Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UGM kembali menggelar kuliah umum Senin (8/12) lalu di Auditorium Djarum Foundation, Pertamina Tower lantai 6. Kuliah umum ini diikuti oleh lebih dari 100 mahasiswa baik dari dalam maupun dari luar FEB UGM. Dikemas dalam tema "Indonesia’s Economy Outlook and It’s Implication to Indonesia", kuliah ini diberikan langsung oleh para ekonom senior dari International Monetary Fund (IMF). Ekonom senior IMF yang mengisi kuliah umum ini antara lain adalah Dr. David Cowen dan Seng Guang Toh . Kuliah umum ini dimoderatori oleh Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, Kerja Sama dan Alumni FEB UGM, Drs. Muhammad Edhie Purnawan, M.A., Ph.D.

Seng Guang Toh, selaku pembicara pertama dalam kuliah umum ini, menyajikan sebuah presentasi yang berjudul "Regional and Global Outlook and Prospect for Indonesia". Ia menjelaskan krisis global akibat kebijakan ketat The Fed dan pertumbuhan ekonomi Tiongkok yang menurun akan mempengaruhi perekonomian Indonesia dalam beberapa waktu ke depan. Usai presentasi dalam Seng Guang Toh berakhir, kuliah dilanjutkan oleh Dr. David selaku pembicara utama dalam kegiatan kuliah umum ini. Pada kesempatan tersebut, ia mempresentasikan mengenai "Development and Prospect in Indonesia". Beberapa perspektif ia bawa dalam penjelasannya mengenai prediksi perekonomian di masa mendatang. Ia menekankan perlunya multilateral surveillance dalam menghadapi krisis global. Hal tersebut harus dilakukan karena mempertimbangkan krisis global yang terjadi bukanlah melanda Indonesia saja melainkan banyak negara lainnya.

Usai sesi presentasi oleh para pembicara berakhir, sesi tanya jawab dilaksanakan. Dipimpin oleh moderator, sesi tanya jawab ini diperuntukkan para peserta kuliah umum, baik dosen maupun mahasiswa. Di dalam ruang Auditorium Djarum Foundation terlihat Dr. Anggito Abimanyu, M.Sc., Dr. Eko Suwardi, M.Sc., Dr. Mamduh Hanafi, Ph.D., dan Dr. Denni Puspa Purbasari turut hadir mengikuti kuliah umum dan juga mengajukan beberapa pertanyaan terkait presentasi yang diberikan oleh para pembicara. Setelah pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dijawab oleh para pembicara, kegiatan kuliah umum ini pun ditutup oleh moderator pada pukul 17.00 WIB.

Sumber: Nela/FEB