• Tentang UGM
  • SIMASTER
  • SINTESIS
  • Informasi Publik
  • SDGs
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  •  Tentang Kami
    • Sekilas Pandang
    • Sejarah Pendirian
    • Misi dan Visi
    • Nilai-Nilai
    • Pimpinan Fakultas
    • Pimpinan Senat
    • Pimpinan Departemen
    • Pimpinan Program Studi
    • Pimpinan Unit
    • Dewan Penasihat Fakultas
    • Laporan Tahunan
    • Fasilitas Kampus
    • Identitas Visual
    • Ruang Berita
    • Dies Natalis ke-70
  • Program Akademik
    • Program Sarjana
    • Program Magister
    • Program Doktor
    • Program Profesi
    • Program Akademik Singkat
    • Program Profesional & Sertifikasi
    • Program Sarjana Internasional (IUP)
    • International Doctorate in Business (IDB)
    • Kalender Akademik
    • Ruang dan Kegiatan
  • Fakultas & Riset
    • Keanggotaan Fakultas
    • Akreditasi Fakultas
    • Jaringan Internasional
    • Dosen
    • Profesor Tamu dan Rekan Peneliti
    • Staf Profesional
    • Publikasi
    • Jurnal Yang Diterbitkan
    • Kertas Kerja
    • Bidang Kajian
    • Unit Pendukung
    • Kemitraan Konferensi Internasional
    • Call for Papers
    • Pengabdian Kepada Masyarakat
    • Perpustakaan
  • Pendaftaran
  • Home
  • Sudut Alumni

Cara Membangun Personal Branding untuk Mendukung Karir

  • Sudut Alumni
  • 21 Januari 2025, 17.25
  • Oleh : admin.feb
Bobby B. Suadi

Personal branding menjadi kunci penting dalam dunia profesional sebagai ciri khas atau pembeda dari orang lain. Memiliki citra diri yang autentik dan konsisten dapat membangun koneksi yang lebih besar dan membuka kesempatan lebih besar. Hal ini tidak hanya menjadi sekadar tren, melainkan kebutuhan bagi semua orang yang ingin sukses.

Bobby B. Suadi, M.B.A., pakar marketing menyatakan bahwa untuk memulai personal branding dengan mengenali diri sendiri dan memahami bidang yang diminati.

“Sebelum menggali passion, kita perlu melakukan self assessment untuk mengenali kita sendiri. Kesenangan dan bakat seperti apa yang kita miliki. Kemudian cobalah mulai pelajari dan eksplor,” jelas alumnus FEB UGM ini dalam segmen FEBerkarya Cara Membangun Personal Branding belum lama ini.

Di era digital saat ini, membangun personal branding juga dapat dilakukan melalui konten di media sosial. Dengan kemudahan untuk membuat sesuatu menjadi populer, banyak orang yang memanfaatkan media sosial untuk mengekspresikan diri dan mendapatkan popularitas dari branding yang dibuat.

Bobby menjelaskan bahwa citra seseorang yang terlihat di publik bisa saja berubah meskipun positioning-nya tetap. Contohnya, Deddy Corbuzier yang awalnya dikenal sebagai mentalis ahli dalam sulap. Namun, saat ini ia beralih sebagai seorang pembawa acara talkshow.

“Meskipun kariernya berubah, positioning-nya tetap sama yaitu sebagai seorang ahli di bidangnya, baik dalam sulap maupun sebagai host dalam program talkshow,” jelas Bobby.

Perubahan yang signifikan seperti ini menunjukkan bahwa personal branding dapat berkembang sesuai dengan perjalanan karier. Oleh sebab itu perlu menjadi adaptif untuk menyesuaikan diri dengan peluang-peluang baru.

Untuk mempersiapkan karier, lanjutnya, mahasiswa perlu menyelaraskan pikiran dan perasaan terhadap tujuan yang ingin dicapai. Dengan terus mendorong diri untuk meningkatkan kapasitas, mahasiswa dapat mempercepat pengembangan diri baik dalam keterampilan teknis maupun soft skills sehingga lebih siap menghadapi dunia kerja yang kompetitif. Selain itu, mahasiswa juga harus memotivasi diri sendiri untuk mencari perusahaan yang memiliki budaya yang positif dan penuh semangat seperti perusahaan multinasional.

Lebih lanjut Bobby menjelaskan mahasiswa perlu mempersiapkan beberapa hal berikut agar siap saat terjun di dunia kerja nantinya. Langkah awal adalah menetapkan tujuan karir yang jelas, baik jangka pendek maupun panjang. Selanjutnya, membangun kemampuan kepemimpinan atau leadership serta memiliki kelincahan beradaptasi dengan perubahan.

“Saya berpesan kepada mahasiswa untuk berani bermimpi besar dan jelas tentang apa yang ingin dicapai. Seperti pepatah “the sky is the limit” saat ini bahkan mimpi yang tampaknya tidak mungkin dapat menjadi kenyataan berkat berbagai peluang yang tersedia. Oleh karena itu, penting bagi mahasiswa untuk tetap bergerak, terus berkarya, berani bermimpi dan diwujudkan melalui fleksibilitas teknologi dan peluang yang ada,” tutupnya.

Reportase: Shofi Hawa Anjani
Editor: Kurnia Ekaptiningrum
Simak podcast selengkapnya di: https://www.youtube.com/watch?v=6Iq2NeESr8Q

Sustainable Development Goals

SDG 4 SDG 8 SDG 9 SDG 17

Views: 2,107
Tags: SDG 17: Kemitraan Untuk Mencapai Tujuan SDG 4: Pendidikan Berkualitas SDG 8: Pekerjaan Layak Dan Pertumbuhan Ekonomi SDG 9: Industri Inovasi Dan Infrastruktur SDGs

Related Posts

Pembekalan bag staf purna tugas feb ugm 2025

FEB UGM Berikan Pembekalan Persiapan Pensiun Bagi Staf Profesional 

Berita Rabu, 27 Agustus 2025

Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) menyelenggarakan program pembekalan persiapan purna tugas bagi 24 staf profesional yang akan memasuki masa purna tugas pada periode 2025 hingga 2027.

Webinar AUNBE-ACCA 2025

Webinar ACCA-AUNBE: Keterampilan Esensial untuk Profesional Keuangan Masa Depan di Era AI

Berita Rabu, 27 Agustus 2025

Association of Chartered Certified Accountants (ACCA) berkolaborasi dengan ASEAN University Network on Business and Economics (AUN-BE) menyelenggarakan webinar bertajuk Essential Skills for Future Finance Professionals in the Age of AI pada Jumat, 22 Agustus 2025.

Sahid Susilo Nugroho

Strategi Optimalkan Konten Pemasaran dengan AI

Berita Selasa, 26 Agustus 2025

Di tengah pesatnya perkembangan teknologi digital, kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) telah menjadi bagian penting dalam strategi pemasaran modern. Dr. Sahid Susilo Nugroho, M.Sc., dosen FEB UGM sekaligus pakar pemasaran digital menyebutkan bahwa AI berperan dalam proses kreatif dan mempercepat proses produksi konten promosi tanpa mengurangi relevansi emosional dan estetika visualnya.

Sahid memaparkan saat ini terdapat beragam tools berbasis AI digunakan dalam industri kreatif.

Yanthi R I Hutagaol Martowidjojo

Peran AI Sebagai Akselerator Produktivitas dan Ekonomi Indonesia

Berita Selasa, 26 Agustus 2025

Di era Industri 5.0 ini, penggunaan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) sudah sangat masif.

Berita Terkini

  • FEB UGM Berikan Pembekalan Persiapan Pensiun Bagi Staf Profesional 
    27 Agustus, 2025
  • Webinar ACCA-AUNBE: Keterampilan Esensial untuk Profesional Keuangan Masa Depan di Era AI
    27 Agustus, 2025
  • Strategi Optimalkan Konten Pemasaran dengan AI
    26 Agustus, 2025
  • Peran AI Sebagai Akselerator Produktivitas dan Ekonomi Indonesia
    26 Agustus, 2025
  • Tim Gamagreenvest SEF FEB UGM Borong Prestasi Membanggakan di TEMILREG DIY dan TEMILNAS 2025
    25 Agustus, 2025

Artikel Terkait

  • FEB UGM Berikan Pembekalan Persiapan Pensiun Bagi Staf Profesional 
    27 Agustus, 2025
  • Webinar ACCA-AUNBE: Keterampilan Esensial untuk Profesional Keuangan Masa Depan di Era AI
    27 Agustus, 2025
  • Strategi Optimalkan Konten Pemasaran dengan AI
    26 Agustus, 2025
  • Peran AI Sebagai Akselerator Produktivitas dan Ekonomi Indonesia
    26 Agustus, 2025
  • Tim Gamagreenvest SEF FEB UGM Borong Prestasi Membanggakan di TEMILREG DIY dan TEMILNAS 2025
    25 Agustus, 2025
Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Jln. Sosio Humaniora No.1, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281

Peta & Arah
Informasi Kontak Selengkapnya

Direktori Fakultas

  • Informasi Publik
  • Manajemen Ruang
  • Manajemen Aset
  • Manajemen Makam

Mahasiswa

  • Komunitas Mahasiswa
  • Layanan Mahasiswa
  • Asrama Mahasiswa
  • Pengembangan Karir
  • Paparan Internasional
  • Beasiswa
  • Magang

Alumni

  • Komunitas Alumni
  • Layanan Alumni
  • Pelacakan Studi
  • Pekerjaan & Magang
  • Beasiswa

Social Media

© 2025 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

Kebijakan PrivasiPeta Situs

💬 Butuh bantuan?
1
FEB UGM Official WhatsApp
Halo 👋
Bisakah kami membantu Anda?
Buka percakapan
[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju