• Tentang UGM
  • SIMASTER
  • SINTESIS
  • Informasi Publik
  • SDGs
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  •  Tentang Kami
    • Sekilas Pandang
    • Sejarah Pendirian
    • Misi dan Visi
    • Nilai-Nilai
    • Pimpinan Fakultas
    • Pimpinan Senat
    • Pimpinan Departemen
    • Pimpinan Program Studi
    • Pimpinan Unit
    • Dewan Penasihat Fakultas
    • Laporan Tahunan
    • Fasilitas Kampus
    • Identitas Visual
    • Ruang Berita
    • Dies Natalis ke-70
  • Program Akademik
    • Program Sarjana
    • Program Magister
    • Program Doktor
    • Program Profesi
    • Program Akademik Singkat
    • Program Profesional & Sertifikasi
    • Program Sarjana Internasional (IUP)
    • International Doctorate in Business (IDB)
    • Kalender Akademik
    • Ruang dan Kegiatan
  • Fakultas & Riset
    • Keanggotaan Fakultas
    • Akreditasi Fakultas
    • Jaringan Internasional
    • Dosen
    • Profesor Tamu dan Rekan Peneliti
    • Staf Profesional
    • Publikasi
    • Jurnal Yang Diterbitkan
    • Makalah Kerja
    • Bidang Kajian
    • Unit Pendukung
    • Kemitraan Konferensi Internasional
    • Call for Papers
    • Pengabdian Kepada Masyarakat
    • Perpustakaan
  • Pendaftaran
  • Home
  • Berita

Menilik Perilaku Konsumen Papan Pasar Daring Indonesia

  • Berita
  • 26 Juni 2021, 07.21
  • Oleh : Admin
Sahid Susilo Nugroho

Berangkat dari fakta bahwa laman situs dominan kini di dunia maya merupakan pusat perdagangan daring yang akrab kita sebut sebagai e-marketplace, penelitian berjudul “Perilaku Konsumen Papan Pasar Daring Indonesia Tahun 2019” tersebut mencoba memotret perilaku konsumen e-marketplace di tahun 2019. Menguatnya peran papan pasar daring selama beberapa tahun terakhir ini menjadi alasan Dr. Sahid Susilo Nugroho, Dosen Departemen Manajemen dan Koordinator Pusat Kajian Perdagangan Daring, Fintech dan Media Sosial, mencoba mengangkat isu ini.

Menurut Dr. Sahid, ada banyak alasan mengapa papan pasar daring semakin menguat, salah satunya karena fenomena one-stop shopping di mana hanya cukup dari satu laman pengguna dapat sekaligus melihat, menyeleksi, dan membeli aneka produk/merek secara jauh lebih praktis dan nyaman. Seperti yang mungkin telah kita ketahui, Indonesia masih punya PR terkait masalah kepercayaan dan transaksi yang merugikan konsumen. Dalam konteks papan pasar daring, masalah tersebut bisa diatasi karena ada peran admin dari papan pasar daring sebagai wasit/juri yang kemudian akan menyelesaikan transaksi bermasalah. Atas fakta tersebut terbukti bahwa peran perantara sekarang ini semakin kuat.

Dalam penelitian ini, perilaku konsumen yang menarik untuk dicermati adalah terkait dengan 3 kondisi, yaitu preferensi konsumen yang semakin besar untuk berbelanja di papan pasar daring, keengganan konsumen untuk berbelanja di papan pasar daring internasional, dan kompleksitas informasi produk yang dijual di papan pasar daring Indonesia. Metode penelitian dilakukan dengan pelaksanaan survei pada akhir tahun 2019 di 8 kota besar Indonesia dengan masing-masing kuota 50 responden yang mayoritas berjenis kelamin perempuan dan berumur antara 21-25 tahun. Selain itu, kebanyakan responden adalah mahasiswa dan sudah pernah melakukan minimal 3 kali belanja di papan pasar daring dalam setahun terakhir.

Terkait hasil survei, sebanyak 77,8% responden menetapkan Shopee sebagai papan pasar daring pilihan favoritnya. Selain itu, sebanyak 89,4% responden lebih memilih platform berbasis aplikasi dibandingkan laman situs dengan mayoritas alasan kemudahan penggunaan dan keamanan transaksi. Dalam penelitiannya, Dr. Sahid juga meneliti pola belanja konsumen di papan pasar daring. Pola belanja tersebut diteliti berdasarkan beberapa variabel, yaitu frekuensi berbelanja konsumen dalam setahun terakhir, nilai belanja rata-rata konsumen setiap kali transaksi, kategori produk yang biasa dibeli oleh responden, dan frekuensi kunjungan konsumen ke laman atau aplikasi tanpa bertransaksi.

Selanjutnya, Dr. Sahid menjelaskan tentang masalah-masalah konsumen baik di papan pasar daring lokal maupun asing. Pada papan pasar daring lokal, tiga masalah teratas yang dialami konsumen adalah barang yang dikirim tidak sesuai dengan iklan (gambar dan keterangan), barang tidak memiliki ukuran standar yang baku untuk kategori produk fesyen, dan informasi ketersediaan barang yang tidak akurat (ketika sudah dilakukan transaksi pembelian, barang ternyata habis tidak tersedia).

Sedangkan, tiga permasalahan pada papan pasar daring asing yang paling sering dialami konsumen adalah waktu kirim yang relatif lama, biaya kirim yang relatif mahal, dan tarif pajak impor yang mahal (sekitar 30%).

