• Tentang UGM
  • SIMASTER
  • SINTESIS
  • Informasi Publik
  • SDGs
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  •  Tentang Kami
    • Sekilas Pandang
    • Sejarah Pendirian
    • Misi dan Visi
    • Nilai-Nilai
    • Pimpinan Fakultas
    • Pimpinan Senat
    • Pimpinan Departemen
    • Pimpinan Program Studi
    • Pimpinan Unit
    • Dewan Penasihat Fakultas
    • Laporan Tahunan
    • Fasilitas Kampus
    • Identitas Visual
    • Ruang Berita
    • Dies Natalis ke-70
  • Program Akademik
    • Program Sarjana
    • Program Magister
    • Program Doktor
    • Program Profesi
    • Program Akademik Singkat
    • Program Profesional & Sertifikasi
    • Program Sarjana Internasional (IUP)
    • International Doctorate in Business (IDB)
    • Kalender Akademik
    • Ruang dan Kegiatan
  • Fakultas & Riset
    • Keanggotaan Fakultas
    • Akreditasi Fakultas
    • Jaringan Internasional
    • Dosen
    • Profesor Tamu dan Rekan Peneliti
    • Staf Profesional
    • Publikasi
    • Jurnal Yang Diterbitkan
    • Kertas Kerja
    • Bidang Kajian
    • Unit Pendukung
    • Kemitraan Konferensi Internasional
    • Call for Papers
    • Pengabdian Kepada Masyarakat
    • Perpustakaan
  • Pendaftaran
  • Home
  • Berita

Teknik Public Speaking Efektif untuk Presentasi Bisnis

  • Berita
  • 1 Agustus 2025, 15.56
  • Oleh : shofihawa
Ferry Anggara

Kemampuan public speaking yang baik merupakan kunci utama dalam dunia bisnis, terutama ketika ingin membangun kepercayaan serta memperluas jejaring kewirausahaan. Sayangnya, masih banyak pelaku usaha yang belum mengetahui cara menjadi pembicara yang efektif untuk meyakinkan investor maupun pelanggan mengenai bisnis mereka. 

Produser sekaligus Presenter di TVRI Yogyakarta, Ferry Anggara, membagikan tips mengenai teknik public speaking yang efektif. Ia mengungkapkan public speaking merupakan pembicaraan yang terstruktur dengan bahasa yang lebih formal. Oleh karena itu, ketekunan untuk terus belajar dan berlatih adalah kunci utama untuk menjadi pembicara yang baik. 

Dalam pelatihan Presentasi Bisnis dan Jejaring Usaha bagi pelaku UMKM yang diselenggarakan oleh Bidang Kajian Kewirausahaan, Inovasi, dan UMKM Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) berkolaborasi dengan Rumah BUMN pada Kamis (24/07) di FEB UGM, Ferry menyampaikan langkah awal dalam berlatih public speaking adalah menentukan tujuan pembicaraan, apakah pembicaraan ditujukan untuk menyampaikan informasi, menghibur, ataupun membujuk audiens. Setelah itu, penting untuk berlatih secara rutin dengan melakukan impromptu speaking atau berbicara secara spontan. 

Kendati begitu,  Ferry menegaskan bahwa public speaking yang efektif tidak hanya mengandalkan kelancaran berbicara. Intonasi bicara juga perlu diperhatikan agar pembicaraan tidak terkesan datar dan membosankan. Kemudian, penggunaan bahasa tubuh juga perlu diperhatikan.

“Tatap mata audiens, berdiri dengan postur yang baik, serta  gerakkan tangan atau anggota tubuh lain untuk membantu presentasi dapat membuat kalian tampak lebih percaya diri dan meyakinkan,” jelasnya. 

Pada saat membuka presentasi, lanjutnya, pastikan bisa menarik perhatian audiens. Langkah yang dapat dilakukan untuk menarik perhatian audiens dapat menggunakan alat bantu visual, pantun, lagu, ataupun menyampaikan fakta menarik yang relevan dengan topik yang akan dibahas.

Berikutnya, saat penyampaian di bagian isi atau inti, Ferry memperkenalkan empat teknik public speaking agar penyampaian lebih terstruktur dan logis. Salah satunya adalah teknik 5W+1H (Who, What, When, Where, Why, How) yang merupakan metode penyampaian informasi secara logis dan komprehensif. 

Teknik berikutnya adalah teknik masalah-solusi, yaitu dengan menguraikan permasalahan terlebih dahulu kemudian menawarkan solusi sebagai bentuk respon atau ajakan bertindak. Selanjutnya, terdapat teknik versus atau teknik yang memberikan perbandingan dua sisi (keuntungan-kerugian) dari suatu topik, sehingga memudahkan audiens dalam menilai dan membuat keputusan mengenai suatu hal. Terakhir, teknik kronologis atau teknik penyampaian berdasarkan urutan waktu, dimulai dari masa lalu, masa kini, hingga masa depan. Teknik ini sangat efektif digunakan untuk membangun alur cerita serta menggugah emosi atau keterlibatan audiens. 

Melalui pelatihan ini, peserta diharapkan tidak hanya memahami mengenai pentingnya membangun bisnis yang baik, tetapi juga menguasai cara mempresentasikan bisnis secara meyakinkan di hadapan investor dan calon pembeli, serta membangun jejaring dengan pelaku bisnis lainnya. Dengan begitu, diharapkan bisnis dapat lebih mudah memperoleh pendanaan dan menarik minat pasar yang lebih luas.

Reportase: Najwah Ariella Puteri
Editor: Kurnia Ekaptiningrum
Sustainable Development Goals
SDG 4 SDG 8 SDG 10 SDG 17

Views: 306
Tags: SDG 10: Berkurangnya Kesenjangan SDG 17: Kemitraan Untuk Mencapai Tujuan SDG 4: Pendidikan Berkualitas SDG 8: Pekerjaan Layak Dan Pertumbuhan Ekonomi SDGs

Related Posts

Intan Ayu Kartika

Membedah Strategi Baru TMII Dorong Pariwisata yang Berdampak Sosial

Berita Selasa, 5 Agustus 2025

Sektor pariwisata memegang peran strategis dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, serta pelestarian budaya, perlindungan lingkungan, dan penguatan inklusivitas sosial.

Haris Sri Wibowo

FEB UGM Bekali Staf Profesional dengan Keterampilan SQL dan Manajemen Database

Berita Selasa, 5 Agustus 2025

Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) terus berkomitmen dalam meningkatkan kompetensi staf profesional melalui berbagai program pelatihan. Salah satu upaya tersebut diwujudkan melalui penyelenggaraan Pelatihan Structured Query Language (SQL) pada Jumat (18/7) di Ruang P.7.2, Lantai 7, Pertamina Tower, FEB UGM.

Dimas Herdy Utomo

Startegi UMKM Naik Kelas Lewat Integrasi Omnichannel 

Berita Senin, 4 Agustus 2025

Di era digital yang serba cepat, konsumen semakin menuntut kecepatan dan aksesibilitas dalam berbelanja. Hal ini pun mendorong para pelaku usaha untuk dapat beradaptasi, yaitu dengan menggunakan berbagai saluran penjualan agar dapat menjangkau konsumen secara lebih luas. 

Dimas Herdy Utomo, S.I.Kom., M.I.Kom., founder dari Serabut Nusa dan Circularva, menyampaikan bahwa tingginya penetrasi internet di Indonesia yang mencapai 74,6% dari total populasi merupakan peluang besar bagi pelaku UMKM untuk memasarkan produk mereka secara online.

Tim UGM Boys

Mahasiswa FEB UGM Juara 1 COMIC Trisakti School of Management 2025

Berita Senin, 4 Agustus 2025

Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) kembali menorehkan prestasi di kancah nasional. Tim UGM Boys yang beranggotakan Immanuel Andrew Tambunan (Akuntansi 2024), Faaza Fadhlurrahman (Akuntansi 2023), dan Deni Kurniawan Saputra (Manajemen dan Penilaian Properti SV 2023) berhasil meraih Juara 1 Stock Case Competition dalam ajang Capital Market Competition (COMIC) 2025 yang diselenggarakan oleh Trisakti School of Management pada 26 Juli 2025.

Kompetisi riset pasar modal ini diikuti oleh 67 tim dari berbagai perguruan tinggi terkemuka di Indonesia, seperti Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Padjadjaran (UNPAD), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), IPB University, BINUS University, Universitas Negeri Semarang (UNNES), Universitas Kristen Petra, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ), Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), dan lainnya. 

Tim berhasil lolos ke babak final setelah melalui proses seleksi awal berupa penyusunan laporan equity research terhadap emiten PT Indosat Tbk (ISAT).

Berita Terkini

  • Membedah Strategi Baru TMII Dorong Pariwisata yang Berdampak Sosial
    5 Agustus, 2025
  • FEB UGM Bekali Staf Profesional dengan Keterampilan SQL dan Manajemen Database
    5 Agustus, 2025
  • Startegi UMKM Naik Kelas Lewat Integrasi Omnichannel 
    4 Agustus, 2025
  • Mahasiswa FEB UGM Juara 1 COMIC Trisakti School of Management 2025
    4 Agustus, 2025
  • Teknik Public Speaking Efektif untuk Presentasi Bisnis
    1 Agustus, 2025

Artikel Terkait

  • Membedah Strategi Baru TMII Dorong Pariwisata yang Berdampak Sosial
    5 Agustus, 2025
  • FEB UGM Bekali Staf Profesional dengan Keterampilan SQL dan Manajemen Database
    5 Agustus, 2025
  • Startegi UMKM Naik Kelas Lewat Integrasi Omnichannel 
    4 Agustus, 2025
  • Mahasiswa FEB UGM Juara 1 COMIC Trisakti School of Management 2025
    4 Agustus, 2025
  • Veronica Colondam Bagikan Strategi Membangun Bisnis Sosial di FEB UGM
    31 Juli, 2025
Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Jln. Sosio Humaniora No.1, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281

Peta & Arah
Informasi Kontak Selengkapnya

Departemen

  • Akuntansi
  • Ilmu Ekonomi
  • Manajemen

Direktori Fakultas

  • Informasi Publik
  • Manajemen Ruang
  • Manajemen Aset
  • Manajemen Makam

Alumni

  • Komunitas Alumni
  • Layanan Alumni
  • Pelacakan Studi
  • Pekerjaan & Magang
  • Beasiswa

Social Media

© 2025 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

Kebijakan PrivasiPeta Situs

💬 Butuh bantuan?
1
FEB UGM Official WhatsApp
Halo 👋
Bisakah kami membantu Anda?
Buka percakapan