Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) bekerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) menyelenggarakan Program "BRI Wirausaha Rakyat". Perjanjian Kerjasama ini secara simbolis telah dilakukan pada hari Selasa, 3 April 2012 di Ruang Auditorium, Gedung Pertamina Tower Lt.6, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada, Jl. Humaniora No. 1 Bulaksumur Yogyakarta. Penandatanganan PKS ini disaksikan oleh Direktur UMKM BRI, Djarot Kusumayakti sementara dari pihak Universitas Gadjah Mada disaksikan oleh Wakil Rektor Bidang Sistem Informasi dan Keuangan UGM Dr. Didi Achjari,S.E.,Akt., M.Com

Kesepakatan yang terjadi antara FEB UGM dengan BRI antara lain mencakup:

  1. FEB UGM bersama BRI menyelenggarakan Program BRI Wirausaha Rakyat yang ditujukan untuk mahasiswa dan fresh graduate dari Universitas Gadjah Mada
  2. BRI memberikan dukungan melalui Dana Bina Lingkungan BRI untuk Riset Pengembangan Produk dalam upaya mengembangkan usaha inovatif di sektor manufaktur dengan skala UMKM.
  3. FEB UGM menjadi fasilitator dalam penyediaan fasilitas ruangan UMKM Corner sebagai sarana kegiatan diskusi hingga konsultasi administrasi untuk peserta program.
  4. FEB UGM memberikan dukungan pada pemanfaatan laboratorium di seluruh lingkungan UGM sebagai sarana riset pengembangan produk oleh mahasiswa BRI Wirausaha Rakyat.
  5. Peserta program BRI Wirausaha Rakyat berkomitmen untuk mengembangkan produk manufaktur hasil riset untuk pembangunan ekonomi daerah.

Semakin hari, semakin banyak anak muda Indonesia yang memiliki ide kreatif namun mampu menyeimbangkan waktu antara kegiatan akademis dan kegiatan sosial. Tidak jarang ide-ide kreatif tersebut kemudian berkembang menjadi sebuah bentuk usaha baru yang dapat meningkatkan kualitas ekonomi dan menciptakan lapangan pekerjaan. Namun sayangnya usaha mereka sering terkendala pada masalah modal.

Memperhatikan kondisi tersebut Bank BRI dan UGM, tergugah untuk mencari model yang dapat memotivasi para mahasiswa dan alumni UGM untuk berusaha memunculkan ide-ide usaha kondusif dan dapat direalisasikan di dunia usaha nyata.

Program BRI Wirausaha Rakyat dirancang dengan visi dan misi menghasilkan mahasiswa wirausaha terbaik UGM yang berjiwa kemasyarakatan, tangguh, inovatif, dan berdaya saing. Tujuannya adalah untuk memasyarakatkan semangat kewirausahaan kepada mahasiswa dan kaum muda serta mendorong mahasiswa terbaik UGM untuk menjadi wirausaha yang mampu ikut menciptakan lapangan kerja baru, terutama di daerah asal dan membangun sinergi antara kelompok wirausaha baru dengan potensi Bank Rakyat Indonesia.

Hal ini memberikan banyak manfaat kepada mahasiswa, dunia usaha, BRI dan FEB UGM sendiri. Untuk mahasiswa misalnya; mendapatkan kesempatan untuk mewujudkan ide bisnisnya. Bagi dunia usaha, dapat memperkuat ekonomi daerah. Bagi BRI, dapat memperkuat citra sebagai Bank Pro-UMKM, pemuda dan daerah. Sedangkan bagi FEB UGM sendiri adalah menciptakan mahasiswa dan alumni dengan mental pencipta lapangan kerja dan mendorong mahasiswa untuk memadukan ilmu, riset dan praktis.

Untuk mewujudkan hal tersebut, FEB UGM bersama BRI tidak segan untuk mematok angka IPK 3.0 sebagai syarat akademis untuk mengikuti program, ide bisnis pun didorong untuk berorientasi daerah dan usaha yang akan dibangun merupakan usaha baru demi keberhasilan visi program.

Program BRI Wirausaha Rakyat terdiri dari 3 tahap, yakni tahap seleksi yang dilakukan oleh FEB UGM, kemudian tahap riset pengembangan produk yang dilaksanakan dengan pendampingan dosen UGM, menggunakan Dana Bina Lingkungan BRI dan yang terakhir adalah tahap mulai usaha; dimana peserta diwajibkan mengajukan proposal yang bankable untuk selanjutnya menjadi mitra BRI. Hasil yang diharapkan dari program ini adalah terciptanya Wirausaha Rakyat BRI untuk disalurkan ke daerah dengan purwarupa produk manufaktur berskala UMKM.

Dokumen Profil Kegiatan dan Panduan Teknis Proposal BRI Wirausaha Rakyat, unduh disini.

Informasi selengkapnya dapat menghubungi Penelitian dan Pelatihan Ekonomika dan Bisnis (P2EB FEB UGM), di alamat:
P2EB FEB UGM
Gedung Pertamina Tower Lt. 2 Jl. Humaniora No. 1 Bulaksumur Yogyakarta 55281
Telp (0274) 548517 ext 355/354 Fax (0274) 580765
Situs: www.p2ebfebugm.com
Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Contact Person :

  1. Wahyuni Arum (Ketua) (0857 29350 339)
  2. Reza Erlangga (Humas) (0877 1983 4499)
  3. Handisna Hashfi (P2EB) (0819 0303 1990)