Mengelola perusahaan dengan ribuan karyawan tentunya bukan hal yang mudah. Apalagi mengelola lebih dari satu perusahaan yang bergerak di bidang yang berbeda. Managic Director PT. Sinar Mas, G. Sulistiyanto mengatakan keberhasilan dalam berbisnis bisa dicapai dengan menciptakan manfaat bersama atau creating shared value dengan stakeholder. Hal itu dilakukan dengan mengaplikasikan kebijakan dan praktek operasi yang meningkatkan daya saing perusahaan. Namun, secara bersamaan diperlukan pula upaya memajukan kondisi ekonomi dan sosial masyarakat di wilayah perusahaan beroperasi.

"Konsep ini saya dapat dari Prof. Michael Porter ketika studi di Harvard Business School tahun 2011. Dan ini diterapkan di enam pilar bisnis brand Sinar Mas dengan lebih dari 380 ribu karyawan," ungkapnya saat berbagai pengalaman mengelola PT. Sinar Mas di acara CEO Talk The Walk di Auditorium Djarum Foundation, FEB UGM, Jum'at (3/10).

Implementasi konsep tersebut, kata Sulistiyanto,dilakukan dengan turut melibatkan masyarakat dalam program perusahaan. Misalnya saja dengan mengadakan program coorporate social responsibility (CSR) yang dapat memberi nilai tambah bagi masyarakat sehingga kegiatan dapat berjalan secara berkelanjutan.

"Tidak akan berkelanjutan mengadakan CSR yang tidak memberi nilai tambah bagi stakeholder. Jadi jangan buat program sosial hanya untuk public relations," terangnya.

Sulistiyanto menuturkan creating shared value lebih menitikberatkan pada penciptaan manfaat bersama bagi masyarakat, lingkungan, dan perusahaan. Penciptaan nilai kebermanfaatan bersama pun dilakukan secara bersama-sama dengan stakeholder.

"Keuntungan sosial dan ekonomi yang didapatkan masyarakat merupakan sebuah bentuk penghematan bagi perusahaan yang ujungnya adalah profit," jelasnya.

Sumber: Ika/UGM