• Tentang UGM
  • SIMASTER
  • SINTESIS
  • Informasi Publik
  • SDGs
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  •  Tentang Kami
    • Sekilas Pandang
    • Sejarah Pendirian
    • Misi dan Visi
    • Nilai-Nilai
    • Pimpinan Fakultas
    • Pimpinan Senat
    • Pimpinan Departemen
    • Pimpinan Program Studi
    • Pimpinan Unit
    • Dewan Penasihat Fakultas
    • Laporan Tahunan
    • Fasilitas Kampus
    • Identitas Visual
    • Ruang Berita
    • Dies Natalis ke-70
  • Program Akademik
    • Program Sarjana
    • Program Magister
    • Program Doktor
    • Program Profesi
    • Program Akademik Singkat
    • Program Profesional & Sertifikasi
    • Program Sarjana Internasional (IUP)
    • International Doctorate in Business (IDB)
    • Kalender Akademik
    • Ruang dan Kegiatan
  • Fakultas & Riset
    • Keanggotaan Fakultas
    • Akreditasi Fakultas
    • Jaringan Internasional
    • Dosen
    • Profesor Tamu dan Rekan Peneliti
    • Staf Profesional
    • Publikasi
    • Jurnal Yang Diterbitkan
    • Kertas Kerja
    • Bidang Kajian
    • Unit Pendukung
    • Kemitraan Konferensi Internasional
    • Call for Papers
    • Pengabdian Kepada Masyarakat
    • Perpustakaan
  • Pendaftaran
  • Home
  • Sudut Alumni

Cara Membangun Personal Branding untuk Mendukung Karir

  • Sudut Alumni
  • 21 Januari 2025, 17.25
  • Oleh : admin.feb
Bobby B. Suadi

Personal branding menjadi kunci penting dalam dunia profesional sebagai ciri khas atau pembeda dari orang lain. Memiliki citra diri yang autentik dan konsisten dapat membangun koneksi yang lebih besar dan membuka kesempatan lebih besar. Hal ini tidak hanya menjadi sekadar tren, melainkan kebutuhan bagi semua orang yang ingin sukses.

Bobby B. Suadi, M.B.A., pakar marketing menyatakan bahwa untuk memulai personal branding dengan mengenali diri sendiri dan memahami bidang yang diminati.

“Sebelum menggali passion, kita perlu melakukan self assessment untuk mengenali kita sendiri. Kesenangan dan bakat seperti apa yang kita miliki. Kemudian cobalah mulai pelajari dan eksplor,” jelas alumnus FEB UGM ini dalam segmen FEBerkarya Cara Membangun Personal Branding belum lama ini.

Di era digital saat ini, membangun personal branding juga dapat dilakukan melalui konten di media sosial. Dengan kemudahan untuk membuat sesuatu menjadi populer, banyak orang yang memanfaatkan media sosial untuk mengekspresikan diri dan mendapatkan popularitas dari branding yang dibuat.

Bobby menjelaskan bahwa citra seseorang yang terlihat di publik bisa saja berubah meskipun positioning-nya tetap. Contohnya, Deddy Corbuzier yang awalnya dikenal sebagai mentalis ahli dalam sulap. Namun, saat ini ia beralih sebagai seorang pembawa acara talkshow.

“Meskipun kariernya berubah, positioning-nya tetap sama yaitu sebagai seorang ahli di bidangnya, baik dalam sulap maupun sebagai host dalam program talkshow,” jelas Bobby.

Perubahan yang signifikan seperti ini menunjukkan bahwa personal branding dapat berkembang sesuai dengan perjalanan karier. Oleh sebab itu perlu menjadi adaptif untuk menyesuaikan diri dengan peluang-peluang baru.

Untuk mempersiapkan karier, lanjutnya, mahasiswa perlu menyelaraskan pikiran dan perasaan terhadap tujuan yang ingin dicapai. Dengan terus mendorong diri untuk meningkatkan kapasitas, mahasiswa dapat mempercepat pengembangan diri baik dalam keterampilan teknis maupun soft skills sehingga lebih siap menghadapi dunia kerja yang kompetitif. Selain itu, mahasiswa juga harus memotivasi diri sendiri untuk mencari perusahaan yang memiliki budaya yang positif dan penuh semangat seperti perusahaan multinasional.

Lebih lanjut Bobby menjelaskan mahasiswa perlu mempersiapkan beberapa hal berikut agar siap saat terjun di dunia kerja nantinya. Langkah awal adalah menetapkan tujuan karir yang jelas, baik jangka pendek maupun panjang. Selanjutnya, membangun kemampuan kepemimpinan atau leadership serta memiliki kelincahan beradaptasi dengan perubahan.

“Saya berpesan kepada mahasiswa untuk berani bermimpi besar dan jelas tentang apa yang ingin dicapai. Seperti pepatah “the sky is the limit” saat ini bahkan mimpi yang tampaknya tidak mungkin dapat menjadi kenyataan berkat berbagai peluang yang tersedia. Oleh karena itu, penting bagi mahasiswa untuk tetap bergerak, terus berkarya, berani bermimpi dan diwujudkan melalui fleksibilitas teknologi dan peluang yang ada,” tutupnya.

Reportase: Shofi Hawa Anjani
Editor: Kurnia Ekaptiningrum
Simak podcast selengkapnya di: https://www.youtube.com/watch?v=6Iq2NeESr8Q

Sustainable Development Goals

SDG 4 SDG 8 SDG 9 SDG 17

Views: 2,505
Tags: SDG 17: Kemitraan Untuk Mencapai Tujuan SDG 4: Pendidikan Berkualitas SDG 8: Pekerjaan Layak Dan Pertumbuhan Ekonomi SDG 9: Industri Inovasi Dan Infrastruktur SDGs

Related Posts

EB Journalism

Fraud Jadi Ancaman Bagi Stabilitas Ekonomi

Berita Jumat, 10 Oktober 2025

Kasus kecurangan atau fraud kini menjadi perhatian serius di berbagai sektor.

Mood Booster

Dukung Mahasiswa Hadapi UTS, FEB UGM Hadirkan Program Sarapan dan Konsultasi Gratis

Berita Kamis, 9 Oktober 2025

Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada membagikan sarapan gratis bagi mahasiswanya selama periode Ujian Tengah Semester (UTS) ganjil tahun ajaran 2025/2026.

Nurul Indarti

Membedah Motivasi dan Tantangan Inovasi Hijau UKM Batik di Indonesia

Berita Selasa, 7 Oktober 2025

Di balik keindahan motif batik yang lahir dari tradisi turun-temurun, tersimpan dilema besar yaitu limbah pewarna kimia yang kerap mencemari sungai di sekitar sentra produksi.

IICP-HUE dan BEM FEB UGM

FEB UGM dan Hiroshima University of Economics Kenalkan Nilai Budaya Lewat Proyek Tenun Lurik pada IICP-HUE 2025

Berita Selasa, 7 Oktober 2025

Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) dan Hiroshima University of Economics (HUE) berhasil menghadirkan pengalaman lintas budaya melalui Indonesia International Contribution Project (IICP-HUE) 2025.

Berita Terkini

  • Fraud Jadi Ancaman Bagi Stabilitas Ekonomi
    10 Oktober, 2025
  • Dukung Mahasiswa Hadapi UTS, FEB UGM Hadirkan Program Sarapan dan Konsultasi Gratis
    9 Oktober, 2025
  • Membedah Motivasi dan Tantangan Inovasi Hijau UKM Batik di Indonesia
    7 Oktober, 2025
  • FEB UGM dan Hiroshima University of Economics Kenalkan Nilai Budaya Lewat Proyek Tenun Lurik pada IICP-HUE 2025
    7 Oktober, 2025
  • KAFEGAMA MEP Lantik Pengurus Baru 2025–2028
    6 Oktober, 2025

Agenda

  • 24Okt The 9th Mubyarto Public Policy Forum (MPPF 2025)
All Events
Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Jln. Sosio Humaniora No.1, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281

Peta & Arah
Informasi Kontak Selengkapnya

Direktori Fakultas

  • Informasi Publik
  • Manajemen Ruang
  • Manajemen Aset
  • Manajemen Makam

Mahasiswa

  • Komunitas Mahasiswa
  • Layanan Mahasiswa
  • Asrama Mahasiswa
  • Pengembangan Karir
  • Paparan Internasional
  • Beasiswa
  • Magang

Alumni

  • Komunitas Alumni
  • Layanan Alumni
  • Pelacakan Studi
  • Pekerjaan & Magang
  • Beasiswa

Social Media

© 2025 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

Kebijakan PrivasiPeta Situs

💬 Butuh bantuan?
1
FEB UGM Official WhatsApp
Halo 👋
Bisakah kami membantu Anda?
Buka percakapan
[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju