• Tentang UGM
  • SIMASTER
  • SINTESIS
  • Informasi Publik
  • SDGs
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  •  Tentang Kami
    • Sekilas Pandang
    • Sejarah Pendirian
    • Misi dan Visi
    • Nilai-Nilai
    • Pimpinan Fakultas
    • Pimpinan Senat
    • Pimpinan Departemen
    • Pimpinan Program Studi
    • Pimpinan Unit
    • Dewan Penasihat Fakultas
    • Laporan Tahunan
    • Fasilitas Kampus
    • Identitas Visual
    • Ruang Berita
    • Dies Natalis ke-70
  • Program Akademik
    • Program Sarjana
    • Program Magister
    • Program Doktor
    • Program Profesi
    • Program Akademik Singkat
    • Program Profesional & Sertifikasi
    • Kalender Akademik
    • Ruang dan Kegiatan
  • Fakultas & Riset
    • Keanggotaan Fakultas
    • Akreditasi Fakultas
    • Jaringan Internasional
    • Dosen
    • Profesor Tamu dan Rekan Peneliti
    • Staf Profesional
    • Publikasi
    • Jurnal Yang Diterbitkan
    • Kertas Kerja
    • Bidang Kajian
    • Unit Pendukung
    • Kemitraan Konferensi Internasional
    • Call for Papers
    • Pengabdian Kepada Masyarakat
    • Perpustakaan
  • Pendaftaran
  • Home
  • Program Studi
  • Program Sarjana

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Pengisian Rancana Studi Program Sarjana

  • Program Sarjana
  • 25 Juli 2021, 13.37
  • Oleh : Admin

Daftar pertanyaan dan jawaban mengenai pengisian rencana studi di Program Sarjana.

  1. Pertanyaan :
    Bagaimana solusi yang harus dilakukan oleh mahasiswa ketika jadwal satu mata kuliah bertabrakan satu dengan yang lain? Mata kuliah diganti jadwal ketika mahasiswa sudah memilih jadwal awal, bagaimana solusinya?
    Jawaban :

    • Ketika masih masa edit KRS, mahasiswa masih bisa melakukan perpindahan kelas sesuai dengan jadwal dan kuota masih tersedia.
    • Ketika masa edit KRS sudah selesai akan tetapi masih terdapat jadwal mata kuliah yang bertabrakan, silakan menghubungi Bagian Akademik FEB UGM melalui nomor hotline yang sudah disediakan.
  2. Pertanyaan :
    Apa yang harus dilakukan bila tidak mendapatkan kelas?
    Jawaban :

    • Mahasiswa yang bersangkutan dapat masuk ke kelas BOX. Harap diperhatikan bahwa masuk ke kelas BOX hanya dilakukan saat kuota semua kelas pada mata kuliah yang dipilih sudah terpenuhi jumlahnya. Perlu diperhatikan bahwa kelas BOX hanya tersedia pada mata kuliah yang berstatus wajib. Tidak ada kelas BOX pada mata kuliah pilihan.
  3. Pertanyaan :
    Bagaimanakah prosedur untuk melakukan drop mata kuliah?
    Jawaban :

    • Sesuai dengan buku panduan akademik program Sarjana, pembatalan mata kuliah dapat dilakukan maksimal 3 minggu setelah masa pengisian rencana studi selesai. Jika lebih dari 3 minggu, mahasiswa harus mengajukan permohonan pembatalan mata kuliah melalui Kaprodi masing-masing.
  4. Pertanyaan :
    Untuk KRS dan verifikasi registrasi KKN bagaimana prosedur yang harus dilakukan mahasiswa?
    Jawaban :

    • Untuk KRS dan Verifikasi Registrasi KKN sesuai dengan kalender yang dikeluarkan oleh Direktorat Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Gadjah Mada.
  5. Pertanyaan :
    Berapa SKS yang dibutuhkan untuk bisa melakukan KRS KKN?
    Jawaban :

    • Syarat SKS untuk bisa mengikuti/melakukan KKN adalah minimal 100 SKS saat menjalani kegiatan KKN.
  6. Pertanyaan :
    Berapakah nilai minimal untuk bisa mengambil KKN?
    Jawaban :

    • Untuk nilai minimal tidak diatur secara detail dalam persyaratan KKN, hanya minimal 100 SKS tanpa nilai E.
  7. Pertanyaan :
    Bagaimana cara mengusulkan pembukaan mata kuliah tawar ?
    Jawaban :

    • Mahasiswa dapat menyampaikan hal tersebut ke Adkesma (selama periode KRS) , Adkesma akan menyampaikan ke Ketua Program Studi, atas persetujuan Ketua Program studi matakuliah akan dibuka pada periode pengisian KRS
  8. Pertanyaan :
    Apakah mata kuliah tawar dan kelas bisa dibatalkan ?
    Jawaban :

    • Bisa, atas keputusan Ketua Program Studi dengan ketentuan tertentu misal peminat tidak memenuhi kuota minimal kelas untuk dibuka dan tidak memungkinkan untuk diselenggarakan
  9. Pertanyaan :
    Apa itu kelas Independent Study ?
    Jawaban :

    • Kelas yang mengambil matakuliah tersebut di bawah 10 peserta untuk kelas Reguler dan di bawah 5 peserta untuk kelas IUP sesuai keputusan Ketua Program Studi.
      Jumlah pertemuan di kelas Independent Study adalah 8 pertemuan/tatap muka selama satu semester.
  10. Pertanyaan :
    Apa itu kelas “BOX” ?
    Jawaban :

    • Fungsi kelas BOX untuk melihat seberapa besar peminat mata kuliah tersebut.
    • Kelas BOX diberi jadwal sesuai mata kuliah dan kelasnya.
    • Kelas BOX dibuka selama periode pengisian KRS, pada periode edit KRS kelas BOX sudah tidak dibuka.
    • Perlakuan dan alokasi kelas BOX yang belum mendapatkan kelas akan diproses pada periode jeda antara periode pengisian KRS dan edit KRS, dan atas persetujuan Ketua Program Studi.
  11. Pertanyaan :
    Kapan Penambahan Kuota akan dilakukan ?
    Jawaban :

    • Penambahan kuota dilakukan setiap Pkl. 13:00-15:00 WIB selama periode pengisian KRS atas persetujuan Ketua Program Studi.
  12. Pertanyaan :
    Bagaimana cara mengambil Mata kuliah Lintas Disiplin dari Fakultas di UGM ?
    Jawaban :

    • Mata kuliah Lintas Disiplin akan ditawarkan pada menu KRS Simaster atas persetujuan Ketua Program Studi, mata kuliah tersebut merupakan mata kuliah pilihan dengan ketentuan tertentu sesuai Fakultas penyelenggara, dan mahasiswa dapat mengambil pada periode pengisian KRS.
  13. Pertanyaan :
    Bagaimana cara untuk memilih mata kuliah MKLD?
    Jawaban :

    • Untuk memilih matakuliah MKLD sebaiknya didiskusikan dan sudah disetujui oleh Kaprodi terkait untuk transfer kredit mata kuliah MKLD.
  14. Pertanyaan :
    Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk approval KRS mata kuliah skripsi ?
    Jawaban :

    • Approval KRS Skripsi akan dilakukan setelah masa edit KRS selesai.
  15. Pertanyaan :
    Untuk Skripsi berapa mata kuliah yang dapat diambil ?
    Jawaban :

    • Skripsi + 2 mata kuliah mengulang atau Skripsi + 1 MK baru + 1MK mengulang.
  16. Pertanyaan :
    Kapan Course Offered dirilis oleh Akademik ?
    Jawaban :

    • Course Offered akan dirilis pada Rabu, 29 Juli 2021 melalui Simaster.
  17. Pertanyaan :
    Untuk mata kuliah yang mendapatkan nilai D, apakah bisa mengambil mata kuliah prasyarat?
    Jawaban :

    • Dapat dilihat pada curriculum information (Login Sintesis > Academics > Curriculum Information). Lalu dilihat di bagian prasyarat mata kuliah tersebut.
      Contoh: untuk mengambil mata kuliah Statistika Ekonomi 2, syaratnya memiliki nilai Statistika Ekonomi 1>D (minimal D+).
  18. Pertanyaan :
    Saya belum mengisi Evaluasi Dosen Mengajar (EDOM) di Simaster. Bagaimana solusinya?
    Jawaban :

    • Pengisian EDOM dilakukan melalui Simaster yang dibuka sampai dengan 5 Februari 2022 pukul 09.00 WIB. Pengisian EDOM menjadi salah satu syarat untuk mengisi KRS Genap 2021/2022
  19. Pertanyaan :
    Bagaimana prosedur approval DPA untuk KRS semester ini?
    Jawaban :

    • Approval KRS dilakukan oleh sistem secara otomatis, bukan DPA, setelah masa edit KRS berakhir.
  20. Pertanyaan :
    Apakah dosen pengampu ditampilkan saat pengisisan KRS atau hanya jadwal kuliahnya saja?
    Jawaban :

    • Pilihan dosen pengampu tidak tersedia dan akan ditampilkan setelah masa edit KRS berakhir sehingga hanya terdapat informasi kelas, mata kuliah, dan jadwal kuliah.

Sumber: Bagian Akademik Program Sarjana.

Views: 723

Related Posts

Staf humas, staf profesional, dan mahasiswa FEB UGM mengikuti workshop penulisan berita dan fotografi pada 19 Mei 2025 di Ruang Audio Visual untuk memperkuat kualitas publikasi institusi.

FEB UGM Gelar Pelatihan Jurnalistik dan Fotografi untuk Perkuat Citra Institusi

Berita Senin, 19 Mei 2025

Dalam rangka memperkuat kapasitas kehumasan dalam membangun citra institusi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) menyelenggarakan workshop bertajuk “Memperkuat Narasi Publikasi FEB UGM: Pelatihan Penulisan Berita dan Fotografi” pada Senin, 19 Mei 2025 di Ruang Audio Visual lantai 1, Gedung Sayap Timur FEB UGM yang diikuti oleh pengelola humas, staf profesional, dan mahasiswa FEB UGM.

Kepala Learning Academic and Multimedia Production & Public Relations (LAMPR) FEB UGM, Fitri Amalia, Ph.D., menyampaikan bahwa dalam beberapa tahun terakhir FEB UGM terus berkomitmen meningkatkan pengelolaan kehumasan di tengah tantangan dunia pendidikan tinggi yang kian kompleks.

“Kami berharap melalui pelatihan ini, para peserta dapat belajar menyusun narasi berita yang baik serta meningkatkan engagement melalui teknik penulisan dan fotografi yang efektif,” ungkap Fitri.

Fitri juga menekankan pentingnya kemampuan dalam merangkai narasi berita yang kuat dan visual yang mendukung agar publikasi semakin menjangkau audiens yang lebih luas.

“Target capaian tahunan indikator kinerja unit mencakup 1.500 tags pemberitaan sehingga kemampuan menyampaikan berita secara menarik menjadi kunci strategis,” ujarnya.

Workshop ini menghadirkan dua narasumber profesional dari Kompas, yakni Kepala Biro Kompas DIY-Jawa Tengah, Haris Firdaus, dan Pewarta Foto Kompas, Ferganata Indra Riatmoko.

Friderica Widyasari Dewi, Ketua KAFEGAMA Raih Outstanding Leader in Financial Services 

Berita Senin, 19 Mei 2025

Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Pelindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Dr. Friderica Widyasari Dewi, S.E., M.B.A., yang juga Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Keluarga Alumni Fakultas Ekonomika dan Bisnis (KAFEGAMA) meraih penghargaan Outstanding Leader in Financial Services di ajang Indonesia Leading Women Awards 2025.

Friderica mendapatkan penghargaan bergengsi ini atas dedikasinya sebagai pemimpin perempuan yang mengambil peran penting dalam pengembangan sektor jasa keuangan di Indonesia.

Tatsbita Ratqa Amany tersenyum sambil memegang hasil kerajinan tangan di acara workshop Day of Art

Mahasiswa FEB UGM Sukses Bangun Bisnis Kerajinan yang Gandeng Ratusan Brand 

Sudut Mahasiswa Jumat, 16 Mei 2025

Siapa sangka, hobi membuat kerajinan tangan sejak kecil bisa menghantarkan Tatsbita Ratqa Amany, mahasiswa Ilmu Ekonomi FEB UGM angkatan 2022, membangun bisnis kreatif yang kini menjangkau puluhan kota di Indonesia? Berawal dari kegemaran pribadi, Tatsbita mendirikan Day of Art, platform workshop kerajinan yang sukses menggandeng ratusan brand nasional hingga internasional.

Agenda Dies Natalis ke-70

Dies Natalis Jumat, 16 Mei 2025

Agenda Kegiatan Dies Natalis ke-70
Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

Dies Natalis 70

Unduh Logo Dies Natalis dengan Resolusi Tinggi (High Resolution): klik disini

Tanggal Kegiatan Dokumentasi
24 Mei IAI APAFEST 2025, detil
26-27 Juni Konferensi Internasional

  • Accounting and Accountability in Emerging Economies (AAEE) 2025, detil
14-25 Juli Global Summer Week 2025, detil
23-25 Juli Konferensi Internasional

  • The 13th Gadjah Mada International Conference on Economics and Business (GAMAICEB 2025), detil
Agustus Seminar Internasional

  • The 9th Mubyarto Public Policy Forum (MPPF 2025)
13-14 September Family Fun Evening

  • Fun Game
  • Kuliner
19 September Sidang Senat Terbuka

  • Pidato Laporan Tahunan Dekan: Prof. Didi Achjari, S.E., M.Com., Ph.D., Ak.

    Berita Terkini

    • FEB UGM Gelar Pelatihan Jurnalistik dan Fotografi untuk Perkuat Citra Institusi
      Mei 19, 2025
    • Friderica Widyasari Dewi, Ketua KAFEGAMA Raih Outstanding Leader in Financial Services 
      Mei 19, 2025
    • Mahasiswa FEB UGM Sukses Bangun Bisnis Kerajinan yang Gandeng Ratusan Brand 
      Mei 16, 2025
    • Agenda Dies Natalis ke-70
      Mei 16, 2025
    • Menko Muhaimin Dorong Mahasiswa Lahirkan Inovasi Pemberdayaan Ekonomi
      Mei 16, 2025

    Artikel Terkait

    • FEB UGM Gelar Pelatihan Jurnalistik dan Fotografi untuk Perkuat Citra Institusi
      Mei 19, 2025
    • Friderica Widyasari Dewi, Ketua KAFEGAMA Raih Outstanding Leader in Financial Services 
      Mei 19, 2025
    • Mahasiswa FEB UGM Sukses Bangun Bisnis Kerajinan yang Gandeng Ratusan Brand 
      Mei 16, 2025
    • Agenda Dies Natalis ke-70
      Mei 16, 2025
    • Menko Muhaimin Dorong Mahasiswa Lahirkan Inovasi Pemberdayaan Ekonomi
      Mei 16, 2025
    Universitas Gadjah Mada

    Universitas Gadjah Mada
    Fakultas Ekonomika dan Bisnis

    Jln. Sosio Humaniora No.1, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281

    Peta & Arah
    Informasi Kontak Selengkapnya

    Departemen

    • Akuntansi
    • Ilmu Ekonomi
    • Manajemen

    Direktori Fakultas

    • Informasi Publik
    • Manajemen Ruang
    • Manajemen Aset
    • Manajemen Makam

    Alumni

    • Komunitas Alumni
    • Layanan Alumni
    • Pelacakan Studi
    • Pekerjaan & Magang
    • Beasiswa

    Social Media

    © 2025 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

    Kebijakan PrivasiPeta Situs

    Buka percakapan
    1
    💬 Butuh bantuan?
    FEB UGM Official WhatsApp
    Halo 👋
    Bisakah kami membantu Anda?