- Detail
- Ditulis oleh FEB UGM
- Kategori: Calon Mahasiswa
- Dilihat: 90439
Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM menyelenggarakan program pendidikan Profesi Akuntan. Mahasiswa program pendidikan Profesi Akuntan wajib menempuh 2 semester dengan waktu tempuh normal 12 bulan diluar matrikulasi.
1. Persyaratan Umum
- Calon mahasiswa adalah lulusan program sarjana dari universitas yang terakreditasi, telah wisuda, dan memiliki Ijazah S1/D-IV Akuntansi
- Mempunyai sertifikat akreditasi program studi terbaru pada jenjang pendidikan terakhir, dibuktikan dengan scan sertifikat akreditasi atau print screen akreditasi dari laman BAN-PT
- Surat pernyataan akademik yang diunggah pada saat pengisian pra-registrasi membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 500.000,-
- Mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru, terdiri dari Tes Potensi Akademik (TPA) dan tes TOEFL (Test of English of Foreign Language), jadwal seleksi dapat dilihat pada tautan ini.
- Melakukan pendaftaran online melalui tautan http://um.ugm.ac.id
2. Biaya Pendidikan
- Uang Kuliah Tunggal (UKT) kelas reguler Rp 8.800.000,- /semester
- Pada akhir masa pendidikan mahasiswa wajib mengambil Ujian Sertifikasi CA (Chartered Accountant) atau CPA (Certified Public Accountant), dengan biaya sebagai berikut:
- Ujian sertifikasi CA sebesar Rp 3.500.000,-
- Ujian sertifikasi CPA sebesar Rp 800.000,-
3. Informasi lainnya
Informasi dan pertanyaan selengkapnya dapat menghubungi: Bagian Admisi Program Studi Pendidikan Profesi Akuntan (PPAk) FEB UGM, telp 0274 548506, HP 08170420907, atau email Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Catatan:
- UKT Program Profesi SK Rektor 895/UN1.P/KPT/HUKOR/2020, detil
- Detail
- Ditulis oleh FEB UGM
- Kategori: Calon Mahasiswa
- Dilihat: 79088
Pendidikan Program Doktor Fakultas Ekonomika dan Bisnis Univeristas Gadjah Mada (FEB UGM) tidak hanya menitikberatkan pada penulisan disertasi, tetapi dengan model course-works yang dilakukan secara terstruktur (course works, ujian komprehensif, ujian proposal, penelitian untuk disertasi, dan ujian disertasi). Program Doktor FEB UGM memiliki tiga program studi, yaitu, Akuntansi, Ilmu Ekonomi, dan Manajemen dan jumlah beban yang harus diselesaikan mahasiswa masing-masing program studi selama dua tahun course-work adalah 42 SKS.
1. Persyaratan Umum
- Lulusan Strata 2 (S2) dengan ketentuan latar belakang bidang ilmu S1 dan S2 sebagai berikut:
Program Studi Asal S1 dan S2 Keterangan Ilmu Akuntansi S1 harus lulusan Akuntansi (sebidang), S2 tidak harus lulusan Akuntansi (dapat alih bidang program studi) Bagi yang asal S2-nya alih bidang, kewajiban mengikuti Program Matrikulasi atau tidak didasarkan pada hasil tes interview Ilmu Manajemen Tidak harus lulusan Manajemen (dapat alih bidang program studi) Bagi yang alih bidang, maka kewajiban untuk mengikuti Program Matrikulasi atau tidak akan diputuskan dalam yudisium penerimaan dengan berdasarkan hasil tes interview dan pertimbangan review transkrip akademik S1 dan S2 Ilmu Ekonomi Tidak harus lulusan Ilmu Ekonomi (dapat alih bidang program studi) Bagi yang alih bidang, maka kewajiban untuk mengikuti Program Matrikulasi atau tidak akan diputuskan dalam yudisium penerimaan dengan berdasarkan hasil tes interview dan pertimbangan review transkrip akademik S1 dan S2 - Khusus pendaftar lulusan luar negeri harus mempunyai dokumen penyetaraan ijazah dari DIKTI.
- Transkrip Nilai/Akademik S2 asli;
- Memiliki Indeks Prestasi Komulatif pada jenjang S2 atau yang setara, dengan kriteria sebagai berikut:
- ≥ 3,00 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A, atau;
- ≥ 3,25 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B, atau;
- ≥ 3,50 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi C.
- Sertifikat akreditasi program studi pada jenjang S2, dengan ketentuan sebagai berikut:
- Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan scan sertifikat akreditasi atau print screen akreditasi dari laman BAN-PT yang masih berlaku.
- Program Studi yang akreditasinya sedang dalam proses perpanjangan, dibuktikan dengan tanda terima penyerahan borang akreditasi ke DIKTI, bukan surat keterangan dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan.
- Khusus pelamar lulusan luar negeri, bukti akreditasinya adalah Surat Keputusan Penyataraan Ijazah Luar Negeri dari DIKTI.
- Apabila dokumen akreditasinya tidak valid, maka tidak akan diproses lebih lanjut.
- Memiliki Kemampuan Potensi Akademik yang dibuktikan dengan sertifikat yang masih berlaku, dengan skor minimal 550. Lembaga yang diakui/direkomendasi oleh UGM yaitu salah satu dari:
- Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS, contoh sertifikat klik disini
- Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM, contoh sertifikat klik disini
- Tes Kemampuan Potensi Akademik (TKPA), contoh sertifikat klik disini
- Memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang dibuktikan dengan sertifikat yang masih berlaku dan minimal skor minimal 500. Tes Kemampuan Bahasa Inggris yang diakui adalah:
- Academic English Proficiency Test (AcEPT) dari UGM, contoh sertifikat klik disini
- International English Testing System (IELTS) dari institusi yang diakui oleh IDP, contoh sertifikat klik disini *
- Internet-Based (iBT) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF, contoh sertifikat klik disini *
- Institutional Testing Program (ITP) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF, contoh sertifikat klik disini *
- Test of English Proficiency (TOEP) dari Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI) yang diakui DIKTI untuk sertifikasi dosen, contoh sertifikat klik disini
- Tabel Konversi Tes Bahasa Inggris, silakan klik disini
- Rekomendasi yang bersifat rahasia dari 2 (dua) orang yang mengenal calon Mahasiswa pada jenjang pendidikan sebelumnya. Dosen Pembimbing Akademik dan/atau orang lain yang dianggap berwenang, misalnya atasan tempat kerja calon mahasiswa. Tautan untuk memberikan rekomendasi secara online akan dikirim Panitia UM UGM kepada pemberi rekomendasi melalui email. Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang valid dan aktif.
- Surat keterangan sehat dari Rumah Sakit, Puskesmas atau Klinik yang memiliki izin dari Pemerintah/swasta.
- Syarat khusus:
- Proyeksi keinginan calon Mahasiswa mengikuti program (format dapat diunduh disini).
- Proposal penelitian thesis/tulisan essai/syarat khusus lainnya yang dipersyaratkan oleh program studi tidak perlu diunggah tetapi dikirim langsung ke program studi tujuan dilengkapi dengan fotokopi bukti daftar.
- Surat ijin studi atau tugas belajar dari instansi bagi yang sudah bekerja (format dapat diunduh disini).
2. Biaya Kuliah
Uang Kuliah Tunggal (UKT) dengan minimal masa studi 6 semester dan maksimal masa studi 10 semester:
- Doktor Ilmu Akuntansi (Reguler) Rp 25.000.000,- /semester
- Doktor Ilmu Manajemen (Reguler) Rp 25.000.000,- /semester
- Doktor Ilmu Ekonomi (Reguler) Rp 25.000.000,- /semester
Bagi mahasiswa yang diwajibkan mengambil program matrikulasi dikenai biaya sebesar Rp 1.500.000 per matakuliah.
3. Informasi lainnya
Informasi dan pertanyaan selengkapnya dapat menghubungi: Bagian Admisi Program Studi Doktor FEB UGM, telp 0274 580726, 524607-609, HP 08175464545, atau email Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. dan Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Catatan:
- UKT Program Pascasarjana SK Rektor 895/UN1.P/KPT/HUKOR/2020, detil
- Penetapan UKT Program Pascasarjana SK Rektor 1004/UN1.P/SK/HUKOR/2018, detil
- Detail
- Ditulis oleh FEB UGM
- Kategori: Calon Mahasiswa
- Dilihat: 603340
Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada menyelenggarakan 4 (empat) program studi magister (jenjang S2). Program studi tersebut adalah:
- Magister Akuntansi (MAKSI)
- Magister Manajemen (MM) Kampus Yogyakarta
- Magister Manajemen (MM) Kampus Jakarta
- Magister Ekonomika dan Pembangunan (MEP)
- Magister Sains (MSI)
Program Studi Magister Akuntansi (MAKSI)
Persyaratan:
Pendaftar yang memenuhi persyaratan di bawah ini, dapat melamar untuk menjadi peserta program magister dalam bidang studi yang sama dengan bidang studi kesarjanaannya atau bidang studi lain yang disetujui oleh Ketua Program Studi:
- Memiliki Ijazah asli.
Ijazah S1 atau yang setara dari Program Studi yang terakreditasi dalam bidang ilmu yang sesuai dan/atau berkaitan dengan program Magister yang akan diikuti. Khusus pendaftar lulusan luar negeri harus mempunyai dokumen penyetaraan ijazah dari DIKTI. - Memiliki Transkrip nilai asli;
- Memiliki Indeks Prestasi Komulatif*) pada jenjang S1 atau yang setara, dengan kriteria sebagai berikut:
- ≥ 2,50 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A, atau;
- ≥ 2,75 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B, atau;
- ≥ 3,00 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi C.
- Memiliki sertifikat akreditasi program studi pada jenjang S1 atau yang setara, dengan ketentuan sebagai berikut:
- Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan hasil pemindaian sertifikat akreditasi atau print screen akreditasi dari laman BAN-PT yang masih berlaku.
- Program Studi yang akreditasinya sedang dalam proses perpanjangan, dibuktikan dengan tanda terima penyerahan borang akreditasi ke DIKTI, bukan surat keterangan dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan.
- Khusus pelamar lulusan luar negeri, bukti akreditasinya adalah Surat Keputusan Penyataraan Ijazah Luar Negeri dari DIKTI.
- Apabila dokumen akreditasinya tidak valid, maka tidak akan diproses lebih lanjut.
- Memiliki Kemampuan Potensi Akademik yang dibuktikan dengan skor minimal 450*) yang masih berlaku, yaitu salah satu dari:
- Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS
- Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM
- Tes Kemampuan Potensi Akademik (TKPA)
- Memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang dibuktikan dengan skor minimal setara ITP TOEFL 400*) yang masih berlaku, yaitu salah satu dari:
- Academic English Proficiency Test (AcEPT) dari UGM
- International English Testing System (IELTS) dari institusi yang diakui oleh IDP
- Internet-Based (iBT) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF
- Institutional Testing Program (ITP) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF
- Test of English Proficiency (TOEP) dari Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI) yang diakui DIKTI untuk sertifikasi dosen
- Tabel Konversi Tes Bahasa Inggris, silakan klik disini.
- Rekomendasi yang bersifat rahasia dari 2 (dua) orang yang mengenal calon Mahasiswa pada jenjang pendidikan sebelumnya. Dosen Pembimbing Akademik dan/atau orang lain yang dianggap berwenang, misalnya atasan tempat kerja calon mahasiswa. Tautan untuk memberikan rekomendasi secara online akan dikirim Panitia UM UGM kepada pemberi rekomendasi melalui email. Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang valid dan aktif.
- Surat keterangan sehat dari Rumah Sakit, Puskesmas atau Klinik yang memiliki izin dari Pemerintah/swasta.
- Syarat khusus:
Proyeksi keinginan calon Mahasiswa dalam mengikuti Program Magister yang berisi antara lain rencana topik/minat penelitian serta alasan dan harapan mengikuti program yang dipilih, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh di sini). - Surat ijin studi atau tugas belajar dari instansi bagi yang sudah bekerja (format dapat di unduh disini)
Biaya Pendidikan
Komponen biaya pendidikan sebagai berikut:
Semester | Jumlah | ||
Matrikulasi | Rp. 11.000.000 | ||
Semester I | Rp. 16.000.000 | ||
Semester II | Rp. 16.000.000 | ||
Semester III | Rp. 16.000.000 | ||
Total | Rp. 59.000.000 |
- Durasi program adalah 3 semester.
- Standar biaya tersebut berlaku bagi mahasiswa yang diterima mulai tahun ajaran 2017/2018.
* Biaya tersebut diluar Biaya Pendaftaran dan Biaya Wisuda
Informasi selengkapnya dapat menghubungi:
Bagian Admisi Program Studi Magister Akuntansi FEB UGM
Jl. Sosio Humaniora No.1 Bulaksumur, Yogyakarta, 55281.
Telepon: 0274 513109, 0274 548510-15 ext. 107
Hotline: 085292000355
Faksimile: 0274 548516, 0274 513109
Website: http://maksi.feb.ugm.ac.id
Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Jadwal seleksi penerimaan program pascasarjana (Program Magister): klik disini
Program Studi Magister Manajemen (MM)
Program Studi MM FEB UGM Kampus Yogyakarta memiliki periode penerimaan mahasiswa baru setiap semester untuk intake setiap Februari dan Agustus. Calon mahasiswa yang memiliki pendidikan S1 dari Non Fakultas Ekonomika dan Bisnis wajib mengikuti Program Pra MBA (Matrikulasi) selama 1 semester dan merupakan bagian dari seleksi sebelum memasuki Program MBA. Sedangkan calon mahasiswa yang memiliki pendidikan S1 dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis harus mengikuti Tes Potensi Dasar (TPD)*, jika memenuhi skor kelulusan TPD maka calon mahasiswa langsung ke Program MBA. Hal yang sama berlaku untuk calon mahasiswa yang cum laude dari S1 Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada dan lulus dalam 5 tahun terakhir maka langsung ke Program MBA.
*) Selama masa pandemi, TPD ditiadakan.
Program Pra MBA (Matrikulasi)
Program khusus yang ditujukan untuk memberikan penyegaran dan menyiapkan calon mahasiswa baru sebelum mengambil program MBA. Program Pra MBA membantu calon mahasiswa menyiapkan diri dengan budaya akademik di lingkungan Program Studi MM FEB UGM dan sekaligus menyelaraskan pengetahuan bisnis para mahasiswa dengan latar belakang kesarjanaan (S1) yang beragam. Program Pra MBA berlangsung selama 1 semester dan terdiri dari 4 mata kuliah yaitu Business and Management, Managerial Economics, Accounting and Finance, dan Statistics for Business Decisions dengan total 12 SKS. Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus dari Program Pra MBA memperoleh sertifikat Pra MBA yang berlaku selama 1 tahun sejak memulai Program Pra MBA. Dengan sertifikat tersebut, calon mahasiswa dapat melanjutkan ke Program MBA.
Program MBA (Kampus Yogyakarta)
Program Studi MM FEB UGM Kampus Yogyakarta memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa untuk bergabung dalam salahsatu dari 3 Program MBA yaitu Regular MBA, International MBA dan Senior Executive MBA.
- Program MBA (Regular MBA)
- Pengantar materi kuliah, diskusi dan tugas kasus dan ujian serta tesis menggunakan Bahasa Indonesia.
- Dapat mengikuti International Academic Exposure (IAE) dan Student Exchange Program (SEP) sesuai ketentuan yang berlaku.
- Kuliah diselenggarakan hari Senin sampai Jumat pukul 07.00 - 16.00 WIB.
- Calon mahasiswa wajib memiliki pengalaman organisasi/kerja/bisnis minimal 1 tahun, dengan skor Tes Bahasa Inggris minimal 475 dan skor Tes Potensi.
- Akademik minimal 500.
- Masa studi normal adalah 3 semester dengan masa studi maksimal 6 semester.
- Program IMBA (International MBA)
- Pengantar materi kuliah, diskusi dan tugas kasus dan ujian serta tesis menggunakan Bahasa Inggris.
- Diwajibkan mengikuti salah satu program yaitu International Academic Exposure (IAE), Student Exchange Program (SEP) dan Dual Degree Program (DDP).
- Kuliah diselenggarakan pada hari Senin sampai Jumat pukul 07.00 – 16.00 WIB.
- Calon mahasiswa wajib memiliki pengalaman organisasi/kerja/bisnis minimal 1 tahun, dengan skor Tes Bahasa Inggris minimal 525 dan skor Tes Potensi Akademik minimal 500.
- Masa studi normal adalah 3 semester untuk IAE, 4 semester untuk SEP, 5 semester untuk DDP dengan masa studi maksimal 6 semester.
- Program SEMBA (Senior Executive MBA)
- Pengantar materi kuliah, diskusi dan tugas kasus dan ujian serta tesis menggunakan Bahasa Indonesia.
- Dapat mengikuti International Academic Exposure (IAE) dan Student Exchange Program (SEP) sesuai ketentuan yang berlaku.
- Kuliah diselenggarakan setiap hari Sabtu pukul 07.00-21.00 WIB
- Calon mahasiswa wajib memiliki pengalaman organisasi/kerja/bisnis minimal 2 tahun, dengan skor Tes Bahasa Inggris minimal 475 dan skor Tes Potensi Akademik minimal 500.
- Masa studi normal adalah 4 semester dengan masa studi maksimal 6 semester.
Program MBA (Kampus Jakarta)
Program Studi MM FEB UGM Kampus Jakarta memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa untuk bergabung dalam salahsatu dari 4 Program MBA yaitu Regular MBA, Executive MBA, Senior Executive MBA, dan International Executive MBA.
- Program MBA (Regular MBA)
- Pengantar materi kuliah, diskusi dan tugas kasus dan ujian serta tesis menggunakan Bahasa Indonesia.
- Dapat mengikuti International Academic Exposure (IAE) dan Student Exchange Program (SEP) sesuai ketentuan yang berlaku.
- Kuliah diselenggarakan hari Senin sampai Jumat pukul 09.00 – 16.30 WIB.
- Calon mahasiswa wajib memiliki pengalaman organisasi/kerja/bisnis minimal 1 tahun, dengan skor Tes Bahasa Inggris minimal 475 dan skor Tes Potensi Akademik minimal 500.
- Masa studi normal adalah 3 semester dengan masa studi maksimal 6 semester.
- Program EMBA (Executive MBA)
- Pengantar materi kuliah, diskusi dan tugas kasus dan ujian serta tesis menggunakan Bahasa Indonesia.
- Dapat mengikuti International Academic Exposure (IAE) dan Student Exchange Program (SEP) sesuai ketentuan yang berlaku.
- Kuliah diselenggarakan setiap hari Senin-Jumat pukul 19.00-22.00 WIB
- Calon mahasiswa wajib memiliki pengalaman organisasi/kerja/bisnis minimal 2 tahun, dengan skor Tes Bahasa Inggris minimal 475 dan skor Tes Potensi Akademik minimal 500..
- Masa studi normal adalah 4 semester dengan masa studi maksimal 6 semester.
- Program SEMBA (Senior Executive MBA)
- Pengantar materi kuliah, diskusi dan tugas kasus dan ujian serta tesis menggunakan Bahasa Indonesia.
- Dapat mengikuti International Academic Exposure (IAE) dan Student Exchange Program (SEP) sesuai ketentuan yang berlaku.
- Kuliah diselenggarakan setiap hari Jumat pukul 19.00-22.00 WIB dan Sabtu pukul 08.00-18.00 WIB
- Calon mahasiswa wajib memiliki pengalaman organisasi/kerja/bisnis minimal 3 tahun, dengan skor Tes Bahasa Inggris minimal 475 dan skor Tes Potensi Akademik minimal 500..
- Masa studi normal adalah 4 semester dengan masa studi maksimal 6 semester.
- Program IEMBA (International Executive MBA)
- Pengantar materi kuliah, diskusi dan tugas kasus dan ujian serta tesis menggunakan Bahasa Inggris.
- Diwajibkan mengikuti salah satu program yaitu Ineternational Academic Exposure (IAE), Student Exchange Program (SEP) dan Dual Degree Program (DDP).
- Kuliah diselenggarakan hari Jumat pukul 19.00-22.00 WIB dan Sabtu pukul 08.00-18.00 WIB.
- Calon mahasiswa wajib memiliki pengalaman organisasi/kerja/bisnis minimal 1 tahun, dengan skor Tes Bahasa Inggris minimal 525 dan skor Tes Potensi Akademik minimal 500.
- Masa studi normal adalah 3 semester untuk IAE, 4 semester untuk SEP, 5 semester untuk DDP dengan masa studi maksimal 6 semester.
Biaya Pendidikan
Biaya Pendidikan menggunakan sistem UKT (Uang Kuliah Tunggal) per Semester.
Komponen Biaya Pendidikan (Kampus Yogyakarta), sebagai berikut:
Termin | Batas Waktu Pembayaran | Program Reguler MBA |
Program International MBA (IMBA) |
Program Senior Executive MBA (SEMBA) |
I | Saat daftar ulang | 19.000.000 | 23.000.000 | 21.000.000 |
II | Sebulan sebelum Semester 1 | 19.000.000 | 23.000.000 | 21.000.000 |
III | Sebulan sebelum Semester 2 | 19.000.000 | 23.000.000 | 21.000.000 |
IV | Sebulan sebelum Semester 3 | 19.000.000 | 23.000.000 | 21.000.000 |
V | Sebulan sebelum Semester 4 | - | - | 21.000.000 |
Total | 76.000.000* | 92.000.000* | 105.000.000* |
Komponen Biaya Pendidikan (Kampus Jakarta), sebagai berikut:
Termin | Semester | Program Reguler MBA |
Program Executive MBA |
Program Senior Executive MBA |
Program International Executive MBA (IAE) |
I | Matrikulasi | 29.000.000 | 31.000.000 | 33.000.000 | 35.000.000 |
II | Semester 1 | 29.000.000 | 31.000.000 | 33.000.000 | 35.000.000 |
III | Semester 2 | 29.000.000 | 31.000.000 | 33.000.000 | 35.000.000 |
IV | Semester 3 | 29.000.000 | 31.000.000 | 33.000.000 | 35.000.000 |
V | Semester 4 | - | 31.000.000 | 33.000.000 | 35.000.000 |
Total | 116.000.000* | 155.000.000* | 165.000.000* | 175.000.000* |
Keterangan:
* Estimasi biaya pendidikan selama masa studi normal
* Tidak termasuk biaya buku
** Perpanjangan studi
Biaya Pendidikan (Non-Refundable):
- Bagi calon Mahasiswa yang telah diterima menjadi Mahasiswa Pra MBA, jika mengundurkan diri maka biaya pendidikan yang dibayarkan tidak dapat dikembalikan
- Mulai semester 1 dan seterusnya, pengunduran diri yang dilakukan pada saat mahasiswa telah melakukan pembayaran pada setiap termin, maka biaya pendidikan yang dibayarkan pada termin tersebut tidak dapat dikembalikan.
Informasi selengkapnya dapat menghubungi:
Bagian Admisi Program Studi Magister Manajemen FEB UGM
- Kampus Yogyakarta:
Jl. Teknika Utara, Yogyakarta, Indonesia 55281.
Telepon: (0274) 556912, 515536, 562222, 589384, 511036
Faksimile: (0274) 564388
Hotline: 08112823806, 08112832962
Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. - Kampus Jakarta:
Jl. Dr. Saharjo No.83 Tebet, Jakarta Selatan
Telepon: (021) 83700333, 83700339, 83700340
Faksimile: (021) 83700372
Hotline: 081318449088
Website: http://mm.feb.ugm.ac.id
Jadwal seleksi penerimaan program pascasarjana (Program Magister): klik disini
Program Studi Magister Ekonomika Pembangunan (MEP)
Program Studi Magister Ekonomika Pembangunan FEB UGM menyelenggarakan empat macam kelas dengan karakteristik yang berbeda, yaitu:
- Kelas Reguler
Membuka 4 konsentrasi, yaitu:
- Perencanaan dan Pembangunan Daerah (PPD)
- Manajemen Keuangan dan Aset Daerah (MKAD)
- Manajemen Aset dan Penilaian Properti (MAPP)
- Manajemen Aset dan Penilaian Bisnis (MAPB)
- Kelas Paruh Waktu
Konsentrasi yang ditawarkan, adalah:
- Manajemen Aset dan Penilaian Properti (MAPP)
- Manajemen Aset dan Penilaian Bisnis (MAPB)
- Kelas Akselerasi
Konsentrasi yang ditawarkan, adalah: Perencanaan dan Pembangunan Daerah (PPD) - Kelas Internasional (Double Degree Program)
Pola perkuliahan pada program ini adalah ditahun pertama mengikuti perkuliahan reguler di Program Studi MEP FEB UGM, dan kemudian pada tahun kedua mengikuti perkuliahan di universitas mitra (luar negeri).
Persyaratan:
- Membayar Biaya pendaftaran sebesar Rp 500.000,- (lima ratus ribu rupiah).
- Mempunyai IPK S1 sebagai berikut.
- ≥ 2,50 dalam skala 4 atau ekuivalensinya, untuk calon mahasiswa lulusan program studi terakreditasi A
- ≥ 2,75 dalam skala 4 atau ekuivalensinya, untuk calon mahasiswa lulusan program studi terakreditasi B
- ≥ 3,00 dalam skala 4 atau ekuivalensinya, untuk calon mahasiswa lulusan program studi terakreditasi C
- Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan fotokopi sertifikat akreditasi yang dilegalisir
- Fotokopi ijazah dan transkrip S1 tingkat pendidikan sebelumnya yang sah dan legal, dilegalisir oleh institusi penerbit ijazah masing-masing sebanyak 2 lembar
- Proyeksi keinginan untuk mengikuti Pendidikan S2 di Program Pascasarjana UGM dapat diunduh di http://um.ugm.ac.id
- Penilaian Kelayaan Akademik (Surat Rekomendasi) dari 2 (dua) orang/pihak yang mengetahui kemampuan akademik calon (atasan/mantan pembimbing/dosen) dapat diunduh di http://um.ugm.ac.id
- Surat Keterangan sehat dari Dokter
Biaya Pendidikan
Komponen biaya pendidikan sebagai berikut:
Semester | Kelas Reguler | Kelas Paruh Waktu | Kelas Internasional |
Matrikulasi | 8.000.000 | 10.000.000 | UKT per semester 35.750.000 |
Semester I | 15.000.000 | 17.000.000 | |
Semester II | 15.000.000 | 17.000.000 | |
Semester III | 15.000.000 | 17.000.000 | |
Total | 53.000.000 | 61.000.000 |
Biaya Program Sertifikasi Penilai (lanjutan konsenterasi MAPP/MAPB) sebesar Rp27.500.000,-
Informasi selengkapnya dapat menghubungi:
Bagian Admisi Program Studi Magister Ekonomika Pembangunan FEB UGM
Jl. Teknika Utara, Barek, Yogyakarta, 55281.
Telepon: 0274 555917, 0274 555918
Fax: 0274 555922
Website: http://mep.feb.ugm.ac.id
Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Jadwal seleksi penerimaan program pascasarjana (Program Magister): klik disini
Program Studi Magister Sains (MSi)
Program Magister Sains Fakultas Ekonomika dan Bisnis Univeristas Gadjah Mada (MSi FEB UGM) memiliki tiga program studi, yaitu, Akuntansi, Ilmu Ekonomi, dan Manajemen. Kurikulum yang ditawarkan di ketiga program studi didesain untuk mengembangkan mahasiswa mampu menjadi scholars yang kompeten, etis, dan berpengetahuan dengan keahlian meneliti yang kuat. Program ini merupakan sekolah berbasis riset dan didukung oleh Research Resource Corner dan jaringan di sektor publik dan korporat.
Berdasarkan SK Rektor UGM Nomor 292/P/SK/HT/2008, lulusan Program Magister Sains FEB UGM berhak menyandang gelar:
- Program Studi Akuntansi, Master of Science in Accounting (M.Sc.)
- Program Studi Ilmu Ekonomi, Master of Science in Economics (M.Sc.)
- Program Studi Manajemen, Master of Science in Management (M.Sc.)
Syarat Pendaftaran
- Pendaftaran mahasiswa Program Magister Sains FEB UGM mengikuti ketentuan dan persyaratan pendaftaran mahasiswa baru Program Pascasajana UGM dan dilakukan secara online di web: http://um.ugm.ac.id. Biaya pendaftaran adalah sebesar Rp 500.000,- dibayarkan melalui Bank BNI cabang seluruh Indonesia.
- Yang dapat mendaftar di Program Magister Sains FEB UGM adalah lulusan Sarjana (S1) dengan ketentuan background bidang ilmu sebagai berikut:
Program Studi | Ijazah S1 | Keterangan |
Akuntansi | Harus lulusan Akuntansi (sebidang/linier) | |
Manajemen | Tidak harus lulusan Manajemen (dapat alih bidang program studi/tidak linier) | Bagi yang asal S1-nya alih bidang/tidak liner, maka wajib mengikuti Program Matrikulasi (selama 1 semester) |
Ilmu Ekonomi | Tidak harus lulusan Ilmu Ekonomi (dapat alih bidang program studi/ tidak linier) | Bagi yang asal S1-nya alih bidang/tidak linier, maka wajib mengikuti Program Matrikulasi selama 1 semester. |
*Linieritas-nya alih bidang atau bukan akan diputuskan oleh Pengelola berdasarkan review transkrip kuliah S-1
Biaya Pendidikan
Komponen biaya pendidikan adalah Rp 14.000.000 per semester dan mahasiswa yang mengikuti matrikulasi dikenai biaya pendidikan Rp 8.500.000 per semester. Bagi mahasiswa yang sudah dinyatakan lulus ujian tesis dapat mendaftar untuk mengikuti wisuda dengan biaya Rp 500.000.
Informasi selengkapnya dapat menghubungi:
Bagian Admisi Program Magister Sains FEB UGM
Jl. Nusantara Kampus UGM, Bulaksumur, Yogyakarta
Telepon: (0274) 580726, 524607-609
Faksimile: (0274) 524606
Hotline: 08175464545
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya., Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Website: http://msc.feb.ugm.ac.id
Jadwal seleksi penerimaan program pascasarjana (Program Magister): klik disini
- Detail
- Ditulis oleh FEB UGM
- Kategori: Calon Mahasiswa
- Dilihat: 279513
Universitas Gadjah Mada (UGM) membuka jalur seleksi untuk calon mahasiswa Program Sarjana (Reguler) dan Program Sarjana Internasional (IUP). Program Sarjana (Reguler), terdapat 4 (empat) jalur seleksi yaitu: SNBP, SNBT, Ujian Mandiri UGM - Jalur Prestasi, dan Ujian Mandiri - Computer Based Test (CBT). Program Sarjana Internasional (IUP) hanya ada satu jalur seleksi, yaitu: Intake IUP.
1. Persyaratan Umum
- Lulusan SMU/Sederajat dengan maksimal tahun kelulusan tiga tahun
- Bidang studi SLTA asal: SMA/MA (IPA/IPS/Bahasa/Agama) atau SMK/MAK (yang sebidang)
- Mengikuti salah satu seleksi penerimaan mahasiswa baru, sebagai berikut:
- SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi),
Informasi lebih lanjut mengenai SNBP dapat dilihat melalui https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/snbp/informasi-umum - SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes)
Informasi lebih lanjut mengenai SNBT dapat dilihat melalui https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/utbk-snbt/informasi-umum - Ujian Mandiri UGM - Jalur Prestasi
Informasi lebih lanjut mengenai Jalur Prestasi dapat dilihat melalui https://um.ugm.ac.id/ - Ujian Mandiri UGM - Computer Based Test (CBT)
Informasi lebih lanjut mengenai Computer Based Test (CBT) dapat dilihat melalui https://um.ugm.ac.id/ - Seleksi Program Sarjana Internasional (IUP)
Seleksi Program Sarjana Internasional (IUP) merupakan pola seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk siswa dan lulusan SMA/SMK/MA/MAK/A-Level/Pra-Universitas yang ingin menempuh pendidikan pada Program Internasional di UGM. Seleksi Program Sarjanan Internasional dilakukan terpisah dari seleksi nasional (SNBP/SNBT) dan Ujian Mandiri UGM.
Informasi lebih lanjut mengenai Intake IUP dapat dilihat melalui http://iup.feb.ugm.ac.id
- SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi),
2. Program Studi dan Daya Tampung
Daya tampung mahasiswa baru Program Sarjana (Reguler) dan Program Sarjana Internasional (IUP) Tahun Ajaran 2024/2025 (sumber: um.ugm.ac.id)
Program Studi | Daya Tampung | |
Program Sarjana (Reguler) | Program Sarjana Internasional (IUP) | |
Akuntansi | 150 | 55 |
Ilmu Ekonomi | 100 | 35 |
Manajemen | 150 | 60 |
3. Pendaftar dan Diterima
Jenjang Program Sarjana (Reguler) dan Program Sarjana Internasional (IUP) Tahun 2023 (sumber: simaster.ugm.ac.id/)
Program Studi | SNBP 2023 | SNBT 2023 | Ujian Mandiri 2023 | Seleksi IUP 2023 | |||||
Daftar | Diterima | Daftar | Diterima | Daftar | Diterima | Daftar | Diterima | ||
Akuntansi | n.a. | n.a. | n.a. | n.a. | n.a. | n.a. | 105 | 54 | |
Ilmu Ekonomi | n.a. | n.a. | n.a. | n.a. | n.a. | n.a. | 55 | 34 | |
Manajemen | n.a. | n.a. | n.a. | n.a. | n.a. | n.a. | 301 | 67 |
4. Biaya Kuliah
Universitas Gadjah Mada (UGM) menetapkan Uang Kuliah Tunggal (UKT) Pendidikan Unggul jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Ujian Mandiri UGM (UM-UGM) tahun akademik 2023/2024.
UKT di UGM terdiri atas dua macam, yaitu UKT Pendidikan Unggul UGM dan UKT Pendidikan Unggul Bersubsidi UGM dengan informasi rinci, sebagai berikut:
- UKT Pendidikan Unggul UGM ditetapkan secara berkeadilan untuk menciptakan pendidikan unggul yang dapat dijangkau oleh seluruh masyarakat Indonesia.
- UKT Pendidikan Unggul Bersubsidi UGM berupa subsidi sebesar 100%, 75%, 50%, atau 25% dari besaran nominal UKT Pendidikan Unggul.
UKT kelompok 1 dan 2 sebagaimana ditetapkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2020 tentang Standar Satuan Biaya Operasional Pendidikan Tinggi Pada Perguruan Tinggi Negeri di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, akan diberikan subsidi 100% (tidak dikenakan biaya).
Penetapan UKT Pendidikan Unggul UGM dan UKT Pendidikan Unggul Bersubsidi UGM didasarkan pada kemampuan ekonomi kedua orang tua atau penanggung jawab biaya pendidikan mahasiswa. Kemampuan ekonomi dievaluasi berdasarkan dokumen-dokumen yang diunggah oleh calon mahasiswa setelah dinyatakan diterima dan melakukan pendaftaran ulang.
Besaran UKT Pendidikan Unggul untuk setiap program studi (Akuntansi, Ilmu Ekonomi, dan Manajemen) tersedia pada tabel berikut ini.
Keterangan | Besaran UKT Pendidikan |
UKT Pendidikan Unggul | Rp 9.200.000 |
UKT Pendidikan Unggul Bersubsidi 25% | Rp 6.900.000 |
UKT Pendidikan Unggul Bersubsidi 50% | Rp 4.600.000 |
UKT Pendidikan Unggul Bersubsidi 75% | Rp 2.300.000 |
UKT Pendidikan Unggul Bersubsidi 100% | Rp 0 |
Bagi calon mahasiswa yang diterima melalui jalur UM-CBT UGM pada tahun akademik 2023/2024 dan ditetapkan UKT Pendidikan Unggul (memiliki kemampuan ekonomi baik) dikenakan Sumbangan Solidaritas Pendidikan Unggul (SSPU) di UGM sebesar Rp 20.000.000 (dua puluh juta Rupiah) untuk bidang Ilmu Sosial dan Humaniora. Informasi selengkapnya dapat dilihat pada tautan berikut https://ugm.ugm.ac.id.
Besaran UKT untuk jalur International (IUP) sebagai berikut:
- Warga Negara Indonesia Kelas IUP Rp 35.000.000,-
- Warga Negara Asing Kelas IUP Rp 40.500.000,-
Informasi mengenai biaya pendidikan dan kontribusi pengembangan institusi untuk kelas IUP dapat dilihat pada tautan berikut https://iup.feb.ugm.ac.id.
5. Beasiswa
Informasi detail KIP Kuliah di Kemendikbudristek dapat diakses melalui laman https://puslapdik.kemdikbud.go.id; sedangkan informasi detail KIP Kuliah di Kemenag dapat diakses melalui laman https://kip-kuliah.kemenag.go.id.
Catatan:
- UKT Program Sarjana TA 2020/2021, SK Rektor 895/UN1.P/KPT/HUKOR/2020, detil
- UKT Program Sarjana TA 2019/2020, SK Rektor 1547/UN1.P/KPT/HUKOR/2019, detil
- UKT Program Sarjana TA 2017/2018, SK Rektor 592/UN1.P/KPT/HUKOR/2017, detil
- Keringanan Pembayaran UKT karena COVID-19, SK Rektor 792/UN1.P/KPT/HUKOR/2020, detil
- Keringanan Pembayaran UKT Program Sarjana, SK Rektor 756/UN1.P/SK/HUKOR/2017, detil
- Keringanan Pembayaran UKT Program Sarjana Angk. 2013/2014, SK Rektor 908/UN1.P/SK/HUKOR/2016, detil
- Penundaan Pembayaran UKT Program Sarjana, SK Rektor 527/UN1.P/SK/HUKOR/2016, detil
- Penyesuaian Kelompok UKT Program Sarjana, SK Rektor 526/UN1.P/SK/HUKOR/2016, detil
- Ketentuan Biaya Pendidikan Pada Semester IX (Sembilan) dan Setelahnya Bagi Mahasiswa IUP, SK Dekan 3957/J01.1.12/KP/2016, detil