• Tentang UGM
  • SIMASTER
  • SINTESIS
  • Informasi Publik
  • SDGs
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  •  Tentang Kami
    • Sekilas Pandang
    • Sejarah Pendirian
    • Misi dan Visi
    • Nilai-Nilai
    • Pimpinan Fakultas
    • Pimpinan Senat
    • Pimpinan Departemen
    • Pimpinan Program Studi
    • Pimpinan Unit
    • Dewan Penasihat Fakultas
    • Laporan Tahunan
    • Fasilitas Kampus
    • Identitas Visual
    • Ruang Berita
    • Dies Natalis ke-70
  • Program Akademik
    • Program Sarjana
    • Program Magister
    • Program Doktor
    • Program Profesi
    • Program Akademik Singkat
    • Program Profesional & Sertifikasi
    • Program Sarjana Internasional (IUP)
    • International Doctorate in Business (IDB)
    • Kalender Akademik
    • Ruang dan Kegiatan
  • Fakultas & Riset
    • Keanggotaan Fakultas
    • Akreditasi Fakultas
    • Jaringan Internasional
    • Dosen
    • Profesor Tamu dan Rekan Peneliti
    • Staf Profesional
    • Publikasi
    • Jurnal Yang Diterbitkan
    • Makalah Kerja
    • Bidang Kajian
    • Unit Pendukung
    • Kemitraan Konferensi Internasional
    • Call for Papers
    • Pengabdian Kepada Masyarakat
    • Perpustakaan
  • Pendaftaran
  • Home
  • Berita

Milky Moo, Usaha Mahasiswa FEB UGM dengan Sentuhan Sehat dan Ramah Lingkungan

  • Berita
  • 12 November 2025, 13.35
  • Oleh : kurnia.ekaptiningrum
MILKYMOO

Di tengah meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap gaya hidup sehat, sekelompok mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) menghadirkan inovasi kuliner yang memadukan cita rasa, nilai gizi, dan kepedulian lingkungan. Melalui usaha rintisan bertajuk Milky Moo, mereka menawarkan produk minuman dan makanan berbahan dasar susu murni segar yang dikemas secara kreatif dan ramah lingkungan.

Milky Moo didirikan oleh lima mahasiswa Porgram Studi Manajemen yaitu  Amanda Divanty, Rashid Abinaya Rahman, Maria Erika Widierasti, Farah Erfa Nafisyah, dan Yusuf Juve Rifai. Produk ini hadir sebagai jawaban atas kebutuhan mahasiswa akan pilihan minuman sehat dan bergizi di lingkungan kampus.


Hadirkan Produk Sehat
CEO Milky Moo, Amanda mengungkapkan alasan ia dan tim mengembangkan bisnis kuliner berbahan susu berawal dari  keprihatinan akan masih rendahnya tingkat konsumsi susu di Indonesia dibandingkan negara-negara Asia Tenggara. Data BPS tahun 2020 mencatat tingkat konsumsi susu nasional hanya mencapai 16,27 kg per kapita, jauh di bawah Malaysia (36,2 kg), Myanmar (26,7 kg), dan Thailand (22,2 kg).

“Hal ini menunjukkan adanya kesenjangan dalam pemenuhan kebutuhan gizi masyarakat, khususnya pada kelompok usia produktif seperti mahasiswa. Salah satu faktor penyebab rendahnya konsumsi susu adalah keterbatasan akses terhadap produk susu berkualitas dengan harga terjangkau,” jelasnya.

Sementara di lingkungan kampus, termasuk di UGM, pilihan minuman sehat di kantin masih minim dan didominasi oleh minuman tinggi gula. Berdasarkan survei internal yang dilakukan tim Milky Moo terhadap 100 mahasiswa UGM, sebanyak 78% responden menginginkan alternatif minuman sehat dan bergizi di kantin kampus. Menjawab kebutuhan tersebut, Milky Moo hadir menawarkan minuman berbasis susu segar dari peternak lokal Yogyakarta yang bergizi, terjangkau, dan dikemas ramah lingkungan, dengan beragam varian rasa sesuai selera generasi muda.

Beroperasi di Kantin Biru FEB UGM, Milky Moo menawarkan beragam produk berbahan dasar susu murni dengan varian rasa yang menarik seperti susu cokelat, strawberry, oreo, matcha, yogurt, dan yakult. Selain minuman, mereka juga menghadirkan egg waffle renyah serta soft serve ice cream yang lembut dengan aneka pilihan rasa seperti vanilla, strawberry, dan chocolate yang disajikan dalam cone waffle menjadikannya pilihan ideal untuk dinikmati saat bersantai atau mengerjakan tugas di kampus.

Setiap produk diolah dengan bahan segar dan disajikan secara live preparation, menghadirkan pengalaman interaktif bagi pelanggan. Dengan harga terjangkau, Milky Moo ingin menjangkau lebih banyak mahasiswa tanpa mengorbankan kualitas bahan baku maupun cita rasa.

Dalam merintis bisnis ini, tim Milky Moo mendapat bimbingan langsung dari para praktisi industri susu segar, antara lain Satrio Sakti Utomo, pendiri Tom’s Milk, dan Lukman Irvan, pemilik Susu Asik Jogja. Melalui diskusi dengan kedua mentor tersebut, tim memperoleh banyak wawasan tentang pengolahan susu, manajemen operasional, hingga strategi mempertahankan kualitas produk.


Bisnis dengan Kepedulian Sosial dan Lingkungan
Komitmen Milky Moo tidak berhenti pada aspek bisnis. Mereka juga mengintegrasikan nilai keberlanjutan dalam setiap proses. Produk dikemas menggunakan paper cup ramah lingkungan, dan pelanggan yang membawa tumbler pribadi akan mendapatkan potongan harga khusus.

Selain itu, Milky Moo berkolaborasi dengan sesama mahasiswa UGM dalam program pengelolaan limbah dan turut menjalankan program tanggung jawab sosial (CSR) bertajuk “Berbagi Susu”, yang terinspirasi dari gerakan sosial 1000 Susu. Melalui program ini, Milky Moo rutin menyalurkan sebagian keuntungan untuk memberikan susu dan bahan pangan ke panti asuhan di Yogyakarta

Meski baru beroperasi di lingkungan FEB UGM di awal tahun 2024, Milky Moo telah memperoleh sambutan positif dari mahasiswa. Strategi pemasaran kreatif, promosi kolaboratif dengan organisasi kemahasiswaan, dan kehadiran aktif di media sosial membuat brand ini semakin dikenal di kalangan muda.

Dalam jangka panjang, tim Milky Moo menargetkan ekspansi ke kampus lain seperti UNY dan UII, serta membuka peluang kemitraan dan kolaborasi bisnis.

“Kami ingin menjadikan Milky Moo sebagai brand yang tidak hanya menghadirkan produk berkualitas, tetapi juga membawa pesan tentang pentingnya gaya hidup sehat dan berkelanjutan,” pungkas Amanda.

Reportase: Kurnia Ekaptiningrum

Sustainable Development Goals
SDG 2 SDG 3 SDG 4 SDG 8 SDG 9 SDG 12 SDG 17

Views: 13
Tags: SDG 12: Konsumsi Dan Produksi Yang Bertanggung Jawab SDG 17: Kemitraan Untuk Mencapai Tujuan SDG 2: Tanpa kelaparan SDG 3: Kehidupan Sehat Dan Sejahtera SDG 4: Pendidikan Berkualitas SDG 8: Pekerjaan Layak Dan Pertumbuhan Ekonomi SDG 9: Industri Inovasi Dan Infrastruktur SDGs

Related Posts

PWC Hiring 2025

PwC Indonesia Bagikan Strategi Sukses Berkarier kepada Mahasiswa FEB UGM

Berita Rabu, 12 November 2025

Rasa ingin tahu, keberanian untuk keluar dari zona nyaman, dan kemauan untuk terus belajar menjadi bekal utama dalam membangun karier profesional di era yang kompetitif.

Mandatory Softskill

Komunikasi dan Negosiasi Jadi Kunci Kepemimpinan Efektif

Berita Selasa, 11 November 2025

Kemampuan komunikasi dan negosiasi menjadi fondasi utama dalam membangun kepemimpinan yang efektif. Alfath Bagus Panuntun El Nur Indonesia, M.A., dosen Departemen Politik dan Pemerintahan FISIPOL UGM menyampaikan bahwa menjadi pemimpin bukan hanya soal pandai berbicara namun mampu menggerakkan orang lain untuk mencapai tujuan bersama.

“Kepemimpinan bukan hanya tentang jabatan atau kuasa, melankan seni mempengaruhi orang lain agar mau bergerak mencapai tujuan,” jelasnya saat menjadi pembicara dalam Mandatory Softskill bertema “Communication and Negotiation Skill” pada Jum’at (31/10/2025) di Djarum Hall FEB UGM. 

Ia menekankan bahwa gaya komunikasi dan cara bernegosiasi seorang pemimpin mencerminkan nilai-nilai kepemimpinannya.

Futsal FEB Porsenigama

Tim Futsal FEB UGM Raih Juara 1 Porsenigama 2025

Prestasi Selasa, 11 November 2025

Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) berhasil menorehkan prestasi membanggakan dengan meraih Juara 1 Futsal Putra dalam ajang Porsenigama 2025.

Bayu Setyawan Suprayogi

Cerita Bayu Setyawan Suprayogi, Wisudawan Terbaik MD FEB UGM dengan IPK 3,96

Wisuda Senin, 10 November 2025

Bagi Bayu Setyawan Suprayogi, perjalanan akademik di Program Magister Sains Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (MD FEB UGM) bukan sekadar melanjutkan studi, melainkan proses menemukan kembali jati diri intelektualnya.

Berita Terkini

  • Milky Moo, Usaha Mahasiswa FEB UGM dengan Sentuhan Sehat dan Ramah Lingkungan
    12 November, 2025
  • PwC Indonesia Bagikan Strategi Sukses Berkarier kepada Mahasiswa FEB UGM
    12 November, 2025
  • Komunikasi dan Negosiasi Jadi Kunci Kepemimpinan Efektif
    11 November, 2025
  • Tim Futsal FEB UGM Raih Juara 1 Porsenigama 2025
    11 November, 2025
  • Cerita Bayu Setyawan Suprayogi, Wisudawan Terbaik MD FEB UGM dengan IPK 3,96
    10 November, 2025

Agenda

  • 13Nov Pengukuhan Guru Besar: Prof. Gugup Kismono, MBA., Ph.D.
  • 13Nov Diskusi Panel: Kesesuaian dan Tantangan Implementasi Standar Akuntansi dalam Konteks Jaminan Sosial
  • 14Nov Public Lecture: Private Equity Introduction
All Events
Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Jln. Sosio Humaniora No.1, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281

Peta & Arah
Informasi Kontak Selengkapnya

Direktori Fakultas

  • Informasi Publik
  • Manajemen Ruang
  • Manajemen Aset
  • Manajemen Makam

Mahasiswa

  • Komunitas Mahasiswa
  • Layanan Mahasiswa
  • Asrama Mahasiswa
  • Pengembangan Karir
  • Paparan Internasional
  • Beasiswa
  • Magang

Alumni

  • Komunitas Alumni
  • Layanan Alumni
  • Pelacakan Studi
  • Pekerjaan & Magang
  • Beasiswa

Social Media

© 2025 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

Kebijakan PrivasiPeta Situs

💬 Butuh bantuan?
1
FEB UGM Official WhatsApp
Halo 👋
Bisakah kami membantu Anda?
Buka percakapan
[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju