fbpixel

Setiap mahasiswa wajib menulis dan mengumpulkan skripsi sebagai bagian dari persyaratan akhir pendidikan akademik jenjang sarjana. Dalam hal ini, skripsi merujuk pada suatu karya ilmiah yang memuat hasil penelitian/riset dan/atau studi pustaka yang dilakukan melalui proses bimbingan dengan dosen. Karya ilmiah tersebut dapat berupa hasil studi empiris (empirical work), tinjauan kritis (critical survey), atau kombinasi dari keduanya.

Penulisan skripsi bertujuan melatih mahasiswa untuk melakukan kegiatan riset dan mendorong studi independen oleh mahasiswa. Secara khusus, penulisan skripsi dapat menjadi proses bagi mahasiswa untuk mengembangkan beberapa kemampuan seperti:

  • kemampuan untuk merencanakan, mengelola, dan melakukan kegiatan riset tentang topik yang terkait dengan bidang minat;
  • kemampuan untuk melakukan penalaran kritis dan perumusan cara penyelesaian;
  • kemampuan untuk mengaplikasikan pemahaman teknik dan metode analitis;
  • kemampuan untuk menggunakan perangkat lunak (software) atau teknologi yang menunjang kegiatan riset akademik; dan
  • kemampuan untuk melakukan penulisan laporan riset yang sesuai dengan kaidah akademik.

Persyaratan Penulisan Skripsi

Untuk dapat melakukan penulisan skripsi, berikut adalah persyaratan akademik yang harus dipenuhi oleh mahasiswa.

  • Mahasiswa terdaftar aktif/heregristrasi pada semester berjalan.
  • Mahasiswa telah menyelesaikan studi sekurang-kurangnya pada semester 6 dengan 132 SKS.
  • Mahasiswa memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sekurang-kurangnya 2,50.
  • Mahasiswa telah lulus mata kuliah metodologi penelitian (dengan nilai C). Syarat nilai ini juga berlaku sampai saatnya pendaftaran ujian skripsi (mengacu pada bab ketentuan ujian akhir).
  • Mahasiswa telah menyelesaikan mata kuliah seminar (bagi mahasiswa dari program studi Sarjana Manajemen).

 

Dokumen Ketentuan Tugas Akhir/Skripsi

Dokumen Ketentuan Tugas Akhir/Skripsi (dibutuhkan login akun 365 UGM)

Kurikulum Program Sarjana (Reguler) - Program Studi Ilmu Ekonomi

Berdasarkan Kurikulum: Tahun 2022 | Tahun 2018 

Semester 1
Kode Mata Kuliah SKS SKS Wajib Jenis Prasyarat Silabus
AKU1601 Pengantar Akuntansi 3 3 W    
BDU1105 Bahasa Indonesia 2 2 W    
BDU1107 Bahasa Inggris I 3 3 W    
EKO1101 Pengantar Ekonomi I 3 3 W    
EKO1104 Matematika Ekonomi I 3 3 W    
EKO1108 Statistika Ekonomi I 3 3 W    
MAN1501 Bisnis Pengantar 3 3 W    
UNU1000 Pendidikan Agama 2 2 W    
  Subtotal Semester 1 21 21      
Semester 2
EKO1102 Pengantar Ekonomi II 3 3 W EKO1101>=C  
EKO1107 Matematika Ekonomi II 3 3 W EKO1104>=C  
EKO1109 Matematika Logika 3 3 W    
EKO1501 Hukum Pengantar 3 3 W    
EKO2102 Statistika Ekonomi II 3 3 W EKO1108>=C  
EKO3102 Pendidikan Agama II 2 2 W UNU1000>=C  
  Mata Kuliah Pilihan 1* 3   P    
  Mata Kuliah Pilihan 2* 3   P    
  Subtotal Semester 2 23 17      
Semester 3
EKO1103 Sosiologi Ekonomi 3 3 W    
EKO1105 Mikroekonomika 1 3 3 W EKO1102>=C  
EKO1106 Makroekonomika 1 3 3 W EKO1101>=C, EKO1104>=C  
UNU1100 Pancasila 2 2 W    
UNU3000 Pendidikan Kewarganegaraan 2 2 W    
  Mata Kuliah Pilihan 3* 3   P    
  Mata Kuliah Pilihan 4* 3   P    
  Subtotal Semester 3 19 13      
Semester 4
EKO2101 Mikroekonomika 2 3 3 W EKO1106>=C  
EKO2111 Makroekonomika 2 3 3 W EKO1105>=C  
EKO2112 Ekonometrika I 3 3 W EKO2102>=C, EKO1107>=C, EKO1106>=C, EKO1105>=C  
EKO2201 Ekonomika Publik I 3 3 W EKO1105>=C, EKO1106>=C  
EKO2301 Ekonomika Internasional I 3 3 W EKO1105>=C, EKO1106>=C  
EKO2401 Ekonomika Moneter I 3 3 W EKO1105>=C, EKO1106>=C  
EKO2601 Ekonomika Pembangunan I 3 3 W EKO1105>=C, EKO1106>=C  
  Subtotal Semester 4 21 21      
Semester 5
EKO2202 Ekonomika Publik II 3 3 W EKO2201>=C  
EKO2302 Ekonomika Internasional II 3 3 W EKO2301>=C  
EKO2402 Ekonomika Moneter II 3 3 W EKO2401>=C  
EKO2602 Ekonomika Pembangunan II 3 3 W EKO2601>=C  
EKO3101 Sejarah Pemikiran Ilmu Ekonomi 3 3 W EKO1105>=C, EKO1106>=C  
EKO3104 Perekonomian Indonesia 3 3 W EKO2601>=C  
EKO3115 Ekonometrika II 3 3 W EKO2112>=C  
  Subtotal Semester 5 21 21      
Semester 6
EKO3105 Metodologi Penelitian 3 3 W EKO3114>=C  
EKO3114 Workshop Teori Ekonomi 3 3 W EKO2101>=C and EKO2111>=C  
  Mata Kuliah Pilihan 5* 3   P    
  Mata Kuliah Pilihan 6* 3   P    
  Mata Kuliah Pilihan 7* 3   P    
  Mata Kuliah Pilihan 8* 3   P    
  Subtotal Semester 6 18 6      
Semester 7
EKO3702 Workshop Ekonomika Pembangunan 3 3 W EKO2602>=C  
EKO3703 Workshop Ekonomika Moneter 3 3 W EKO2402>=C  
EKO3705 Workshop Ekonomika Internasional 3 3 W EKO2302>=C  
EKO3706 Workshop Ekonomika Publik 3 3 W EKO2202>=C  
  Mata Kuliah Pilihan 9* 3   P    
  Mata Kuliah Pilihan 10* 3   P    
  Mata Kuliah Pilihan 11* 3   P    
  Subtotal Semester 7 12 3      
Semester 8
EKO3705 Skripsi 6 6 W (EKO3701>D or EKO3702>D or EKO3703>D or EKO3705>D or EKO3706>D)
and IPK>=2.00 and SKS>=132 and EKO3105>=C
 
UNU222001 KKN-PPM 4 4 W SKS>=90 and IPK>=2.00  
UNU222002 Komunikasi Masyarakat 2 2 W    
UNU222004 Penerapan Manajemen Pengetahuan 2 2 W    
  Subtotal Semester 8 14 14      
  Total SKS Mata Kuliah Wajib 117        
  Total SKS Mata Kuliah Pilihan 33        
  Total SKS Semester 1-8 150        

Catatan: Mahasiswa dapat mengambil sks hingga 24 SKS jika mereka memiliki IPK min 3,75

Daftar Mata Kuliah Pilihan Pada Semester 2

No Kode Mata Kuliah SKS Tipe Prasyarat Silabus
1 AKU1401 Pengantar Sistem Informasi 3      
2 AKU3502 Akuntansi Sektor Publik 3      
3 MAN1401 Metode Kualitatif dan Penentuan Keputusan 3      
4 MAN1502 Manajemen 3      
5 MAN2101 Manajemen Keuangan I 3      
6 MAN3510 Kewirausahaan 3      


Daftar Mata Kuliah Pilihan Pada Semester 3
 

No Kode Mata Kuliah SKS Tipe Prasyarat Silabus
1 AKU2402 Sistem dan Teknologi Informasi 3      
2 MAN2102 Manajemen Keuangan II 3      
3 MAN3103 Teori Portfolio dan Analisis Investasi 3      
4 MAN3305 Manajemen Stratejik 3      
5 MAN4512 Komunikasi dan Negosiasi Bisnis 3      


Daftar Mata Kuliah Pilihan Pada Semester 6 dan Semester 7

No Kode Mata Kuliah SKS Tipe Prasyarat Silabus
1 EKO2154 Fikih Ekonomika dan Bisnis 3      
2 EKO2501 Ekonomika Bisnis I 3      
3 EKO3112 Ekonomika Islam 3      
4 EKO3113 Islam dan Pembangunan Ekonomi 3      
5 EKO3501 Ekonomika Industri 3      
6 EKO3707 Ekonomika Pertanian dan Perdesaan 3      
7 EKO4201 Ekonomika Lingkungan 3      
8 EKO4204 Ekonomika Kesehatan 3      
9 EKO4301 Ekonomika ASEAN 3      
10 EKO4302 Bisnis Internasional 3      
11 EKO4401 Bank dan Lembaga Keuangan 3      
12 EKO4402 Kebanksentralan 3      
13 EKO4403 Ekonomika Finansial 3      
14 EKO4404 Sistem dan Lembaga Keuangan Syariah 3      
15 EKO4601 Ekonomika Sumberdaya Alam dan Energi 3      
16 EKO4603 Teori Permainan 3      
17 EKO4604 Perencanaan Pembangunan 3      
18 EKO4605 Ekonomika Regional dan Perkotaan 3      
19 EKO4607 Ekonomika Pendidikan 3      
20 EKO4608 Ekonomika Ketenagakerjaan 3      
21 EKO4609 Islam dan Kebijakan Moneter 3      
22 EKO4703 Dasar-Dasar Penilaian Properti 3      
23 EKO4704 Perbandingan Sistem Ekonomi 3      
24 EKO4706 Ekonomika Eksperimen 3      
25 EKO4707 Ekonomi Koperasi 3      


Persyaratan Minimal Lulus

Sesuai dengan Kebijakan Akademik tentang Persyaratan Nilai Minimal dan Ketentuan Umum Pendaftaran Ujian Skripsi dan Komprehensif bagi Mahasiswa Sarjana FEB UGM Angkatan 2017 dan sebelumnya Nomor 5721/FEB/AKM/DI/2019 tertanggal 12 Agustus 2019 dan Kebijakan Akademik Nomor 5348/FEB/AKM/DI/2019 tertanggal 12 Agustus 2019 tentang Persyaratan nilai Minimal untuk Mengikuti Ujian Skripsi dan Komprehensif, serta buku panduan akademik program Sarjana tahun 2020, persyaratan minimal nilai lulus diatur sebagai berikut.

  • Mahasiswa Angkatan 2018 dan sesudahnya harus memiliki nilai minimal C untuk seluruh mata kuliah wajib, pilihan, dan nilai ujian skripsi.
  • Mahasiswa Angkatan 2017 dan sebelumnya harus memiliki nilai minimal C- untuk seluruh mata kuliah wajib, pilihan, dan nilai ujian skripsi.

 

Mahasiswa yang telah lulus seluruh mata kuliah wajib dan pilihan sesuai dengan aturan akademik Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) dapat mendaftarkan diri untuk menempuh ujian akhir. Ujian akhir terdiri dari dua tahap, yaitu ujian skripsi dan ujian komprehensif/teori. Ujian skripsi sudah didesain sedemikian rupa untuk mengukur keahlian dan kemampuan mahasiswa dalam melakukan amatan/riset sederhana yang telah diatur oleh masing-masing program studi sarjana di FEB UGM. Ujian teori/komprehensif mahasiswa Program Reguler Sarjana Akuntansi ditempuh dengan skema UKBK (Ujian Komprehensif Berbasis Komputer). 

Mahasiswa prodi Sarjana Akuntansi Program Internasional (IUP) menempuh ujian teori/komprehensif bersamaan dengan ujian skripsi. Mahasiswa prodi Sarjana Ilmu Ekonomi tidak menempuh ujian teori/komprehensif, syarat kelulusan berupa lulus ujian skripsi. Penerapan ketentuan ini dilaksanakan sejak bulan Januari 2020 untuk program Sarjana Reguler dan program Sarjana Internasional (IUP), sedangkan mahasiswa prodi Sarjana Manajemen menempuh ujian teori/komprehensif bersamaan dengan ujian skripsi. Ketentuan tersebut berlaku untuk kedua program Sarjana di prodi Sarjana Manajemen (Program Reguler dan IUP). 

 

Ujian Tugas Akhir

Dokumen Ketentuan Ujian Tugas Akhir/Skripsi (dibutuhkan login akun 365 UGM)

Untuk menunjang kapabilitas mahasiswa di era yang kompetitif, FEB UGM sadar bahwa hard skill saja tidaklah cukup. Mahasiswa perlu dibekali dengan soft skill untuk menunjang potensi dan kapabilitas mereka. FEB UGM telah mengimplementasikan Soft Skil Wajib (mandatory soft skills) mulai tahun 2018. Dalam kurikulum FEB UGM, mandatory soft skill merupakan program pengembangan diri mahasiswa yang bersifat wajib dan merupakan prasyarat bagi mahasiswa FEB UGM untuk mengikuti Ujian Akhir Semester.

Adapun program soft skill wajib terdiri dari 4 seri, antara lain:

  • Writing skill: Antiplagiarisme dan Tata Tulis, yang berisi tentang :
  • Writing skill: Penggunaan MS Word, PPT, dan Reference Manager, yang berisi tentang :
  • Presentation Skill, yang berisi tentang :
    • Persiapan diri sebelum presentasi
    • Isi presentasi
    • Penyampaian ide dalam presentasi dengan menarik
    • Presentasi Individu dan Kelompok
    • Evaluasi diri dalam presentasi
  • Critical Thinking, yang berisi tentang :
    • Penelaahan gagasan secara kritis
    • Penyampaian ide dengan kritis

Mahasiswa yang telah menyelesaikan revisi ujian skripsi (dinyatakan lulus ujian skripsi) dan lulus ujian teori (komprehensif) dapat melanjutkan proses pendaftaran yudisium wisuda. Bagian Akademik FEB UGM mengunggah informasi wisuda secara berkala melalui portal Sintesis dan Simaster. Mahasiswa diwajibkan untuk memperoleh bukti bebas Pustaka dari perpustakaan UGM dengan cara mengunggah mandiri melalui laman https://unggah.etd.ugm.ac.id. Proses unggah mandiri dilakukan sepenuhnya oleh mahasiswa. 

Persyaratan dalam Pengurusan Yudisium Wisuda

  1. Mahasiswa telah lulus semua mata kuliah dengan IPK 2,00 dan nilai minimal C untuk masing-masing mata kuliah.
  2. Mahasiswa telah dinyatakan lulus ujian skripsi tanpa revisi skripsi dan telah dinyatakan lulus ujian komprehensif, serta unggah mandiri (ETD) perpustakaan UGM telah terverifikasi pada sistem Yudisium Wisuda di Simaster.
  3. Mahasiswa menyerahkan bukti penyerahan Skripsi (pdf) dan bebas peminjaman buku dari perpustakaan FEB dan perpustakaan UGM.
  4. Calon Wisudawan diwajibkan mengisi Permohonan Kartu GAMA Co-Brand dan mengisi exit survey di https://simaster.ugm.ac.id.
  5. Calon wisudawan mendaftar yudisium wisuda melalui portal Simaster dan mengisi seluruh data yang disyaratkan dalam yudisium wisuda, meliputi: nama, alamat, judul skripsi, mengisi nomor induk kependudukan (NIK), dan mengunggah KTP (untuk WNI) atau paspor (untuk WNA), ijazah SMA/sederajat.
  6. Mahasiswa mengunggah foto melalui portal Simaster dengan syarat berikut.
    1. Foto berwarna dengan latar belakang berwarna putih
    2. Ukuran maksimal 2 MB dengan rasio 3:4 dan diunggah dalam format .JPEG
    3. Ketentuan pakaian untuk pria, yaitu: mengenakan kemeja putih, jas warna hitam, dan memakai dasi (tidak memakai jaket almamater).
    4. Ketentuan pakaian untuk wanita, yaitu: mengenakan kemeja putih, blazer hitam (tidak memakai jaket almamater). Ketentuan pakaian untuk wanita yang berhijab adalah memakai kemeja putih, blazer hitam (bukan jaket almamater), memakai hijab warna hitam, dan hijab dimasukkan dalam kemeja.
    5. Posisi dalam foto adalah badan dan kepala tegak sejajar menghadap ke depan, kedua daun telinga harus kelihatan bagi yang tidak berhijab.
    6. Tampilan foto tidak menggunakan kaca mata, masker/cadar, atau penghalang wajah lainnya.
    7. Kualitas foto harus jelas dan tidak kabur.
    8. Foto bukan hasil pindaian atau hasil repro dari telepon pintar.
      foto ijazah
  7. Operator akademik akan memverifikasi isian dan unggahan dokumen tersebut, dilanjutkan persetujuan oleh DPP UGM. Calon wisudawan akan dapat mendaftar wisuda melalui Simaster jika seluruh tahapan yudisium wisuda, dan pengisian data wisudawan terpenuhi.
  8. Pengecekan data nama, tempat lahir dan tanggal lahir harus sesuai dan sama ejaannya dengan ijazah terakhir (huruf kapital hanya di depan kata). Contoh penulisan nama: Bejo Narimo bukan BEJO NARIMO atau bejo narimo. Apabila terdapat perubahan/kesalahan nama di ijazah SMA, calon wisudawan harus melampirkan surat keterangan dari SMA asal.
  9. Calon wisudawan mengembalikan KTM dengan cara mengirim KTM melalui pos atau diserahkan langsung ke Bagian Akademik FEB UGM. Penyerahan KTM dilakukan mulai tanggal 1 sampai dengan tanggal 25 pada bulan Januari, April, Juli, dan Oktober.
  10. Penyelenggaraan wisuda Sarjana dilakukan secara daring. Ketentuan prosesi wisuda secara luring diatur lebih lanjut melalui edaran dari Direktorat Pendidikan dan Pengajaran UGM. Surat Edaran Pelaksanaan Wisuda Program Sarjana/Diploma diterbitkan berkala satu bulan sebelum pendaftaran wisuda dibuka. Mahasiswa dapat mengakses informasi tersebut melalui Sintesis dan Simaster.
  11. Salah satu ketentuan keikutsertaan dalam wisuda adalah mahasiswa menyerahkan hasil skor AcEPT yang diselenggarakan oleh PPB UGM. Penyerahan skor AcEPT selama masa pandemi tidak wajib dilakukan.
  12. Dokumen yang diserahkan/dikirimkan ke Bagian Akademik adalah sebagai berikut.
    1. KTM
    2. Bukti bebas pustaka dari perpustakaan FEB
    3. Bukti bebas pustaka dari Perpustakaan UGM (hasil unduhan dari https://unggah.etd.ugm.ac.id)
    4. Tangkapan layar pendaftaran wisuda dari Simaster dikirimkan melalui email ke Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. 
  13. Selama masa pandemi, layanan peminjaman toga mahasiswa di Ditmawa UGM tidak dibuka. Calon wisudawan dapat membeli toga wisuda melalui KOPMA UGM atau melalui toko daring KOPMA UGM di http://shopee.co.id/gamashirt.
  14. Penyelenggaraan tasyakuran pelepasan wisuda fakultas dilakukan secara daring sesuai dengan tanggal pelaksanaan wisuda. Bagian Akademik FEB UGM akan mengirimkan penyelenggaraan kegiatan pelepasan wisudawan melalui surat elektronik.
  15. Paket wisuda berupa ijazah, transkrip, legalisir ijazah dan transkrip akan dikirimkan melalui kurir/pos ke masing-masing alamat wisudawan yang diorganisasi oleh unit Kerja Sama, Industri, dan Alumni (KIA) FEB UGM.