• Tentang UGM
  • SIMASTER
  • SINTESIS
  • Informasi Publik
  • SDGs
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  •  Tentang Kami
    • Sekilas Pandang
    • Sejarah Pendirian
    • Misi dan Visi
    • Nilai-Nilai
    • Pimpinan Fakultas
    • Pimpinan Senat
    • Pimpinan Departemen
    • Pimpinan Program Studi
    • Pimpinan Unit
    • Dewan Penasihat Fakultas
    • Laporan Tahunan
    • Fasilitas Kampus
    • Identitas Visual
    • Ruang Berita
    • Dies Natalis ke-70
  • Program Akademik
    • Program Sarjana
    • Program Magister
    • Program Doktor
    • Program Profesi
    • Program Akademik Singkat
    • Program Profesional & Sertifikasi
    • Program Sarjana Internasional (IUP)
    • International Doctorate in Business (IDB)
    • Kalender Akademik
    • Ruang dan Kegiatan
  • Fakultas & Riset
    • Keanggotaan Fakultas
    • Akreditasi Fakultas
    • Jaringan Internasional
    • Dosen
    • Profesor Tamu dan Rekan Peneliti
    • Staf Profesional
    • Publikasi
    • Jurnal Yang Diterbitkan
    • Kertas Kerja
    • Bidang Kajian
    • Unit Pendukung
    • Kemitraan Konferensi Internasional
    • Call for Papers
    • Pengabdian Kepada Masyarakat
    • Perpustakaan
  • Pendaftaran
  • Home
  • Berita

Rapat Senat Terbuka Plus dalam rangka Dies Ke-54

  • Berita
  • 3 Oktober 2009, 07.56
  • Oleh : Admin

Jum’at 02/10, FEB UGM memiliki tradisi baru dalam memperingati dies natalis yaitu dengan adanya Rapat Senat Terbuka Plus yang intinya adalah memberikan kesempatan kepada Dekan untuk menyampaikan paparan tentang perkembangan FEB UGM dan hasil-hasil yang telah dicapai kepada seluruh civitas akademika FEB UGM. Acara tersebut dimulai pukul 12.30 WIB bertempat di Ruang Sidang FEB UGM.

Dalam pidatonya, Dekan FEB UGM Prof. Marwan Asri MBA., Ph.D menyampaikan perkembangan terbaru dari berbagai hal. Diantaranya dalam bidang akademik, data menunjukkan jumlah mahasiswa FEB UGM dari berbagai program studi tercatat pada semester yang lalu sebanyak 5.736 orang. Jumlah dosen sebanyak 122 dosen tetap (termasuk 19 dosen yang sedang studi lanjut di luar negeri) dan 13 dosen yang sudah pensiun. Hasil akreditasi BAN-PT menyatakan ketiga jurusan yang ada di FEB UGM meraih predikat akreditasi A dan menyusul akreditasi AACSB yang saat ini masih berlangsung. Dalam bidang keuangan, disampaikan pula Rencana Kegiatan dan Anggaran Tahunan (RKAT) FEB UGM yang mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Pada tahun ini sebesar Rp. 116,54 miliar sedangkan pada tahun sebelumnya sebesar Rp. 115,66 miliar.

Prestasi-prestasi yang telah dicapai oleh civitas akademika FEB UGM diantaranya adalah Dr. Tri Widodo, beliau memenangkan penghargan dari Emerald (publisher jurnal-jurnal ilmiah internasional) berupa ”Highly Commended Award”. Beberapa dosen yang menjadi paper presenter dalam konferensi atau seminar internasional di luar negeri yaitu Prof. Mudrajad kuncoro, Nurul Indarti, Syaiful Ali, Dr. Sony Warsono, Dr. Tri Widodo, Dr. Catur Sugiarto, Prof. Slamet Sugiri, dan Sumiyana. Salah satu dosen FEB UGM yang menjadi visiting professor di universitas luar negeri yaitu Prof. Basu Swasta Dharmesta. Tercatat sebanyak 22 dosen FEB telah mendapatkan sertifikasi dosen. Arif Surachman Kepala Perpustakan FEB UGM meraih penghargaan sebagai pustakawan terbaik Propinsi DI Yogyakarta dan meraih juara 2 sebagai Pustakawan Terbaik Nasional 2009. Enam karyawan lainnya juga telah memenangkan Kompetisi Layanan Prima yang diselenggarakan universitas yaitu Intarini Swandari, Sany Syntia, Wahyuningsih, Novita Ade Ferianty, Hestining Kurniastuti, dan Sri Murtono. Prestasi mahasiswa dalam kompetisi nasional dan internasional diantaranya Hanief Al Ikhlas, M. Syaruf Hidayatullah, dan Arif Kelana Putra mereka tergabung dalam tim Kalingga UGM dan meraih juara 1 ”Trust by Danone World Competition 2009” di Paris – Perancis. Alesandra Fessilia Aldy, Handini Audita,dan Harlan Setiadi meraih juara 2 dalam Management Contest: Company Case Problem Solving tingkat nasional. M. Hertog Indratuala meraih beasiswa Total Summer School di Perancis.

Penyempurnaan struktur organisasi juga telah dialakukan agar lebih sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan sinkronisasi dengan organisasi di universitas. Pada tahun ini telah dibentuk kantor baru yaitu Kantor Urusan Internasional (OIA) yang didirikan untuk mengelola kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan kedatangan dosen atau mahasiswa asing maupun sebaliknya. Kantor Jaminan Mutu didirikan untuk menempatkan posisi fakultas agar selalu selaras dengan universitas dalam hal peningkatan mutu akademik. Kantor Admisi dan promosi didirikan untuk mengelola pengenalan FEB kepada masyarakat, dan beberapa bulan yang lalu FEB UGM telah mengangkat Ketua dan Sekretaris Pengelola Program Pascasarjana Monodisiplin FEB UGM.

Pada bagian akhir pidato, disampaikan pula rencana kegiatan yang akan dilakukan kedepannya nanti diantaranya peremajaan sarana dan prasana pendidikan termasuk rencana pembangunan gedung baru, penambahan dosen baru, dan konsolidai unit-unit penelitian, termasuk pula revitalisasi BPFE yang dimaksudkan untuk meningkatkan peran dan profitabilitas unit usaha.

Views: 205

Related Posts

Rennta Chrisdiana Awie

Tips Menjaga Kesehatan Mental Bagi Mahasiswa

Berita Selasa, 30 September 2025

Menjalani perkuliahan di kampus bukan hanya soal mengejar prestasi akademik, tetapi juga menjaga keseimbangan diri. Hal inilah yang disampaikan Educator dan Social Activist, Rennta Chrisdiana Awie, M.Sc., dalam kegiatan FEBinvinity: Pembekalan Mahasiswa Penerima KIP-K di Auditorium Gedung Pusat Pembelajaran FEB UGM, Sabtu (20/09/2025). 

Rennta menekankan bahwa perjalanan setiap mahasiswa penuh dengan aktivitas padat sejak pagi hingga sore hari.

Dies Natalis Ke-45 MD FEB UGM

Rayakan Dies Natalis Ke-45, MD FEB UGM Perkuat Kolaborasi dan Publikasi 

Berita Selasa, 30 September 2025

Program Studi Magister dan Doktor (MD) Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) menggelar tasyakuran peringatan Dies Natalis ke-45 di lobi Gedung MD, Senin (29/9/2025).

Ketua Program Doktor Ilmu Manajemen, Prof. Dr.

Pembekalan Mahasiswa Penerima Beasiswa KIP-K

FEB UGM Berikan Pembekalan Bagi Mahasiswa Penerima Beasiswa KIP-K

Berita Selasa, 30 September 2025

Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) menyelenggarakan kegiatan pembekalan bagi mahasiswa penerima Beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K).

Pengembangan Diri

FEB UGM Gelar Pengembangan Diri Staf Profesional Untuk Tingkatkan Kekompakan dan Semangat Kerja

Berita Senin, 29 September 2025

Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) menyelenggarakan kegiatan pengembangan diri dalam bentuk rekreasi bagi staf profesional di Kantor Administrasi Fakultas (KAF) FEB UGM.

Berita Terkini

  • Tips Menjaga Kesehatan Mental Bagi Mahasiswa
    30 September, 2025
  • Rayakan Dies Natalis Ke-45, MD FEB UGM Perkuat Kolaborasi dan Publikasi 
    30 September, 2025
  • FEB UGM Berikan Pembekalan Bagi Mahasiswa Penerima Beasiswa KIP-K
    30 September, 2025
  • FEB UGM Gelar Pengembangan Diri Staf Profesional Untuk Tingkatkan Kekompakan dan Semangat Kerja
    29 September, 2025
  • Mahasiswi FEB UGM Torehkan Prestasi Internasional lewat White Paper Competition 2025
    26 September, 2025
Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Jln. Sosio Humaniora No.1, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281

Peta & Arah
Informasi Kontak Selengkapnya

Direktori Fakultas

  • Informasi Publik
  • Manajemen Ruang
  • Manajemen Aset
  • Manajemen Makam

Mahasiswa

  • Komunitas Mahasiswa
  • Layanan Mahasiswa
  • Asrama Mahasiswa
  • Pengembangan Karir
  • Paparan Internasional
  • Beasiswa
  • Magang

Alumni

  • Komunitas Alumni
  • Layanan Alumni
  • Pelacakan Studi
  • Pekerjaan & Magang
  • Beasiswa

Social Media

© 2025 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

Kebijakan PrivasiPeta Situs

💬 Butuh bantuan?
1
FEB UGM Official WhatsApp
Halo 👋
Bisakah kami membantu Anda?
Buka percakapan
[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju