• Tentang UGM
  • SIMASTER
  • SINTESIS
  • Informasi Publik
  • SDGs
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  •  Tentang Kami
    • Sekilas Pandang
    • Sejarah Pendirian
    • Misi dan Visi
    • Nilai-Nilai
    • Pimpinan Fakultas
    • Pimpinan Senat
    • Pimpinan Departemen
    • Pimpinan Program Studi
    • Pimpinan Unit
    • Dewan Penasihat Fakultas
    • Laporan Tahunan
    • Fasilitas Kampus
    • Identitas Visual
    • Ruang Berita
    • Dies Natalis ke-70
  • Program Akademik
    • Program Sarjana
    • Program Magister
    • Program Doktor
    • Program Profesi
    • Program Akademik Singkat
    • Program Profesional & Sertifikasi
    • Program Sarjana Internasional (IUP)
    • International Doctorate in Business (IDB)
    • Kalender Akademik
    • Ruang dan Kegiatan
  • Fakultas & Riset
    • Keanggotaan Fakultas
    • Akreditasi Fakultas
    • Jaringan Internasional
    • Dosen
    • Profesor Tamu dan Rekan Peneliti
    • Staf Profesional
    • Publikasi
    • Jurnal Yang Diterbitkan
    • Kertas Kerja
    • Bidang Kajian
    • Unit Pendukung
    • Kemitraan Konferensi Internasional
    • Call for Papers
    • Pengabdian Kepada Masyarakat
    • Perpustakaan
  • Pendaftaran
  • Home
  • Prestasi

Tim Mahasiswa UGM Raih Juara 2 Gadjah Mada Business Case Competition 2019

  • Prestasi
  • 30 April 2019, 13.42
  • Oleh : Admin
GMBCC 2019

Mahasiswa yang tergabung dalam Tim ‘Orientaru’ yang terdiri dari Aditya Laksana Suwandi (Teknik Informatika 2015), Maria Devina Sanjaya (Accounting-IUP 2016), dan Veronika Xaveria (Management-IUP 2016 – Double Degree University of Melbourne) berhasil meraih Juara 2 pada Gadjah Mada Business Case Competition pada tanggal 25 April – 27 April 2019 yang diselenggarakan oleh Ikatan Keluarga Mahasiswa Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada.

Gadjah Mada Business Case Competition yang merupakan salah satu sub-acara dari the 13th Management’s Events FEB UGM yang terdiri dari rangkaian acara Business Case Competition, CEO Talk, dan field trip di Yogyakarta, Indonesia. Kompetisi internasional ini telah memasuki tahun penyelengaraannya yang ke-7 dan telah diikuti oleh mahasiswa dari berbagai negara seperti Hong Kong, India, Jepang, Belanda, Skotlandia, dan Singapura. Mengangkat “Improving Business Activity through Integration of Digital Technology” sebagai tema besar GMBCC, tim Orientaru berhasil meraih titel 2nd winner setelah melewati tiga babak kompetisi, yaitu babak kualifikasi, semifinal, dan final.

Tahapan pertama adalah seleksi paper dimana setiap tim diharuskan untuk menyelesaikan kasus yang diberikan oleh Manulife Asset Management Indonesia (MAMI) terkait strategi untuk mempromosikan reksadana pada generasi milenial. 10 tim semi-finalis yang berhasil melewati tahapan seleksi akan diundang untuk mengikuti rangkaian acara GMBCC di Yogyakarta, Indonesia. 10 tim semi-finalis berasal dari universitas-universitas terkemuka dari dalam negeri seperti Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), dan Institut Teknologi Bandung (ITB) serta universitas luar negeri seperti Singapore Institute of Management (SIM).

Pada hari pertama, para delegasi GMBCC diundang untuk mengikuti Technical Meeting, Q&A Session, dan CEO Talk yang diadakan di Auditorium BRI, FEB UGM. Ida Nuryanti sebagai pembicara pertama (Payment System Policy Department of Bank Indonesia) membahas mengenai “Fintech and Digital Economy in Indonesia” sementara Ety Yuniarti (Head of Strategic Investment, Corporate Development and Strategy Division from BRI) sebagai pembicara kedua membawakan topik “Fintech from Bank’s Perspective”. Hanum Kusuma Dewi (Editor at PT Bareksa Portal Investasi) sebagai pembicara ketiga memberikan pemaparan mengenai topik “Millenials Need to Start to Invest”. Tak lupa pula ada Arief Darmawan (Indonesia Deposit Insurance Corporation) yang memberikan penjelasan lengkap terkait Lembaga Penjamin Simpanan.

Rangkaian acara hari berikutnya adalah babak semifinal GMBCC dimana para peserta diharuskan untuk menyelesaikan kasus dari SPOTS – Point of Sales (PoS) GO-JEK Indonesia. Sepuluh tim semifinalis diharuskan untuk memberikan strategi pemasaran dan langkah-langkah yang harus SPOTS lakukan untuk menguasai pangsa pasar dalam industri. Kasus bisnis tersebut harus dikerjakan dalam waktu tiga jam dalam ruang karantina khusus yang disediakan oleh panitia lomba. Juri dalam babak semifinal terdiri dari Naya Hapsari (FEB UGM) sebagai akademisi serta Silvia Wijaya (Digital Marketing Lead at SPOTS) dan Yoga Pratama Samsugiharja (Regional Marketing at GO-JEK) sebagai praktisi dari industri terkait. Pengumuman dilakukan pada akhir hari dimana kelima tim dengan nilai tertinggi berhak maju ke babak final.

Pada hari terakhir, kelima tim finalis ditantang untuk menyelesaikan kasus dari Asian Case Research Centre mengenai Pizza Hut Hong Kong dibawah manajemen Jardine Group Restaurant yang tengah menghadapi ancaman disrupsi digital dari pemain baru dalam industry restoran. Masing-masing tim diberikan waktu tiga jam untuk mencari solusi atas kasus yang dihadapi. Selanjutnya para finalis melakukan presentasi yang dapat disaksikan oleh kelima tim lainnya dan dewan juri di Djarum Hall, Pertamina Tower FEB UGM. Dewan juri terdiri dari Nofie Iman (FEB UGM) dan Rina Herani (FEB UGM) sebagai akademisi serta Silvia Wijaya (Digital Marketing Lead at SPOTS) sebagai praktisi. Akhirnya setelah melalui tahapan panjang, tibalah saatnya Banquet and Awarding yang diadakan di The Phoenix Hotel Yogyakarta dimana Tim Orientaru dari UGM berhasil meraih penghargaan sebagai 2nd Winner pada ajang kompetisi internasional tersebut.

Sumber: Veronika Xaveria

Views: 177

Related Posts

Apia Dewi Agustin

Kisah Apia, Penerima Beasiswa PMDSU Jadi Lulusan Terbaik Magister Sains Akuntansi FEB UGM

Wisuda Sabtu, 26 Juli 2025

Masih ingat dengan Apia Dewi Agustin? Namanya sempat mencuri perhatian publik beberapa waktu lalu karena kisah inspiratifnya. Gadis yang berasal dari sebuah pelosok desa di Kab.

Primastuti Indah Suryani

Optimasi Media Sosial Tingkatkan Visibilitas UMKM

Berita Jumat, 25 Juli 2025

Membangun merek dan menjangkau konsumen kini tidak lagi mengandalkan promosi konvensional. Media sosial saat ini telah menjadi kanal utama dalam membentuk citra usaha. Melalui pelatihan bertema “Optimasi Sosial Media dengan Pembuatan Konten”, FEB UGM mendorong pelaku UMKM melakukan optimasi media sosial untuk dengan pengembanagn strategi konten yang efektif sebagai upaya untuk meningkatkan visibilitas UMKM.

Pelatihan yang diselenggarakan oleh Bidang Kajian Kewirausahaan, Inovasi, dan UMKM pada 17 Juli 2025 di FEB UGM ini menghadirkan Primastuti Indah Suryani, M.Si., M.M., selaku content creator dan digital marketing trainer.

Field Trip GSW 2025

GSW 2025 Ajak Mahasiswa Asing Belajar Dunia Industri dan Seni di Yogyakarta

Berita Jumat, 25 Juli 2025

Suara denting logam menggema di sebuah workshop kerajinan perak di Kotagede, Yogyakarta. Di atas landasan besi, lempengan perak ditempa perlahan oleh tangan-tangan terampil. Sementara di sudut lain asap patri mengepul halus, berpadu dengan aroma logam panas yang menguar di udara.

Pemandangan ini menjadi pengalaman berkesan bagi Ali Matough Ali Essa, mahasiswa University of Glasgow, Inggris.

Andar Danova L Goeltom

Green Jobs dan Kurikulum Hijau, Kunci Masa Depan Pariwisata Indonesia

Berita Kamis, 24 Juli 2025

Perubahan besar tengah terjadi di industri pariwisata global. Wisatawan saat ini, terutama generasi muda dan wisatawan internasional, semakin peduli terhadap dampak lingkungan dari aktivitas perjalanan mereka.

Berita Terkini

  • Kisah Apia, Penerima Beasiswa PMDSU Jadi Lulusan Terbaik Magister Sains Akuntansi FEB UGM
    Juli 26, 2025
  • Optimasi Media Sosial Tingkatkan Visibilitas UMKM
    Juli 25, 2025
  • GSW 2025 Ajak Mahasiswa Asing Belajar Dunia Industri dan Seni di Yogyakarta
    Juli 25, 2025
  • Green Jobs dan Kurikulum Hijau, Kunci Masa Depan Pariwisata Indonesia
    Juli 24, 2025
  • Tingkat Pengangguran Menurun, Dosen FEB UGM Sebut Pekerjaan Layak Masih Jadi PR
    Juli 24, 2025

Artikel Terkait

  • Kisah Apia, Penerima Beasiswa PMDSU Jadi Lulusan Terbaik Magister Sains Akuntansi FEB UGM
    Juli 26, 2025
  • Optimasi Media Sosial Tingkatkan Visibilitas UMKM
    Juli 25, 2025
  • GSW 2025 Ajak Mahasiswa Asing Belajar Dunia Industri dan Seni di Yogyakarta
    Juli 25, 2025
  • Green Jobs dan Kurikulum Hijau, Kunci Masa Depan Pariwisata Indonesia
    Juli 24, 2025
  • Tingkat Pengangguran Menurun, Dosen FEB UGM Sebut Pekerjaan Layak Masih Jadi PR
    Juli 24, 2025
Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Jln. Sosio Humaniora No.1, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281

Peta & Arah
Informasi Kontak Selengkapnya

Departemen

  • Akuntansi
  • Ilmu Ekonomi
  • Manajemen

Direktori Fakultas

  • Informasi Publik
  • Manajemen Ruang
  • Manajemen Aset
  • Manajemen Makam

Alumni

  • Komunitas Alumni
  • Layanan Alumni
  • Pelacakan Studi
  • Pekerjaan & Magang
  • Beasiswa

Social Media

© 2025 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

Kebijakan PrivasiPeta Situs

💬 Butuh bantuan?
1
FEB UGM Official WhatsApp
Halo 👋
Bisakah kami membantu Anda?
Buka percakapan