Rabu, (1/3) Tim Universitas Gadjah Mada yang terdiri dari Nur Hayatiningsih (Akuntansi 2014) dan Rayi Agasti (Akuntansi 2013) berhasil meraih Juara Pertama dalam kompetisi Call for Paper pada acara International Accounting Week (IAW 2017) yang diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

International Accounting Week (IAW) 2017 mengusung tema besar "Tax for Sustainable Development", sedangkan tema untuk Call for Paper menitikberatkan pada sektor-sektor yang ada di Akuntansi seperti Akuntansi Sektor Publik, Akuntansi Keuangan, Akuntansi Syariah, Audit serta Sistem Informasi Akuntansi. Kompetisi Call for Paper, yang terdiri dari dua babak-babak seleksi paper dan babak final, ini diperuntukkan untuk mahasiswa S1/Diploma di seluruh Indonesia. Babak pertama diikuti oleh 23 tim kemudian dipilih 7 tim yang berhak melanjutkan ke babak final yaitu presentasi paper pada Rabu, 1 Maret 2017 di Univeristas Muhammadiyah Yogyakarta. Tujuh tim tersebut terdiri dari Tim Universitas Negeri Semarang, Tim Universitas Sebelas Maret, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Bung Hatta Padang, Universitas Gadjah Mada dan dua tim dari Universitas Brawijaya.

Pada babak final, masing-masing tim mempresentasikan hasil papernya selama 15 menit dilanjutkan tanya jawab dari peserta lain dan dewan juri selama 5 menit. Tim UGM mempresentasikan paper dengan judul Penguatan Pengendalian Internal (COSO 2013) untuk Mengatasi Risiko Peer to Peer Lending (P2P Lending). Judul ini dipilih karena adanya pertumbuhan yang pesat pada bisnis P2P Lending yang telah mencapai 135 perusahaan di Indonesia. Selain itu, Otoritas Jasa Keuangan telah menerbitkan POJK No77 tahun 2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi pada 28 Desember 2016 lalu sehingga perlu adanya penguatan pengendalian internal untuk mengatasi risiko dalam bisnis tersebut.

Dalam kompetisi Call for Paper ini dipilih dua juara yaitu Juara 1 dan Juara 2. Juara 1 diraih oleh Tim Universitas Gadjah Mada dan Juara 2 diraih oleh tim Universitas Brawijaya.

Sumber: Nur/FEBUGM