• Tentang UGM
  • SIMASTER
  • SINTESIS
  • Informasi Publik
  • SDGs
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  •  Tentang Kami
    • Sekilas Pandang
    • Sejarah Pendirian
    • Misi dan Visi
    • Nilai-Nilai
    • Pimpinan Fakultas
    • Pimpinan Senat
    • Pimpinan Departemen
    • Pimpinan Program Studi
    • Pimpinan Unit
    • Dewan Penasihat Fakultas
    • Laporan Tahunan
    • Fasilitas Kampus
    • Identitas Visual
    • Ruang Berita
    • Dies Natalis ke-70
  • Program Akademik
    • Program Sarjana
    • Program Magister
    • Program Doktor
    • Program Profesi
    • Program Akademik Singkat
    • Program Profesional & Sertifikasi
    • Program Sarjana Internasional (IUP)
    • International Doctorate in Business (IDB)
    • Kalender Akademik
    • Ruang dan Kegiatan
  • Fakultas & Riset
    • Keanggotaan Fakultas
    • Akreditasi Fakultas
    • Jaringan Internasional
    • Dosen
    • Profesor Tamu dan Rekan Peneliti
    • Staf Profesional
    • Publikasi
    • Jurnal Yang Diterbitkan
    • Kertas Kerja
    • Bidang Kajian
    • Unit Pendukung
    • Kemitraan Konferensi Internasional
    • Call for Papers
    • Pengabdian Kepada Masyarakat
    • Perpustakaan
  • Pendaftaran
  • Home
  • Berita

Startegi UMKM Naik Kelas Lewat Integrasi Omnichannel 

  • Berita
  • 4 Agustus 2025, 15.08
  • Oleh : shofihawa
Dimas Herdy Utomo

Di era digital yang serba cepat, konsumen semakin menuntut kecepatan dan aksesibilitas dalam berbelanja. Hal ini pun mendorong para pelaku usaha untuk dapat beradaptasi, yaitu dengan menggunakan berbagai saluran penjualan agar dapat menjangkau konsumen secara lebih luas. 

Dimas Herdy Utomo, S.I.Kom., M.I.Kom., founder dari Serabut Nusa dan Circularva, menyampaikan bahwa tingginya penetrasi internet di Indonesia yang mencapai 74,6% dari total populasi merupakan peluang besar bagi pelaku UMKM untuk memasarkan produk mereka secara online. Meskipun begitu, berdasarkan data yang ada, ternyata hanya sekitar 7% pelanggan yang melakukan pembelian melalui saluran online. Sebaliknya, 20% masih berbelanja di toko fisik, sementara mayoritas sebesar 73% menggunakan kombinasi berbagai kanal dalam proses belanja mereka. Hal ini pun semakin mempertegas pentingnya menerapkan model bisnis yang terintegrasi di berbagai platform, atau yang lebih dikenal dengan nama omnichannel. 

Omnichannel merupakan pendekatan pemasaran dan penjualan yang menggabungkan berbagai saluran, baik online maupun offline, untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang mulus dan konsisten di setiap titik-titik interaksi (touchpoints). Menurut Dimas, walaupun produk tetap menjadi hal utama yang perlu diperhatikan dalam berbisnis, dengan semakin meningkatnya permintaan akan kecepatan dan aksesibilitas menempatkan faktor distribusi sebagai elemen yang tak kalah penting. 

“Jika dianalogikan, produk adalah raja, tetapi distribusi adalah tuhan yang membuatnya dikenal dunia,” ujar Dimas dalam pelatihan bertajuk “Penggunaan Strategi Omnichannel untuk Produk UMKM” yang diselenggarakan oleh Bidang Kajian Kewirausahaan, Inovasi, dan UMKM FEB UGM berkolaborasi dengan Rumah BUMN  di FEB UGM pada Selasa (22/07).

Dimas menekankan penting untuk menggunakan pendekatan online-to-offline (O2O), yaitu pendekatan bisnis yang menggabungkan kekuatan saluran luring seperti toko fisik, ritel, atau pusat perbelanjaan, dengan saluran daring seperti situs web, aplikasi, dan platform e-commerce. Strategi ini memungkinkan pelanggan untuk dapat berinteraksi dengan bisnis melalui berbagai touchpoints, sehingga menciptakan pengalaman belanja yang menyeluruh dan konsisten

Menurutnya, touchpoints atau titik interaksi merupakan elemen penting dalam perjalanan konsumen, yaitu dimulai dari tahap kesadaran (awareness), pertimbangan (consideration), pembelian (purchase), hingga retensi dan advokasi (retention dan advocacy). Setiap tahapan memiliki jenis touchpoint yang berbeda, dan pengalaman pelanggan di setiap titiknya sangat menentukan keputusan mereka untuk melanjutkan ke tahap berikutnya atau tidak. Oleh karena itu, konsistensi dan integrasi di setiap touchpoint merupakan kunci untuk dapat menarik pelanggan baru sekaligus membangun loyalitas dengan pelanggan lama. 

Dimas mencontohkan, pada sebuah UMKM kuliner, pelanggan pertama kali mengenal rumah makan tersebut melalui unggahan foto menu di Instagram, yang menjadi touchpoint awal (awareness). Setelah melihat fotonya dan tertarik, pelanggan pun memutuskan untuk mengunjungi situs web rumah makan untuk melihat menu lengkap, yang menjadi touchpoint kedua (interest). Setelah itu, pelanggan memutuskan untuk membaca ulasan Google Maps sebagai bahan evaluasi sebelum membeli, yang menjadi touchpoint ketiga (consideration). Setelah yakin, pelanggan memutuskan untuk membeli makanan melalui aplikasi WhatsApp, yang menjadi touchpoint keempat (purchase). Pasca pembelian, rumah makan mengirim ucapan terima kasih dan diskon untuk kunjungan berikutnya sebagai upaya mempertahankan loyalitas pelanggan (retention). Pada tahap akhir, pelanggan yang merasa puas atas pengalaman mereka pun merekomendasikan rumah makan tersebut kepada orang lain (advocacy). 

Terakhir, Dimas menegaskan bahwa setiap touchpoint merupakan bagian penting dalam siklus komunikasi antara bisnis dan pelanggan. Dengan menerapkan strategi omnichannel ini, pelaku usaha dapat menciptakan pengalaman pelanggan yang tidak hanya konsisten, tetapi juga personal dan bermakna. Selain itu, data pelanggan yang terkumpul dari setiap titik interaksi juga dapat dimanfaatkan untuk memahami perilaku konsumen secara lebih mendalam, sehingga memungkinkan bisnis memberikan layanan yang lebih terpersonalisasi dan memuaskan. Dengan pendekatan ini, UMKM dapat memperluas jangkauan pasar dan mengembangkan bisnis dengan lebih mudah. 

Reportase: Najwah Ariella Puteri
Editor: Kurnia Ekaptiningrum
Sustainable Development Goals
SDG 4 SDG 8

Views: 44
Tags: SDG 4: Pendidikan Berkualitas SDG 8: Pekerjaan Layak Dan Pertumbuhan Ekonomi SDGs

Related Posts

Tim UGM Boys

Mahasiswa FEB UGM Juara 1 COMIC Trisakti School of Management 2025

Berita Senin, 4 Agustus 2025

Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) kembali menorehkan prestasi di kancah nasional. Tim UGM Boys yang beranggotakan Immanuel Andrew Tambunan (Akuntansi 2024), Faaza Fadhlurrahman (Akuntansi 2023), dan Deni Kurniawan Saputra (Manajemen dan Penilaian Properti SV 2023) berhasil meraih Juara 1 Stock Case Competition dalam ajang Capital Market Competition (COMIC) 2025 yang diselenggarakan oleh Trisakti School of Management pada 26 Juli 2025.

Kompetisi riset pasar modal ini diikuti oleh 67 tim dari berbagai perguruan tinggi terkemuka di Indonesia, seperti Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Padjadjaran (UNPAD), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), IPB University, BINUS University, Universitas Negeri Semarang (UNNES), Universitas Kristen Petra, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ), Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), dan lainnya. 

Tim berhasil lolos ke babak final setelah melalui proses seleksi awal berupa penyusunan laporan equity research terhadap emiten PT Indosat Tbk (ISAT).

Ferry Anggara

Teknik Public Speaking Efektif untuk Presentasi Bisnis

Berita Jumat, 1 Agustus 2025

Kemampuan public speaking yang baik merupakan kunci utama dalam dunia bisnis, terutama ketika ingin membangun kepercayaan serta memperluas jejaring kewirausahaan.

Veronica Colondam

Veronica Colondam Bagikan Strategi Membangun Bisnis Sosial di FEB UGM

Berita Kamis, 31 Juli 2025

Menjalankan bisnis sosial bukanlah perkara mudah. Dibutuhkan ketekunan, intuisi sosial, dan strategi keberlanjutan yang matang agar solusi yang dihadirkan benar-benar membawa dampak nyata bagi masyarakat.

Reuni Kafegama 75

KAFEGAMA 75 Kembali ke Kampus Kenang Masa Kuliah 

Berita Kamis, 31 Juli 2025

Lima puluh tahun lalu, mereka duduk di bangku kuliah dengan mimpi besar dan semangat muda di dada. Kini, mereka kembali ke kampus sebagai saksi bahwa pendidikan dan persahabatan yang terjalin di FEB UGM telah membawa mereka ke berbagai jalan pengabdian.

Berita Terkini

  • Startegi UMKM Naik Kelas Lewat Integrasi Omnichannel 
    4 Agustus, 2025
  • Mahasiswa FEB UGM Juara 1 COMIC Trisakti School of Management 2025
    4 Agustus, 2025
  • Teknik Public Speaking Efektif untuk Presentasi Bisnis
    1 Agustus, 2025
  • Veronica Colondam Bagikan Strategi Membangun Bisnis Sosial di FEB UGM
    31 Juli, 2025
  • KAFEGAMA 75 Kembali ke Kampus Kenang Masa Kuliah 
    31 Juli, 2025

Artikel Terkait

  • Mahasiswa FEB UGM Juara 1 COMIC Trisakti School of Management 2025
    4 Agustus, 2025
  • Teknik Public Speaking Efektif untuk Presentasi Bisnis
    1 Agustus, 2025
  • Veronica Colondam Bagikan Strategi Membangun Bisnis Sosial di FEB UGM
    31 Juli, 2025
  • KAFEGAMA 75 Kembali ke Kampus Kenang Masa Kuliah 
    31 Juli, 2025
  • Mahasiswa FEB UGM Juara 1 Kompetisi Artikel Nasional LITERNUSIA 2025
    30 Juli, 2025
Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Jln. Sosio Humaniora No.1, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281

Peta & Arah
Informasi Kontak Selengkapnya

Departemen

  • Akuntansi
  • Ilmu Ekonomi
  • Manajemen

Direktori Fakultas

  • Informasi Publik
  • Manajemen Ruang
  • Manajemen Aset
  • Manajemen Makam

Alumni

  • Komunitas Alumni
  • Layanan Alumni
  • Pelacakan Studi
  • Pekerjaan & Magang
  • Beasiswa

Social Media

© 2025 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

Kebijakan PrivasiPeta Situs

💬 Butuh bantuan?
1
FEB UGM Official WhatsApp
Halo 👋
Bisakah kami membantu Anda?
Buka percakapan