• Tentang UGM
  • SIMASTER
  • SINTESIS
  • Informasi Publik
  • SDGs
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  •  Tentang Kami
    • Sekilas Pandang
    • Sejarah Pendirian
    • Misi dan Visi
    • Nilai-Nilai
    • Pimpinan Fakultas
    • Pimpinan Senat
    • Pimpinan Departemen
    • Pimpinan Program Studi
    • Pimpinan Unit
    • Dewan Penasihat Fakultas
    • Laporan Tahunan
    • Fasilitas Kampus
    • Identitas Visual
    • Ruang Berita
    • Dies Natalis ke-70
  • Program Akademik
    • Program Sarjana
    • Program Magister
    • Program Doktor
    • Program Profesi
    • Program Akademik Singkat
    • Program Profesional & Sertifikasi
    • Program Sarjana Internasional (IUP)
    • International Doctorate in Business (IDB)
    • Kalender Akademik
    • Ruang dan Kegiatan
  • Fakultas & Riset
    • Keanggotaan Fakultas
    • Akreditasi Fakultas
    • Jaringan Internasional
    • Dosen
    • Profesor Tamu dan Rekan Peneliti
    • Staf Profesional
    • Publikasi
    • Jurnal Yang Diterbitkan
    • Kertas Kerja
    • Bidang Kajian
    • Unit Pendukung
    • Kemitraan Konferensi Internasional
    • Call for Papers
    • Pengabdian Kepada Masyarakat
    • Perpustakaan
  • Pendaftaran
  • Home
  • Berita

Teknik Public Speaking Efektif untuk Presentasi Bisnis

  • Berita
  • 1 Agustus 2025, 15.56
  • Oleh : shofihawa
Ferry Anggara

Kemampuan public speaking yang baik merupakan kunci utama dalam dunia bisnis, terutama ketika ingin membangun kepercayaan serta memperluas jejaring kewirausahaan. Sayangnya, masih banyak pelaku usaha yang belum mengetahui cara menjadi pembicara yang efektif untuk meyakinkan investor maupun pelanggan mengenai bisnis mereka. 

Produser sekaligus Presenter di TVRI Yogyakarta, Ferry Anggara, membagikan tips mengenai teknik public speaking yang efektif. Ia mengungkapkan public speaking merupakan pembicaraan yang terstruktur dengan bahasa yang lebih formal. Oleh karena itu, ketekunan untuk terus belajar dan berlatih adalah kunci utama untuk menjadi pembicara yang baik. 

Dalam pelatihan Presentasi Bisnis dan Jejaring Usaha bagi pelaku UMKM yang diselenggarakan oleh Bidang Kajian Kewirausahaan, Inovasi, dan UMKM Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) berkolaborasi dengan Rumah BUMN pada Kamis (24/07) di FEB UGM, Ferry menyampaikan langkah awal dalam berlatih public speaking adalah menentukan tujuan pembicaraan, apakah pembicaraan ditujukan untuk menyampaikan informasi, menghibur, ataupun membujuk audiens. Setelah itu, penting untuk berlatih secara rutin dengan melakukan impromptu speaking atau berbicara secara spontan. 

Kendati begitu,  Ferry menegaskan bahwa public speaking yang efektif tidak hanya mengandalkan kelancaran berbicara. Intonasi bicara juga perlu diperhatikan agar pembicaraan tidak terkesan datar dan membosankan. Kemudian, penggunaan bahasa tubuh juga perlu diperhatikan.

“Tatap mata audiens, berdiri dengan postur yang baik, serta  gerakkan tangan atau anggota tubuh lain untuk membantu presentasi dapat membuat kalian tampak lebih percaya diri dan meyakinkan,” jelasnya. 

Pada saat membuka presentasi, lanjutnya, pastikan bisa menarik perhatian audiens. Langkah yang dapat dilakukan untuk menarik perhatian audiens dapat menggunakan alat bantu visual, pantun, lagu, ataupun menyampaikan fakta menarik yang relevan dengan topik yang akan dibahas.

Berikutnya, saat penyampaian di bagian isi atau inti, Ferry memperkenalkan empat teknik public speaking agar penyampaian lebih terstruktur dan logis. Salah satunya adalah teknik 5W+1H (Who, What, When, Where, Why, How) yang merupakan metode penyampaian informasi secara logis dan komprehensif. 

Teknik berikutnya adalah teknik masalah-solusi, yaitu dengan menguraikan permasalahan terlebih dahulu kemudian menawarkan solusi sebagai bentuk respon atau ajakan bertindak. Selanjutnya, terdapat teknik versus atau teknik yang memberikan perbandingan dua sisi (keuntungan-kerugian) dari suatu topik, sehingga memudahkan audiens dalam menilai dan membuat keputusan mengenai suatu hal. Terakhir, teknik kronologis atau teknik penyampaian berdasarkan urutan waktu, dimulai dari masa lalu, masa kini, hingga masa depan. Teknik ini sangat efektif digunakan untuk membangun alur cerita serta menggugah emosi atau keterlibatan audiens. 

Melalui pelatihan ini, peserta diharapkan tidak hanya memahami mengenai pentingnya membangun bisnis yang baik, tetapi juga menguasai cara mempresentasikan bisnis secara meyakinkan di hadapan investor dan calon pembeli, serta membangun jejaring dengan pelaku bisnis lainnya. Dengan begitu, diharapkan bisnis dapat lebih mudah memperoleh pendanaan dan menarik minat pasar yang lebih luas.

Reportase: Najwah Ariella Puteri
Editor: Kurnia Ekaptiningrum
Sustainable Development Goals
SDG 4 SDG 8 SDG 10 SDG 17

Views: 502
Tags: SDG 10: Berkurangnya Kesenjangan SDG 17: Kemitraan Untuk Mencapai Tujuan SDG 4: Pendidikan Berkualitas SDG 8: Pekerjaan Layak Dan Pertumbuhan Ekonomi SDGs

Related Posts

Sahid Susilo Nugroho

Strategi Optimalkan Konten Pemasaran dengan AI

Berita Selasa, 26 Agustus 2025

Di tengah pesatnya perkembangan teknologi digital, kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) telah menjadi bagian penting dalam strategi pemasaran modern. Dr. Sahid Susilo Nugroho, M.Sc., dosen FEB UGM sekaligus pakar pemasaran digital menyebutkan bahwa AI berperan dalam proses kreatif dan mempercepat proses produksi konten promosi tanpa mengurangi relevansi emosional dan estetika visualnya.

Sahid memaparkan saat ini terdapat beragam tools berbasis AI digunakan dalam industri kreatif.

Yanthi R I Hutagaol Martowidjojo

Peran AI Sebagai Akselerator Produktivitas dan Ekonomi Indonesia

Berita Selasa, 26 Agustus 2025

Di era Industri 5.0 ini, penggunaan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) sudah sangat masif.

Tim Gamagreenvest

Tim Gamagreenvest SEF FEB UGM Borong Prestasi Membanggakan di TEMILREG DIY dan TEMILNAS 2025

Berita Senin, 25 Agustus 2025

Tim Gamagreenvest dari Departemen Riset dan Pengembangan (Risbang) Shariah Economics Forum (SEF) FEB UGM berhasil meraih prestasi membanggakan dengan meraih Juara 2 di Temu Ilmiah Regional (TEMILREG) DIY 2025 dan Juara Harapan 1 di Temu Ilmiah Nasional (TEMILNAS) XXIV 2025 yang diselenggarakan pada bulan Juni–Juli 2025.

Sigit Bayu Cahyanto

Tips Jitu Hadapi Persaingan Kerja di Era Disrupsi Teknologi 

Berita Jumat, 22 Agustus 2025

Di era BANI (brittle, anxious, non-linear, incomprehensible), dunia dipenuhi oleh ketidakpastian dan perubahan disruptif yang kerap menimbulkan kecemasan.

Berita Terkini

  • Strategi Optimalkan Konten Pemasaran dengan AI
    26 Agustus, 2025
  • Peran AI Sebagai Akselerator Produktivitas dan Ekonomi Indonesia
    26 Agustus, 2025
  • Tim Gamagreenvest SEF FEB UGM Borong Prestasi Membanggakan di TEMILREG DIY dan TEMILNAS 2025
    25 Agustus, 2025
  • Tips Jitu Hadapi Persaingan Kerja di Era Disrupsi Teknologi 
    22 Agustus, 2025
  • Mengenal Organisasi dan Komunitas Mahasiswa FEB UGM Lewat Student Week 2025
    22 Agustus, 2025

Artikel Terkait

  • Strategi Optimalkan Konten Pemasaran dengan AI
    26 Agustus, 2025
  • Peran AI Sebagai Akselerator Produktivitas dan Ekonomi Indonesia
    26 Agustus, 2025
  • Tim Gamagreenvest SEF FEB UGM Borong Prestasi Membanggakan di TEMILREG DIY dan TEMILNAS 2025
    25 Agustus, 2025
  • Tips Jitu Hadapi Persaingan Kerja di Era Disrupsi Teknologi 
    22 Agustus, 2025
  • Mengenal Organisasi dan Komunitas Mahasiswa FEB UGM Lewat Student Week 2025
    22 Agustus, 2025
Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Jln. Sosio Humaniora No.1, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281

Peta & Arah
Informasi Kontak Selengkapnya

Direktori Fakultas

  • Informasi Publik
  • Manajemen Ruang
  • Manajemen Aset
  • Manajemen Makam

Mahasiswa

  • Komunitas Mahasiswa
  • Layanan Mahasiswa
  • Asrama Mahasiswa
  • Pengembangan Karir
  • Paparan Internasional
  • Beasiswa
  • Magang

Alumni

  • Komunitas Alumni
  • Layanan Alumni
  • Pelacakan Studi
  • Pekerjaan & Magang
  • Beasiswa

Social Media

© 2025 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

Kebijakan PrivasiPeta Situs

💬 Butuh bantuan?
1
FEB UGM Official WhatsApp
Halo 👋
Bisakah kami membantu Anda?
Buka percakapan
[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju