• Tentang UGM
  • SIMASTER
  • SINTESIS
  • Informasi Publik
  • SDGs
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  •  Tentang Kami
    • Sekilas Pandang
    • Sejarah Pendirian
    • Misi dan Visi
    • Nilai-Nilai
    • Pimpinan Fakultas
    • Pimpinan Senat
    • Pimpinan Departemen
    • Pimpinan Program Studi
    • Pimpinan Unit
    • Dewan Penasihat Fakultas
    • Laporan Tahunan
    • Fasilitas Kampus
    • Identitas Visual
    • Ruang Berita
    • Dies Natalis ke-70
  • Program Akademik
    • Program Sarjana
    • Program Magister
    • Program Doktor
    • Program Profesi
    • Program Akademik Singkat
    • Program Profesional & Sertifikasi
    • Program Sarjana Internasional (IUP)
    • International Doctorate in Business (IDB)
    • Kalender Akademik
    • Ruang dan Kegiatan
  • Fakultas & Riset
    • Keanggotaan Fakultas
    • Akreditasi Fakultas
    • Jaringan Internasional
    • Dosen
    • Profesor Tamu dan Rekan Peneliti
    • Staf Profesional
    • Publikasi
    • Jurnal Yang Diterbitkan
    • Kertas Kerja
    • Bidang Kajian
    • Unit Pendukung
    • Kemitraan Konferensi Internasional
    • Call for Papers
    • Pengabdian Kepada Masyarakat
    • Perpustakaan
  • Pendaftaran
  • Home
  • Prestasi

Mahasiswa FEB UGM Raih Juara 2 Marketing Plan Competition Creativepreneur Festival

  • Prestasi
  • 5 Februari 2025, 10.19
  • Oleh : kurnia.ekaptiningrum

Tim mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) yang tergabung dalam grup SKY Consulting berhasil meraih Juara 2 dalam ajang Marketing Plan Competition yang diselenggarakan dalam rangkaian Creativepreneur Festival #4 oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada 21 Desember 2024.

Tim SKY Consulting beranggotakan Rifaldi Pratama Siboro (Manajemen 2022), Agnes Yohana Pangaribuan (Manajemen 2022). Muhammad Akhyar Abiyyu (Manajemen 2022), dan Fathin Nabil Hakim (Manajemen 2022). Mereka berhasil menyabet juara dua dalam kompetisi yang mengangkat tema Bisnis Berkelanjutan: Mentransformasi UMKM di Pasar Domestik setelah bersaing bersama dengan 39 tim lain dari 78 perguruan tinggi di Indonesia. 

Rifaldi menjelaskan dalam babak penyisihan, mereka memilih Dairycious, sebuah UMKM yang bergerak di industri yogurt, sebagai objek analisis strategi pemasaran. Selanjutnya, mereka menyusun strategi pemasaran dan rekomendasi bisnis kedepan.

“Kami memilih Dairycious untuk kami analisis strategi pemasarannya dan berikan rekomendasi strategi yang paling optimal karena kami merasa bahwa Dairycious memiliki potensi untuk bersaing di industri yogurt, meskipun masih bertaraf UMKM,” ucap Rifaldi.  

Dengan mempertimbangkan potensi besar Dairycious dalam pasar yogurt Indonesia, Tim SKY Consulting menyusun strategi pemasaran berbasis Phygital Strategy. Startegi tersebut merupakan kombinasi antara metode pemasaran online dan offline untuk membangun pengalaman belanja yang lebih menarik dan interaktif bagi pelanggan.

Berkat kerja keras dan analisis mendalam berbasis riset pasar yang kuat, tim SKY Consulting berhasil melaju ke babak final bersama sembilan tim terbaik lainnya. Mereka pun terpilih menjadi juara dua dalam kompetisi tersebut usai mempresentasikan analisis dan stretegi yang diajukan. 

“Kami senang karena strategi yang kami rancang mendapatkan perhatian khusus dari juri. Konsep Phygital Marketing yang kami usung dinilai memiliki dasar riset yang kuat dan relevan dengan tren pasar saat ini,” katanya.

Dengan kemenangan ini, Tim SKY Consulting berharap dapat terus berkontribusi dalam membantu UMKM mengembangkan strategi pemasaran yang optimal. Pencapaian ini juga menjadi bukti bahwa usaha dan dedikasi mereka terbayar dengan hasil yang membanggakan. 

“Kami berharap dapat terus berinovasi dan membawa lebih banyak prestasi bagi FEB UGM di masa mendatang,” tuturnya.

Reportase: Orie Priscylla Mapeda Lumalan
Editor: Kurnia Ekaptiningrum

Sustainable Development Goals

SDG 4 SDG 8 SDG 9 SDG 12 SDG 17

Views: 685
Tags: SDG 12: Konsumsi Dan Produksi Yang Bertanggung Jawab SDG 17: Kemitraan Untuk Mencapai Tujuan SDG 4: Pendidikan Berkualitas SDG 8: Pekerjaan Layak Dan Pertumbuhan Ekonomi SDG 9: Industri Inovasi Dan Infrastruktur SDGs

Related Posts

Nurul Indarti

Membedah Motivasi dan Tantangan Inovasi Hijau UKM Batik di Indonesia

Penelitian Selasa, 7 Oktober 2025

Di balik keindahan motif batik yang lahir dari tradisi turun-temurun, tersimpan dilema besar yaitu limbah pewarna kimia yang kerap mencemari sungai di sekitar sentra produksi.

IICP-HUE dan BEM FEB UGM

FEB UGM dan Hiroshima University of Economics Kenalkan Nilai Budaya Lewat Proyek Tenun Lurik pada IICP-HUE 2025

Berita Selasa, 7 Oktober 2025

Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) dan Hiroshima University of Economics (HUE) berhasil menghadirkan pengalaman lintas budaya melalui Indonesia International Contribution Project (IICP-HUE) 2025.

Pengurus Baru Kafegama MEP UGM

KAFEGAMA MEP Lantik Pengurus Baru 2025–2028

Berita Senin, 6 Oktober 2025

Keluarga Alumni Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada Magister Ekonomi Pembangunan (KAFEGAMA MEP) resmi melantik Pengurus Harian dan Pengurus Daerah KAFEGAMA MEP Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah Periode 2025-2028.

PEOPLE PLEASER

Dampak People Pleaser terhadap Kesehatan Mental

Berita Jumat, 3 Oktober 2025

Dalam kehidupan perkuliahan, mahasiswa kerap dihadapkan pada berbagai pilihan, mulai dari ajakan hangout, nongkrong sepulang kuliah, hingga perjalanan mendadak di akhir pekan.

Berita Terkini

  • Membedah Motivasi dan Tantangan Inovasi Hijau UKM Batik di Indonesia
    7 Oktober, 2025
  • FEB UGM dan Hiroshima University of Economics Kenalkan Nilai Budaya Lewat Proyek Tenun Lurik pada IICP-HUE 2025
    7 Oktober, 2025
  • KAFEGAMA MEP Lantik Pengurus Baru 2025–2028
    6 Oktober, 2025
  • Dampak People Pleaser terhadap Kesehatan Mental
    3 Oktober, 2025
  • MBG Gagasan Besar dan Realita
    3 Oktober, 2025
Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Jln. Sosio Humaniora No.1, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281

Peta & Arah
Informasi Kontak Selengkapnya

Direktori Fakultas

  • Informasi Publik
  • Manajemen Ruang
  • Manajemen Aset
  • Manajemen Makam

Mahasiswa

  • Komunitas Mahasiswa
  • Layanan Mahasiswa
  • Asrama Mahasiswa
  • Pengembangan Karir
  • Paparan Internasional
  • Beasiswa
  • Magang

Alumni

  • Komunitas Alumni
  • Layanan Alumni
  • Pelacakan Studi
  • Pekerjaan & Magang
  • Beasiswa

Social Media

© 2025 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

Kebijakan PrivasiPeta Situs

💬 Butuh bantuan?
1
FEB UGM Official WhatsApp
Halo 👋
Bisakah kami membantu Anda?
Buka percakapan
[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju