• Tentang UGM
  • SIMASTER
  • SINTESIS
  • Informasi Publik
  • SDGs
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  •  Tentang Kami
    • Sekilas Pandang
    • Sejarah Pendirian
    • Misi dan Visi
    • Nilai-Nilai
    • Pimpinan Fakultas
    • Pimpinan Senat
    • Pimpinan Departemen
    • Pimpinan Program Studi
    • Pimpinan Unit
    • Dewan Penasihat Fakultas
    • Laporan Tahunan
    • Fasilitas Kampus
    • Identitas Visual
    • Ruang Berita
    • Dies Natalis ke-70
  • Program Akademik
    • Program Sarjana
    • Program Magister
    • Program Doktor
    • Program Profesi
    • Program Akademik Singkat
    • Program Profesional & Sertifikasi
    • Program Sarjana Internasional (IUP)
    • International Doctorate in Business (IDB)
    • Kalender Akademik
    • Ruang dan Kegiatan
  • Fakultas & Riset
    • Keanggotaan Fakultas
    • Akreditasi Fakultas
    • Jaringan Internasional
    • Dosen
    • Profesor Tamu dan Rekan Peneliti
    • Staf Profesional
    • Publikasi
    • Jurnal Yang Diterbitkan
    • Kertas Kerja
    • Bidang Kajian
    • Unit Pendukung
    • Kemitraan Konferensi Internasional
    • Call for Papers
    • Pengabdian Kepada Masyarakat
    • Perpustakaan
  • Pendaftaran
  • Home
  • Prestasi

Tim XCELERATE Juara 2 Entrepreneur Day Business Case Competition 2025

  • Prestasi
  • 27 Maret 2025, 10.57
  • Oleh : shofihawa
Tim XCELERATE Juara 2 Entrepreneur Day Business Case Competition 2025

Tim XCELERATE yang beranggotakan empat mahasiswa dari Program Studi S1 Manajemen berhasil meraih Juara 2 Business Case Competition di ajang Entrepreneur Day 2025 yang diselenggarakan oleh Program Studi S1 Business Universitas Prasetiya Mulya. Kompetisi yang berlangsung pada 18 Januari 2025 ini digelar secara luring di Indonesia Design District (IDD), Pantai Indah Kapuk (PIK) 2, Tangerang, Banten.

Tim XCELERATE terdiri dari Naila Adristi Mulya, Ayu Rahmi Widianarsi, Annisa Mayza Jasmine, dan Fathin Nabil Hakim. Kompetisi diikuti 124 tim mahasiswa dari berbagai universitas ternama di Indonesia seperti Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjadjaran (UNPAD), dan banyak lainnya.

Kompetisi ini diawali dengan tahap seleksi proposal yang berisi solusi atas studi kasus yang diberikan oleh panitia terkait tantangan Fore Coffee dalam menghadapi persaingan ketat di industri kopi Indonesia. Dari total 124 tim yang mengirimkan proposal, hanya 10 tim terbaik yang berhak melaju ke babak final.

Annisa Mayza menjelaskan pada babak final, 10 tim terbaik kembali diberikan tantangan untuk mengembangkan ide solusi mereka agar lebih konkret. Setiap tim diwajibkan menyusun pitch deck yang kemudian dipresentasikan secara langsung di hadapan tiga juri dari berbagai latar belakang industri, salah satunya adalah Matthew Ardian, Chief Marketing Officer (CMO) dari Fore Coffee Indonesia. Presentasi ini dilakukan secara terbuka dan disaksikan oleh ratusan pengunjung Entrepreneur Day 2025.

Pada tahap awal, setiap tim ditantang untuk merumuskan Unique Selling Propositions (USP) Fore Coffee agar dapat bertahan dan berkembang dalam industri kopi yang sangat kompetitif.

“Tim kami melakukan analisis pasar, mengidentifikasi kompetitor, serta memahami segmentasi pelanggan untuk merancang strategi diferensiasi yang kuat bagi Fore Coffee,” ungkapnya, Kamis (27/3/2025).

Selanjutnya, dalam tahap final, tim ditugaskan untuk merancang strategi komunikasi pemasaran yang dapat menyampaikan USP tersebut secara efektif kepada konsumen guna meningkatkan akuisisi pelanggan serta memperkuat loyalitas mereka. Strategi yang dirancang mencakup kampanye pemasaran multi-channel serta aktivasi merek secara offline untuk membangun keterlibatan pelanggan yang lebih dalam.

Annisa Mayza mengaku perjalanan tim dalam XCELERATE kompetisi ini tidaklah mudah. Salah satu tantangan terbesar yang mereka hadapi adalah keterbatasan waktu dalam menyusun proposal pada tahap awal, karena bertepatan dengan masa Ujian Akhir Semester (UAS). Selain itu, tim ini belum pernah berkompetisi bersama sebelumnya, sehingga mereka harus beradaptasi dengan dinamika kerja tim secara cepat. Diskusi yang mayoritas dilakukan secara daring juga menjadi tantangan tersendiri mengingat anggota tim berasal dari daerah yang berbeda selama liburan semester.

“Kami benar-benar tidak menyangka bisa mencapai posisi ini, mengingat ini adalah kali pertama kami berkompetisi bersama sebagai tim. Kami harus bersaing dengan tim-tim hebat dari berbagai universitas ternama yang semuanya menampilkan solusi yang inovatif,” ujar Mayza.

Annisa Mayza berharap kedepan mereka terus dapat menyumbangkan prestasi dari kompetisi lainnya. Ia juga berharap prestasi yang berhasil diraih dapat memotivasi serta menginsipirasi mahasiswa FEB lainnya.

Reportase: Orie Priscylla Mapeda Lumalan
Editor: Kurnia Ekaptiningrum

Sustainable Development Goals

SDG 4 SDG 8 SDG 9 SDG 17

Views: 311
Tags: SDG 17: Kemitraan Untuk Mencapai Tujuan SDG 4: Pendidikan Berkualitas SDG 8: Pekerjaan Layak Dan Pertumbuhan Ekonomi SDG 9: Industri Inovasi Dan Infrastruktur SDGs

Related Posts

Primastuti Indah Suryani

Optimasi Media Sosial Tingkatkan Visibilitas UMKM

Berita Jumat, 25 Juli 2025

Membangun merek dan menjangkau konsumen kini tidak lagi mengandalkan promosi konvensional. Media sosial saat ini telah menjadi kanal utama dalam membentuk citra usaha. Melalui pelatihan bertema “Optimasi Sosial Media dengan Pembuatan Konten”, FEB UGM mendorong pelaku UMKM melakukan optimasi media sosial untuk dengan pengembanagn strategi konten yang efektif sebagai upaya untuk meningkatkan visibilitas UMKM.

Pelatihan yang diselenggarakan oleh Bidang Kajian Kewirausahaan, Inovasi, dan UMKM pada 17 Juli 2025 di FEB UGM ini menghadirkan Primastuti Indah Suryani, M.Si., M.M., selaku content creator dan digital marketing trainer.

Field Trip GSW 2025

GSW 2025 Ajak Mahasiswa Asing Belajar Dunia Industri dan Seni di Yogyakarta

Berita Jumat, 25 Juli 2025

Suara denting logam menggema di sebuah workshop kerajinan perak di Kotagede, Yogyakarta. Di atas landasan besi, lempengan perak ditempa perlahan oleh tangan-tangan terampil. Sementara di sudut lain asap patri mengepul halus, berpadu dengan aroma logam panas yang menguar di udara.

Pemandangan ini menjadi pengalaman berkesan bagi Ali Matough Ali Essa, mahasiswa University of Glasgow, Inggris.

Andar Danova L Goeltom

Green Jobs dan Kurikulum Hijau, Kunci Masa Depan Pariwisata Indonesia

Berita Kamis, 24 Juli 2025

Perubahan besar tengah terjadi di industri pariwisata global. Wisatawan saat ini, terutama generasi muda dan wisatawan internasional, semakin peduli terhadap dampak lingkungan dari aktivitas perjalanan mereka.

Qisha Quarina

Tingkat Pengangguran Menurun, Dosen FEB UGM Sebut Pekerjaan Layak Masih Jadi PR

Berita Kamis, 24 Juli 2025

Di tengah meningkatnya gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) di berbagai sektor industri, data statistik ketenagakerjaan nasional justru menunjukkan tren positif dengan  tingkat pengangguran terbuka (TPT) mengalami penurunan.

Berita Terkini

  • Optimasi Media Sosial Tingkatkan Visibilitas UMKM
    Juli 25, 2025
  • GSW 2025 Ajak Mahasiswa Asing Belajar Dunia Industri dan Seni di Yogyakarta
    Juli 25, 2025
  • Green Jobs dan Kurikulum Hijau, Kunci Masa Depan Pariwisata Indonesia
    Juli 24, 2025
  • Tingkat Pengangguran Menurun, Dosen FEB UGM Sebut Pekerjaan Layak Masih Jadi PR
    Juli 24, 2025
  • FEB UGM Terima Kunjungan FEB Unesa dan FEB UMP
    Juli 24, 2025

Artikel Terkait

  • Optimasi Media Sosial Tingkatkan Visibilitas UMKM
    Juli 25, 2025
  • GSW 2025 Ajak Mahasiswa Asing Belajar Dunia Industri dan Seni di Yogyakarta
    Juli 25, 2025
  • Green Jobs dan Kurikulum Hijau, Kunci Masa Depan Pariwisata Indonesia
    Juli 24, 2025
  • Tingkat Pengangguran Menurun, Dosen FEB UGM Sebut Pekerjaan Layak Masih Jadi PR
    Juli 24, 2025
  • FEB UGM Terima Kunjungan FEB Unesa dan FEB UMP
    Juli 24, 2025
Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Jln. Sosio Humaniora No.1, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281

Peta & Arah
Informasi Kontak Selengkapnya

Departemen

  • Akuntansi
  • Ilmu Ekonomi
  • Manajemen

Direktori Fakultas

  • Informasi Publik
  • Manajemen Ruang
  • Manajemen Aset
  • Manajemen Makam

Alumni

  • Komunitas Alumni
  • Layanan Alumni
  • Pelacakan Studi
  • Pekerjaan & Magang
  • Beasiswa

Social Media

© 2025 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

Kebijakan PrivasiPeta Situs

💬 Butuh bantuan?
1
FEB UGM Official WhatsApp
Halo 👋
Bisakah kami membantu Anda?
Buka percakapan