Di penghujung presentasinya, Dr. Sahid menjelaskan apa saja hal-hal yang dipentingkan konsumen ketika berbelanja di papan pasar daring. Tingkat kepentingan konsumen tersebut dikategorikan atas produk dan harga, kualitas laman atau aplikasi, fitur fasilitas transaksi, fitur pembayaran transaksi, fitur pengiriman barang, fitur perlindungan privasi dan keamanan, fitur pelayanan pelanggan, program promosi penjualan dan endorsement selebriti, serta komunikasi pelanggan. Presentasi penelitian pun diakhiri dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh moderator acara.

Reportase: Kirana Lalita Pristy/Sony Budiarso.

Video presentasi: https://youtu.be/jBmqFtmhlNs?t=4089 

Views: 411

Related Posts

Osnabruck University

FEB UGM dan Osnabrück University of Applied Sciences Perkuat Kemitraan Strategis

Berita Jumat, 7 November 2025

Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB UGM) bersama Osnabruck University of Applied Sciences sukses menggelar Student Visit 2025. Kegiatan ini merupakan kunjungan singkat yang bertujuan untuk memperkenalkan budaya, prinsip keberlanjutan di kampus masing-masing, dan UMKM atau industri kreatif yang berkelanjutan di daerah Yogyakarta, dengan diikuti oleh 22 mahasiswa dari kedua universitas.

Tim Sokin

Tim Sokin FEB UGM Raih Juara 2 dalam Karya Tulis Ilmiah Sanggar Sains 

Prestasi Jumat, 7 November 2025

Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) kembali meraih prestasi di kancah nasional. Tim Sokin yang terdiri dari Vania Yuni Kusvita (Akuntansi 2023), Dita Pratiwi Harahap (Akuntansi 2023), dan Fryan Carol Simarmata (Akuntansi 2023) berhasil meraih Juara 2 dalam ajang Karya Tulis Ilmiah Sanggar Sains (KATALIS Vol.

MBCC FEB UGM 2025

Tim JEV Consulting FEB UGM Raih Juara 2 Mini Business Case Competition 2025

Berita Kamis, 6 November 2025

Mahasiswa FEB UGM kembali meraih prestasi dalam ajang Mini Business Case Competition 2025 yang diselenggarakan secara daring pada 29 Agustus–4 Oktober 2025. Kompetisi ini diikuti oleh 80 tim dari berbagai universitas ternama di Indonesia, seperti  ITB, UI, UGM, ITS, UB.

Dalam kompetisi tersebut, tim JEV Consulting dari FEB UGM berhasil meraih Juara 2.

Unileader 2025

Empat Kompetensi Utama yang Perlu Dikuasai Talenta Masa Depan di Industri FMCG

Berita Kamis, 6 November 2025

Industri Fast-Moving Consumer Goods (FMCG) terus berkembang dengan kecepatan yang menuntut adaptabilitas tinggi dan pola pikir pembelajar sepanjang hayat. Dalam diskusi Inspiring Unileader Goes to Yogyakarta–Semarang, yang digelar oleh Unilever Indonesia bersama BPM FEB UGM dan LinkToWork, para pemimpin Unilever membagikan pandangan mendalam mengenai apa yang dibutuhkan untuk menjadi future-fit talent di dunia industri masa kini.

Indonesia Head of Modern Trade and Personal Care Unilever Indonesia, Prawita Raharja menyebutkan bahwa talenta masa depan bukan hanya diukur dari kemampuan akademik, melainkan dari kesiapan mental dan karakter yang kuat.

Berita Terkini

  • FEB UGM dan Osnabrück University of Applied Sciences Perkuat Kemitraan Strategis
    7 November, 2025
  • Tim Sokin FEB UGM Raih Juara 2 dalam Karya Tulis Ilmiah Sanggar Sains 
    7 November, 2025
  • Tim JEV Consulting FEB UGM Raih Juara 2 Mini Business Case Competition 2025
    6 November, 2025
  • Empat Kompetensi Utama yang Perlu Dikuasai Talenta Masa Depan di Industri FMCG
    6 November, 2025
  • Dosen Purna Tugas H. Faried Widjaya Mansoer, M.A., Ph.D., Tutup Usia
    5 November, 2025

Agenda

  • 13Nov Pengukuhan Guru Besar: Prof. Gugup Kismono, MBA., Ph.D.
  • 14Nov Public Lecture: Private Equity Introduction
All Events
Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Jln. Sosio Humaniora No.1, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281

Peta & Arah
Informasi Kontak Selengkapnya

Direktori Fakultas

  • Informasi Publik
  • Manajemen Ruang
  • Manajemen Aset
  • Manajemen Makam

Mahasiswa

  • Komunitas Mahasiswa
  • Layanan Mahasiswa
  • Asrama Mahasiswa
  • Pengembangan Karir
  • Paparan Internasional
  • Beasiswa
  • Magang

Alumni

  • Komunitas Alumni
  • Layanan Alumni
  • Pelacakan Studi
  • Pekerjaan & Magang
  • Beasiswa

Social Media

© 2025 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

Kebijakan PrivasiPeta Situs

💬 Butuh bantuan?
1
FEB UGM Official WhatsApp
Halo 👋
Bisakah kami membantu Anda?
Buka percakapan
[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju