
Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) menyelenggarakan workshop bertajuk “Optimalisasi Digital Marketing dan Media Sosial Kampus” pada Jumat (21/3/2025) di Auditorium Gedung Learning Center lantai 8 FEB UGM. Kegiatan ini dihadiri oleh dosen, staf profesional pengelola kehumasan dan media sosial, serta mahasiswa FEB UGM.
Dalam sambutannya, Kepala Unit Learning Academic and Multimedia Production and Public Relations (LAMP-PR), Fitri Amalia, S.E., M.Sc., Ph.D.menyampaikan pentingnya pemahaman sosial media dalam membangun citra institusi.
“Ini merupakan salah satu topik penting dan strategis. Dengan mengetahui peran media sosial dalam menciptakan brand image, kita dapat mempromosikan institusi dan meningkatkan brand awareness,” ungkapnya.
Fitri juga menyoroti dampak COVID-19 terhadap pengelolaan media sosial FEB UGM yang membawa dinamika dan tantangan dalam produksi serta distribusi konten akademik. Pada tahun 2022, FEB UGM mulai meningkatkan kembali pengelolaan media sosial dan produksi konten akademik dengan mendirikan unit baru bernama Learning Academic and Multimedia Production (LAMP).
“Pendirian unit ini bertujuan untuk mempromosikan konten akademis kepada masyarakat luas,” jelasnya.
Fitri juga menegaskan bahwa restrukturisasi LAMP dan Humas FEB UGM membuka potensi besar untuk meningkatkan pengelolaan media sosial.
“Tantangan untuk berkompetisi semakin luas menuntut kami untuk melakukan penyegaran dan menghadirkan para ahli guna meningkatkan strategi digital marketing,” tambahnya.
Workshop ini menghadirkan empat narasumber berpengalaman di bidang digital marketing dan media sosial. Beberapa diantaranya Winda Mizwar Pratiwi yang membawakan topik “Digital Marketing untuk Industri Pendidikan”, Mohammad Ryan Saputra “Social Media Fundamental”, Farchan Noor Rachman “Membangun Akun Media Sosial Brand yang Humanis, Kreatif, dan Engaging”, dan dr. Tirta Mandira Hudhi “Strategi Digital Marketing yang Mendorong Sales”.
Dengan adanya sesi workshop ini dapat memberikan wawasan mendalam mengenai strategi digital marketing dan pengelolaan media sosial yang efektif di lingkungan akademik dan serta membangun brand yang kuat di platform digital.
“Kolaborasi antara institusi pendidikan dan para ahli adalah hal yang penting untuk terus berinovasi dalam strategi pemasaran digital,” ujar Fitri.
Reportase: Shofi Hawa Anjani
Editor: Kurnia Ekaptiningrum
Sustainable Development Goals: