• Tentang UGM
  • SIMASTER
  • SINTESIS
  • Informasi Publik
  • SDGs
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  •  Tentang Kami
    • Sekilas Pandang
    • Sejarah Pendirian
    • Misi dan Visi
    • Nilai-Nilai
    • Pimpinan Fakultas
    • Pimpinan Senat
    • Pimpinan Departemen
    • Pimpinan Program Studi
    • Pimpinan Unit
    • Dewan Penasihat Fakultas
    • Laporan Tahunan
    • Fasilitas Kampus
    • Identitas Visual
    • Ruang Berita
    • Dies Natalis ke-70
  • Program Akademik
    • Program Sarjana
    • Program Magister
    • Program Doktor
    • Program Profesi
    • Program Akademik Singkat
    • Program Profesional & Sertifikasi
    • Program Sarjana Internasional (IUP)
    • International Doctorate in Business (IDB)
    • Kalender Akademik
    • Ruang dan Kegiatan
  • Fakultas & Riset
    • Keanggotaan Fakultas
    • Akreditasi Fakultas
    • Jaringan Internasional
    • Dosen
    • Profesor Tamu dan Rekan Peneliti
    • Staf Profesional
    • Publikasi
    • Jurnal Yang Diterbitkan
    • Makalah Kerja
    • Bidang Kajian
    • Unit Pendukung
    • Kemitraan Konferensi Internasional
    • Call for Papers
    • Pengabdian Kepada Masyarakat
    • Perpustakaan
  • Pendaftaran
  • Home
  • Prestasi

Mahasiswa FEB UGM Raih Juara 2 Marketing Plan Competition Creativepreneur Festival

  • Prestasi
  • 5 Februari 2025, 10.19
  • Oleh : kurnia.ekaptiningrum

Tim mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) yang tergabung dalam grup SKY Consulting berhasil meraih Juara 2 dalam ajang Marketing Plan Competition yang diselenggarakan dalam rangkaian Creativepreneur Festival #4 oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada 21 Desember 2024.

Tim SKY Consulting beranggotakan Rifaldi Pratama Siboro (Manajemen 2022), Agnes Yohana Pangaribuan (Manajemen 2022). Muhammad Akhyar Abiyyu (Manajemen 2022), dan Fathin Nabil Hakim (Manajemen 2022). Mereka berhasil menyabet juara dua dalam kompetisi yang mengangkat tema Bisnis Berkelanjutan: Mentransformasi UMKM di Pasar Domestik setelah bersaing bersama dengan 39 tim lain dari 78 perguruan tinggi di Indonesia. 

Rifaldi menjelaskan dalam babak penyisihan, mereka memilih Dairycious, sebuah UMKM yang bergerak di industri yogurt, sebagai objek analisis strategi pemasaran. Selanjutnya, mereka menyusun strategi pemasaran dan rekomendasi bisnis kedepan.

“Kami memilih Dairycious untuk kami analisis strategi pemasarannya dan berikan rekomendasi strategi yang paling optimal karena kami merasa bahwa Dairycious memiliki potensi untuk bersaing di industri yogurt, meskipun masih bertaraf UMKM,” ucap Rifaldi.  

Dengan mempertimbangkan potensi besar Dairycious dalam pasar yogurt Indonesia, Tim SKY Consulting menyusun strategi pemasaran berbasis Phygital Strategy. Startegi tersebut merupakan kombinasi antara metode pemasaran online dan offline untuk membangun pengalaman belanja yang lebih menarik dan interaktif bagi pelanggan.

Berkat kerja keras dan analisis mendalam berbasis riset pasar yang kuat, tim SKY Consulting berhasil melaju ke babak final bersama sembilan tim terbaik lainnya. Mereka pun terpilih menjadi juara dua dalam kompetisi tersebut usai mempresentasikan analisis dan stretegi yang diajukan. 

“Kami senang karena strategi yang kami rancang mendapatkan perhatian khusus dari juri. Konsep Phygital Marketing yang kami usung dinilai memiliki dasar riset yang kuat dan relevan dengan tren pasar saat ini,” katanya.

Dengan kemenangan ini, Tim SKY Consulting berharap dapat terus berkontribusi dalam membantu UMKM mengembangkan strategi pemasaran yang optimal. Pencapaian ini juga menjadi bukti bahwa usaha dan dedikasi mereka terbayar dengan hasil yang membanggakan. 

“Kami berharap dapat terus berinovasi dan membawa lebih banyak prestasi bagi FEB UGM di masa mendatang,” tuturnya.

Reportase: Orie Priscylla Mapeda Lumalan
Editor: Kurnia Ekaptiningrum

Sustainable Development Goals

SDG 4 SDG 8 SDG 9 SDG 12 SDG 17

Views: 706
Tags: SDG 12: Konsumsi Dan Produksi Yang Bertanggung Jawab SDG 17: Kemitraan Untuk Mencapai Tujuan SDG 4: Pendidikan Berkualitas SDG 8: Pekerjaan Layak Dan Pertumbuhan Ekonomi SDG 9: Industri Inovasi Dan Infrastruktur SDGs

Related Posts

FGD SBSF FEB UGM 2025

FEB UGM Gelar FGD Penguatan Sustainable Business School Framework dan Sustainability Report

Berita Jumat, 31 Oktober 2025

Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) melalui Sustainability and Strategic Initiatives Unit (SSIU) menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) dalam upaya pengembangan Sustainable Business School Framework (SBSF) dan penyusunan Sustainability Report FEB UGM, Rabu 19 Oktober 2025.

Kepala SSIU FEB UGM, Luluk Lusiantoro, S.E., M.Sc., Ph.D., (CSP)., menyampaikan kegiatan FGD ini dilaksanakan untuk memperoleh masukan dan penyelarasan dari masing-masing unit terkait implementasi prinsip keberlanjutan dalam kegiatan tridharma perguruan tinggi serta praktik operasional fakultas.

Pra Inkubasi Bisnis 2025

FEB UGM Dorong Mahasiswa Jadi Wirausaha Muda Lewat Live Pitching Pra-Inkubasi Bisnis

Berita Jumat, 31 Oktober 2025

Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) terus berkomitmen mendorong lahirnya wirausaha muda dari kalangan mahasiswa. Sebagai wujud nyata upaya tersebut, FEB UGM melalui Career and Student Development Unit (CSDU) menyelenggarakan kegiatan Live Pitching Pra-Inkubasi Bisnis, yang mempertemukan ide-ide bisnis mahasiswa dengan dewan juri dan membuka peluang untuk mendapatkan hibah pengembangan usaha.

Kegiatan yang berlangsung di lingkungan FEB UGM pada Jum’at, 31 Oktober 2025 ini diikuti oleh sembilan tim dari kelas Kewirausahaan atau Entrepreneurship, yang diampuh oleh Rico Saktiawan Jang Jaya, S.E., MBA, Ph.D., Setiap tim berkesempatan mempresentasikan gagasan bisnis mereka secara langsung di hadapan dewan juri yang terdiri dari Naya Hapsari, S.E., M.Sc., Denny Wijayanto, dan Akmal Luthfiansyah.

WormiBox

Mahasiswa FEB UGM Gagas Alat Pengolah Sampah Berbasis IoT

Berita Jumat, 31 Oktober 2025

Sampah masih menjadi persoalan serius di Indonesia. Data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mencatat, timbunan sampah nasional mencapai sekitar 33,9 juta ton per tahun, dan lebih dari setengahnya berasal dari limbah organik rumah tangga.

YES!2025

YES! 2025 Dorong Mahasiswa Jadi Agen Perubahan Lewat Kewirausahaan

Berita Jumat, 31 Oktober 2025

Ikatan Keluarga Mahasiswa Manajemen (IKAMMA) Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) kembali menghadirkan rangkaian kegiatan tahunan bertajuk Young Entrepreneurs Show (YES!) 2025.

Berita Terkini

  • FEB UGM Gelar FGD Penguatan Sustainable Business School Framework dan Sustainability Report
    31 Oktober, 2025
  • FEB UGM Dorong Mahasiswa Jadi Wirausaha Muda Lewat Live Pitching Pra-Inkubasi Bisnis
    31 Oktober, 2025
  • Mahasiswa FEB UGM Gagas Alat Pengolah Sampah Berbasis IoT
    31 Oktober, 2025
  • YES! 2025 Dorong Mahasiswa Jadi Agen Perubahan Lewat Kewirausahaan
    31 Oktober, 2025
  • Berita Duka: Faried Widjaya Mansoer, M.A., Ph.D. Meninggal Dunia
    31 Oktober, 2025
Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Jln. Sosio Humaniora No.1, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281

Peta & Arah
Informasi Kontak Selengkapnya

Direktori Fakultas

  • Informasi Publik
  • Manajemen Ruang
  • Manajemen Aset
  • Manajemen Makam

Mahasiswa

  • Komunitas Mahasiswa
  • Layanan Mahasiswa
  • Asrama Mahasiswa
  • Pengembangan Karir
  • Paparan Internasional
  • Beasiswa
  • Magang

Alumni

  • Komunitas Alumni
  • Layanan Alumni
  • Pelacakan Studi
  • Pekerjaan & Magang
  • Beasiswa

Social Media

© 2025 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

Kebijakan PrivasiPeta Situs

💬 Butuh bantuan?
1
FEB UGM Official WhatsApp
Halo 👋
Bisakah kami membantu Anda?
Buka percakapan
[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju