• Tentang UGM
  • SIMASTER
  • SINTESIS
  • Informasi Publik
  • SDGs
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  •  Tentang Kami
    • Sekilas Pandang
    • Sejarah Pendirian
    • Misi dan Visi
    • Nilai-Nilai
    • Pimpinan Fakultas
    • Pimpinan Senat
    • Pimpinan Departemen
    • Pimpinan Program Studi
    • Pimpinan Unit
    • Dewan Penasihat Fakultas
    • Laporan Tahunan
    • Fasilitas Kampus
    • Identitas Visual
    • Ruang Berita
    • Dies Natalis ke-70
  • Program Akademik
    • Program Sarjana
    • Program Magister
    • Program Doktor
    • Program Profesi
    • Program Akademik Singkat
    • Program Profesional & Sertifikasi
    • Program Sarjana Internasional (IUP)
    • International Doctorate in Business (IDB)
    • Kalender Akademik
    • Ruang dan Kegiatan
  • Fakultas & Riset
    • Keanggotaan Fakultas
    • Akreditasi Fakultas
    • Jaringan Internasional
    • Dosen
    • Profesor Tamu dan Rekan Peneliti
    • Staf Profesional
    • Publikasi
    • Jurnal Yang Diterbitkan
    • Kertas Kerja
    • Bidang Kajian
    • Unit Pendukung
    • Kemitraan Konferensi Internasional
    • Call for Papers
    • Pengabdian Kepada Masyarakat
    • Perpustakaan
  • Pendaftaran
  • Home
  • Berita

Lima Kunci Pengembangan Pasar Karbon yang Berkelanjutan

  • Berita
  • 24 Desember 2024, 16.52
  • Oleh : Admin
Poppy Ismalina

Pasar karbon telah menjadi salah satu mekanisme utama dalam mengurangi emisi gas rumah kaca dan mendukung transisi ke ekonomi hijau. Dosen Departemen Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UGM, Poppy Ismalina, M.Ec.Dev., Ph.D., menyebutkan ada lima aspek penting yang perlu diperhatikan dalam memastikan keberlanjutan dan pengembangan pasar karbon. Salah satu elemen kunci yang perlu diperhatikan adalah regulasi yang jelas untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi bisnis dan investor.

“Perlu regulasi yang transparan dan dapat diandalkan karena akan memberikan rasa percaya diri bagi mereka yang ingin berinvestasi atau berpartisipasi dalam pasar karbon,” kata Poppy, Jum’at (13/12/2024) dalam acara FEB UGM Research Day 2024 di Gedung Pusat Pembelajaran FEB UGM.

Poppy mengatakan beberapa elemen kunci lainnya yang juga perlu diperhatikan dalam pengembangan pasar karbon adalah melalui pemberian insentif untuk partisipasi. Dengan memberikan hibah, pinjaman berbunga rendah, dan jaminan untuk mengurangi risiko keuangan menjadi salah satu cara efektif untuk mendorong partisipasi. Selain itu, penyediaan bantuan teknis juga perlu dipertimbangkan agar para pelaku dapat memahami prosesnya dengan lebih baik.

Upaya lain dengan memberikan pengakuan publik di tengah dinamika tekanan moral dan reputasi dari sesama pelaku serta opini publik global dapat memotivasi pihak-pihak terkait untuk berkontribusi aktif dalam pasar karbon. Pengakuan ini menjadi elemen penting dalam membangun kepercayaan dan partisipasi yang lebih luas. Selain itu juga dengan menerapkan standar dan metodologi yang jelas. Krusial untuk mengimplementasikan format dan konten yang konsisten di seluruh aktivitas mitigasi melalui pendekatan spesifik proyek maupun pendekatan yang terstandarisasi.

“Penting untuk melakukan pengukuran, pelaporan, dan verifikasi yang kuat untuk memastikan integritas dan transparansi,” ucapnya.

Sebelumnya, Poppy menyampaikan pasar karbon dapat berfungsi sebagai alat keuangan yang mendukung tujuan pembangunan industri. Tak hanya itu, pasar karbon juga mendorong peluang dekarbonisasi dan keuangan berkelanjutan.

“Program ini dapat menjamin pertumbuhan dan penciptaan lapangan kerja kelas menengah. Pasar karbon yang sesuai dapat membantu proses dekarbonisasi sebagai proses yang hemat biaya bagi ekonomi dan industri,” ungkap Poppy.

Dalam presentasinya bertajuk Indonesia “Carbon Markets: Market-Driven Solutions for Climate Mitigation,” Poppy menjelaskan bahwa pasar karbon bukan hanya tentang mitigasi emisi. Lebih dari itu, pasar karbon menciptakan peluang baru bagi entitas bisnis untuk tumbuh, berinovasi, dan berkontribusi terhadap pembangunan berkelanjutan.

Poppy mengatakan pasar karbon menawarkan berbagai peluang strategis bagi badan usaha bisnis, termasuk pengurangan emisi, penghematan biaya, pertumbuhan pendapatan, diferensiasi pasar, dan akses pembiayaan berkelanjutan. “Mencapai net-zero menjadi kewajiban yang tidak hanya mendukung keberlanjutan tetapi juga memberikan keuntungan kompetitif di pasar global,” tambah Poppy.

Meski demikian, Poppy menyebutkan terdapat sejumlah tantangan dalam penerapan pasar karbon. Mulai dari regulasi yang belum sepenuhnya jelas, keterbatasan fasilitas pinjaman untuk inisiatif rendah emisi, serta ketidakpastian pengenaan pajak karbon.

“Oleh karena itu, diperlukan ketersediaan teknologi untuk mengukur penyerapan karbon secara akurat dan adanya dukungan kelembagaan dan kemitraan dengan instansi lain untuk membuat proses lebih efektif,” jelasnya.

Reporter: Shofi Hawa Anjani
Editor: Kurnia Ekaptiningrum

Sustainable Development Goals

SDG 7 SDG 9 SDG 11 SDG 13 SDG 16 SDG 17

Views: 598
Tags: SDG 11: Kota Dan Pemukiman Yang Berkelanjutan SDG 13: Penanganan Perubahan Iklim SDG 16: Perdamaian Keadilan Dan Kelembagaan Yang Tangguh SDG 17: Kemitraan Untuk Mencapai Tujuan SDG 7: Energi Bersih Dan Terjangkau SDG 9: Industri Inovasi Dan Infrastruktur SDGs

Related Posts

Pembekalan bag staf purna tugas feb ugm 2025

FEB UGM Berikan Pembekalan Persiapan Pensiun Bagi Staf Profesional 

Berita Rabu, 27 Agustus 2025

Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) menyelenggarakan program pembekalan persiapan purna tugas bagi 24 staf profesional yang akan memasuki masa purna tugas pada periode 2025 hingga 2027.

Webinar AUNBE-ACCA 2025

Webinar ACCA-AUNBE: Keterampilan Esensial untuk Profesional Keuangan Masa Depan di Era AI

Berita Rabu, 27 Agustus 2025

Association of Chartered Certified Accountants (ACCA) berkolaborasi dengan ASEAN University Network on Business and Economics (AUN-BE) menyelenggarakan webinar bertajuk Essential Skills for Future Finance Professionals in the Age of AI pada Jumat, 22 Agustus 2025.

Sahid Susilo Nugroho

Strategi Optimalkan Konten Pemasaran dengan AI

Berita Selasa, 26 Agustus 2025

Di tengah pesatnya perkembangan teknologi digital, kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) telah menjadi bagian penting dalam strategi pemasaran modern. Dr. Sahid Susilo Nugroho, M.Sc., dosen FEB UGM sekaligus pakar pemasaran digital menyebutkan bahwa AI berperan dalam proses kreatif dan mempercepat proses produksi konten promosi tanpa mengurangi relevansi emosional dan estetika visualnya.

Sahid memaparkan saat ini terdapat beragam tools berbasis AI digunakan dalam industri kreatif.

Yanthi R I Hutagaol Martowidjojo

Peran AI Sebagai Akselerator Produktivitas dan Ekonomi Indonesia

Berita Selasa, 26 Agustus 2025

Di era Industri 5.0 ini, penggunaan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) sudah sangat masif.

Berita Terkini

  • FEB UGM Berikan Pembekalan Persiapan Pensiun Bagi Staf Profesional 
    27 Agustus, 2025
  • Webinar ACCA-AUNBE: Keterampilan Esensial untuk Profesional Keuangan Masa Depan di Era AI
    27 Agustus, 2025
  • Strategi Optimalkan Konten Pemasaran dengan AI
    26 Agustus, 2025
  • Peran AI Sebagai Akselerator Produktivitas dan Ekonomi Indonesia
    26 Agustus, 2025
  • Tim Gamagreenvest SEF FEB UGM Borong Prestasi Membanggakan di TEMILREG DIY dan TEMILNAS 2025
    25 Agustus, 2025

Artikel Terkait

  • FEB UGM Berikan Pembekalan Persiapan Pensiun Bagi Staf Profesional 
    27 Agustus, 2025
  • Webinar ACCA-AUNBE: Keterampilan Esensial untuk Profesional Keuangan Masa Depan di Era AI
    27 Agustus, 2025
  • Strategi Optimalkan Konten Pemasaran dengan AI
    26 Agustus, 2025
  • Peran AI Sebagai Akselerator Produktivitas dan Ekonomi Indonesia
    26 Agustus, 2025
  • Tim Gamagreenvest SEF FEB UGM Borong Prestasi Membanggakan di TEMILREG DIY dan TEMILNAS 2025
    25 Agustus, 2025
Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Jln. Sosio Humaniora No.1, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281

Peta & Arah
Informasi Kontak Selengkapnya

Direktori Fakultas

  • Informasi Publik
  • Manajemen Ruang
  • Manajemen Aset
  • Manajemen Makam

Mahasiswa

  • Komunitas Mahasiswa
  • Layanan Mahasiswa
  • Asrama Mahasiswa
  • Pengembangan Karir
  • Paparan Internasional
  • Beasiswa
  • Magang

Alumni

  • Komunitas Alumni
  • Layanan Alumni
  • Pelacakan Studi
  • Pekerjaan & Magang
  • Beasiswa

Social Media

© 2025 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

Kebijakan PrivasiPeta Situs

💬 Butuh bantuan?
1
FEB UGM Official WhatsApp
Halo 👋
Bisakah kami membantu Anda?
Buka percakapan
[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju