sebagai berikut.
    1. Dokumen learning Agreement bertanda tangan home university and host university
    2. Silabus
    3. Testimoni
    4. Transkrip nilai resmi
    Seluruh dokumen dikirimkan melalui email Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. dalam format pdf dan tidak digabungkan dalam file zip.
  3. Mahasiswa wajib mengajukan bypass evaluasi dosen untuk semester berjalan (Genap 2022/2023) karena program mobilitas yang dijalankan.

Apabila ada pertanyaan mengenai Program MBKM, silahkan disampaikan melalui grup telegram help center: https://t.me/+KztQ0rEyZpdjNjk1 (tidak perlu mengirimkan pesan melalui personal chat) agar mahasiswa lain yang memiliki pertanyaan yang sama dapat langsung mengetahui jawabannya. 

 

Komunikasi antara mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan (tendik) akan terus berjalan selama masa perkuliahan. Seiring dengan perkembangan teknologi, komunikasi antara mahasiswa dan dosen tidak hanya dalam bentuk tatap muka saja, tetapi juga dapat melalui pesan singkat dengan email, sms, dan whatsapp messenger. Ada etika yang harus diperhatikan dan dijaga saat berkomunikasi dengan dosen dan tendik. Berikut adalah beberapa hal yang dapat dijadikan panduan saat mahasiswa berkomunikasi dengan dosen dan tendik. 

 

Tata Perilaku dan Etika

Dokumen Tata Perilaku dan Etika (dibutuhkan login akun 365 UGM)

Perpustakaan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) menempati lokasi di Gedung Pusat Pembelajaran (Learning Center), lantai 2, 3, dan 4. Di lantai 2, mahasiswa dapat memanfaatkan layanan yang tersedia, antara lain:

  • Peminjaman kunci loker
  • Keanggotaan (aktivasi anggota)
  • Bebas pinjam buku dan penyerahan naskah tugas akhir mahasiswa
  • Pengembalian peminjaman buku. Keterlambatan pengembalian buku dikenakan sanksi denda sebesar Rp.5.000,00/buku/hari
  • Area belajar bersama
  • Terminal komputer untuk penelusuran koleksi

Penempatan koleksi perpustakaan yang dapat dipinjam oleh mahasiswa terdapat di lantai 3. Layanan yang tersedia di lantai 3, antara lain:

  • Layanan peminjaman buku
  • Layanan akses tugas akhir mahasiswa yang tersedia di database EBDL (Economics and Business Digital Library). Mahasiswa dapat mengakses file karya akhir mahasiswa secara full text dengan melakukan registrasi melalui terminal komputer yang tersedia di perpustakaan.
  • Ruang diskusi. Tersedia 3 ruang diskusi yang dapat dimanfaatkan dengan waktu peminjaman ruang selama 2 jam setiap sesi. Apabila di sesi berikutnya tidak ada yang meminjam ruangan tersebut maka, peminjaman ruang dapat diperpanjang.
  • Layanan uji Turnitin. Mahasiswa dapat melakukan uji Turnitin secara mandiri menggunakan terminal komputer yang tersedia di perpustakaan.
  • Layanan akses data Osiris
  • Layanan akses data Reuters
  • Layanan akses data CEIC
  • Area baca mandiri

Mahasiswa dapat memanfaatkan ruang perpustakaan di lantai 4 dengan berbagai koleksi yang tersedia, antara lain: buku-buku referensi, surat kabar, majalah/jurnal, publikasi dosen FEB UGM, BI Corner, ADB Corner, dan ruang baca santai yang dilengkapi dengan bean bags. Semua koleksi di lantai 4 tidak dipinjamkan, tetapi dapat difotokopi sesuai kebutuhan mahasiswa.

Mahasiswa dapat memanfaatkan layanan perpustakaan FEB UGM setiap hari Senin sampai dengan Jumat, jam 07.30 -16.00 WIB. Khusus hari Jumat istirahat jam 11.15-13.00 WIB. Setiap pengunjung perpustakaan diwajibkan menggunakan check poin pada menu simaster sebagai data kunjungan ke perpustakaan.

Katalog Integrasi UGM

Seluruh data koleksi buku di seluruh perpustakaan di lingkungan UGM sudah dapat ditelusur atau dicari menggunakan fasilitas katalog integrasi UGM dengan link https://opac.lib.ugm.ac.id. Mahasiswa dapat meminjam buku di beberapa perpustakaan fakultas. Jumlah buku yang dapat dipinjam di seluruh perpustakaan di lingkungan UGM sebanyak 15 judul buku. Mahasiswa dapat meminjam buku di perpustakaan FEB UGM sebanyak 3 judul, dengan lama waktu peminjaman satu minggu. Kemudian dapat diperpanjang sebanyak 2 kali melalui menu di simaster atau dapat datang langsung ke perpustakaan.

Katalog Perpustakaan FEB UGM

Perpustakaan FEB UGM mengembangkan sistem informasi untuk membantu mahasiswa dalam penelusuran buku yang berlokasi di perpustakaan FEB, termasuk perpustakaan di Program Studi Magister Manajemen (MM), Magister Ekonomi dan Pembangunan (MEP), dan Magister Akuntansi (MAKSI). Katalog Perpustakaan FEB dapat diakses melalui link https://academics.feb.ugm.ac.id/lib.

Koleksi E-Book, E-Journal, dan E-Text

Perpustakaan UGM (Perpustakaan Pusat) membelikan beberapa judul buku elektronik dari berbagai penerbit. Buku elektronik dapat diakses di laman https://lib.ugm.ac.id pada menu E-Resources. Selain itu, mahasiswa dapat mengakses jurnal internasional yang dilanggan UGM pada laman tersebut. Beberapa database jurnal internasional bidang ekonomi maupun multi disiplin seperti, Ebsco, ProQuest, Emerald, JSTOR, Science Direct, Sage, dan beberapa judul jurnal yang dilanggan langsung dari penerbit dapat diakses dari lingkungan kampus maupun di luar kampus.

Statista merupakan salah satu data yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa FEB UGM. Statista berisi data pasar yang relevan dari pihak ketiga dan menyediakannya untuk pelanggannya dalam bentuk statistik dan studi. Data diperoleh dari berbagai sumber, termasuk lembaga pemerintah, seperti kantor statistik dan kementerian, organisasi internasional, lembaga riset pasar, dan jurnal perdagangan.

Selain itu, FEB UGM melanggankan buku teks elektronik (E-Text) untuk memberikan kemudahan akses pada buku utama yang digunakan dalam kegiatan perkuliahan. Saat ini, buku teks elektronik yang dilanggan masih terbatas buku dari penerbit Pearson. Mahasiswa dapat mengakses buku teks tersebut melalui laman https://elok.ugm.ac.id. Beberapa judul buku sudah ditautkan di kelas-kelas di Learning Management System eLok. Mahasiswa yang tidak mempunyai kelas di eLok dapat mengakses buku teks elektronik dari Course Pearson Book atau melalui laman https://elok.ugm.ac.id/course/view.php?id=6111. Bagi mahasiwa yang sudah memiliki akun SSO (Single Sign On) UGM, tidak perlu register. Mahasiswa bisa langsung login menggunakan SSO UGM.

Data Osiris

Data Osiris memuat informasi keuangan, rating, estimasi pendapatan, data saham, data perusahaan di level global. Mahasiswa dapat mengakses data Osiris melalui terminal komputer yang tersedia di perpustakaan atau melalui website http://osiris.bvdinfo.com. Mahasiswa dapat meminjam akun akses ke perpustakaan dengan mengisi form http://ugm.id/2WH. Akun akan dikirim melalui email peminjam sebelum sesi akses yang dipilih.

Data Refinitiv

Data Refinitiv dulunya bernama Data Reuters, memuat informasi data pasar global. Revinitif merupakan bagian dari London Stock Exchange. Analisa pasar modal, hasil-hasil penelitian, berita-berita, market data dan pricing untuk data industri dan komoditi. Selain itu, ada data perusahaan seperti, ESG data (ranking and ratings), competitors, ownership, dan sebagainya. Informasi yang tersedia mudah dicari dan dipahami, sehingga mudah diolah sesuai kebutuhan. Informasi yang disajikan dari hal yang umum sampai dengan informasi yang lebih detail.

Mahasiswa dapat mengakses data Reuters melalui terminal komputer yang tersedia di perpustakaan atau melalui website http://eikon.thomsonreuters.com. Mahasiswa dapat meminjam akun akses ke perpustakaan dengan mengisi form http://ugm.id/1WH.

Data CEIC

Data makro & mikro ekonomi yang akurat dan terpercaya dari berbagai negara dan kawasan di seluruh dunia. Dataset ini menyediakan berbagai series terkait indikator ekonomi termasuk informasi yang sulit diperoleh mengenai 18 series makroekonomi dan 14 series data tentang sektor industri. Selain itu, CEIC menyediakan berbagai series data makro ekonomi yang update setiap hari. Indonesian Premium Database menyediakan lebih kurang 334.000 seri data makroekonomi dan industri di Indonesia dari berbagai sektor dengan cakupan lengkap untuk 33 provinsi di Indonesia, bahkan tersedia data hingga tingkat kabupaten dan kota.

Mahasiswa dapat mengakses data CEIC melalui terminal komputer yang tersedia di perpustakaan atau melalui website https://insights.ceicdata.com/login#. Mahasiswa dapat meminjam akun akses ke perpustakaan dengan mengisi form http://ugm.id/MacdashCEICStudent.

Jumlah akun yang dapat dipinjam untuk setiap data sebanyak 2 akun, yang masing-masing terbagi dalam 3 sesi setiap hari.

Uji Turnitin

Uji kemiripan (similarity test) penulisan karya ilmiah dapat berupa naskah makalah tugas mata kuliah maupun naskah tugas akhir mahasiswa (Skripsi). Uji kemiripan banyak dikenal dengan istilah uji Turnitin. Mahasiswa dapat melakukan uji kemiripan naskah secara mandiri dengan menggunakan terminal komputer yang tersedia di perpustakaan maupun dibantu petugas perpustakaan. Apabila menghendaki pengujian dibantu oleh petugas perpustakaan maka, file naskah disubmit melalui portal https://academics.feb.ugm.ac.id/portalmhs. Kemudian login menggunakan akun sintesis masing-masing. Program Studi S1 FEB UGM memberlakukan ketentuan yang mewajibkan penggunaan aplikasi Turnitin untuk menguji kesamaan setiap naskah yang akan diujikan pada saat pendadaran. Hasil uji kesamaan harus sudah mendapat stempel verifikasi dari perpustakaan sebelum diserahkan ke Bagian Akademik. Hasil uji kesamaan naskah skripsi yang diwajibkan adalah kurang dari atau sama dengan 25% (≤25%).

Book Delivery

Mahasiswa dapat melakukan pemesanan kirim buku pada laman https://academics.feb.ugm.ac.id/portalmhs. Layanan ini sangat membantu mahasiswa dalam melakukan peminjaman koleksi terutama untuk koleksi dengan jumlah eksemplar terbatas, sehingga tidak perlu berebut cepat mengunjungi perpustakaan untuk mendapatkan koleksi. Pada menu layanan Book Delivery mengintegrasikan antara data mahasiswa dengan koleksi perpustakaan dan data tujuan pengiriman beserta nominal biaya jasa ekspedisi POS Indonesia. Layanan ini juga tetap dapat mengakomodir bagi mahasiswa yang hanya memanfaatkan layanan pemesanan peminjaman saja tanpa menggunakan jasa ekspedisi atau tanpa perlu membayar biaya ekspedisi.

Alur Proses Pelayanan Book Delivery sangat mudah dan dilengkapi notifikasi email. Pada Layanan ini data koleksi telah terintegrasi dengan data katalog koleksi Perpustakaan, sehingga mahasiswa dengan mudah memilih koleksi yang akan dipesan sesuai dengan data katalog Perpustakaan. Permohonan layanan akan diproses langsung saat jam buka layanan perpustakaan (Senin-Jumat, jam 07.30-18.00 WIB). Permohonan pelayanan di luar jam kerja akan dilayani saat jam buka layanan pada hari kerja berikutnya. Pengiriman dilakukan pada hari yag sama jika pesanan diproses sebelum jam 3. Pemesanan di atas jam 3 akan dikirim hari berikutnya.

Pada menu Layanan Book Delivery selain menu pemesanan kirim peminjaman juga dilengkapi menu pengembalian pinjaman secara delivery juga. Pengembalian koleksi menggunakan layanan Book Delivery hanya cukup melakukan pengisian konfirmasi pengembalian di sistem dengan mengunggah bukti pemesanan ekspedisi. Ketika buku sudah diterima oleh Petugas Perpustakaan akan ada notifikasi bahwa proses layanan Book Delivery telah selesai dan buku akan diproses kembali oleh petugas.