• Tentang UGM
  • SIMASTER
  • SINTESIS
  • Informasi Publik
  • SDGs
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  •  Tentang Kami
    • Sekilas Pandang
    • Sejarah Pendirian
    • Misi dan Visi
    • Nilai-Nilai
    • Pimpinan Fakultas
    • Pimpinan Senat
    • Pimpinan Departemen
    • Pimpinan Program Studi
    • Pimpinan Unit
    • Dewan Penasihat Fakultas
    • Laporan Tahunan
    • Fasilitas Kampus
    • Identitas Visual
    • Ruang Berita
    • Dies Natalis ke-70
  • Program Akademik
    • Program Sarjana
    • Program Magister
    • Program Doktor
    • Program Profesi
    • Program Akademik Singkat
    • Program Profesional & Sertifikasi
    • Kalender Akademik
    • Ruang dan Kegiatan
  • Fakultas & Riset
    • Keanggotaan Fakultas
    • Akreditasi Fakultas
    • Jaringan Internasional
    • Dosen
    • Profesor Tamu dan Rekan Peneliti
    • Staf Profesional
    • Publikasi
    • Jurnal Yang Diterbitkan
    • Kertas Kerja
    • Bidang Kajian
    • Unit Pendukung
    • Kemitraan Konferensi Internasional
    • Call for Papers
    • Pengabdian Kepada Masyarakat
    • Perpustakaan
  • Pendaftaran
  • Home
  • Berita

Masih Pentingkah Autentik dalam Bermedia Sosial?

  • Berita
  • 10 Januari 2022, 09.09
  • Oleh : Admin
Vicky Andonopoulos

Pada Jumat (07/01), MD Research Forum (MD REFO) mengadakan webinar ke-6 yang mengangkat judul “Study on social media influencer from an experimental design perspective.” Webinar ini dipimpin oleh Widya Paramita, Ph.D., dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UGM sebagai moderator. Pembicara pada acara ini ialah Vicky Andonopoulos, Ph.D., dosen pendamping jurusan marketing di Sekolah Bisnis Universitas Sydney. Dalam dunia riset, Vicky telah menerbitkan beberapa tulisan maupun penelitian yang sebagian besar membahas tentang psikologi, perilaku konsumen, dan sosial media. Ia mempublikasikannya melalui Journal of Retailing and Consumer Service dan Australian Marketing Journal.

Menurut Vicky berdasarkan eksperimental yang telah ia lakukan, melakukan riset tentang media sosial cukup sulit sehingga memerlukan seorang supervisor untuk mereview yang mereka lakukan. Dalam bidang marketing, media sosial merupakan platform yang paling sering digunakan untuk memasarkan produk. Dengan membuat konten yang kreatif, pemilik dapat meraih keuntungan melalui cara tersebut. Pemilik biasanya menggunakan influencer marketing untuk menarik minat para pembeli. Seorang Influencer pastinya memiliki banyak pengikut di akun miliknya, seperti YouTube dan Instagram sehingga pemasaran suatu produk akan dapat dengan mudah tersebar.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh socialpubli pada tahun 2019, jumlah uang yang dikeluarkan perusahaan untuk influencer marketing setiap tahunnya mengalami pertumbuhan. Pada tahun 2016, nilainya sebesar $1,7 juta per tahunnya. Akan tetapi, adanya pandemi covid-19 tahun 2020, membuat pasar marketing influencer menjadi semakin meningkat sehingga diestimasikan mencapai $9,7 juta. Mengikuti tren sosial juga merupakan salah satu strategi bagi influencer marketing agar dapat menarik perhatian para konsumen.

Vicky menjelaskan bahwa butuhnya hipotesis untuk memperkirakan respons dari pembeli. Dalam hal tersebut, kepercayaan seorang konsumen dapat dibuktikan dengan jujur tidaknya influencer marketing. Semakin jujur influencer dengan ulasan produknya, semakin tinggi kepercayaan konsumen. Setelah melakukan penelitian, hipotesis yang dibuat sangat sesuai dengan hasil akhir. Autentik tidaknya influencer sangat mempengaruhi kepercayaan pengikut maupun konsumen.

Dari riset eksperimental yang dilakukan Vicky, dapat dikatakan bahwa influencer memiliki peran yang besar dalam marketing perusahaan atau brand. Influencer yang autentik dalam memasarkan akan memiliki kepercayaan yang tinggi dari konsumen. Sebaliknya, apabila influencer memasarkan dengan tidak autentik dengan cara tidak menjadi diri sendiri, maka akan membuat keraguan pada konsumen. Akan tetapi, dalam dunia marketing inauthentic juga diperlukan untuk memasarkan produk yang hedonis. Maka dari itu, keautentikan dari influencer di media sosial memiliki peran yang besar pada kepercayaan konsumen maupun pengikut.

Reportase : Merisa Anggraini

Views: 77

Related Posts

Tatsbita Ratqa Amany tersenyum sambil memegang hasil kerajinan tangan di acara workshop Day of Art

Mahasiswa FEB UGM Sukses Bangun Bisnis Kerajinan yang Gandeng Ratusan Brand 

Sudut Mahasiswa Jumat, 16 Mei 2025

Siapa sangka, hobi membuat kerajinan tangan sejak kecil bisa menghantarkan Tatsbita Ratqa Amany, mahasiswa Ilmu Ekonomi FEB UGM angkatan 2022, membangun bisnis kreatif yang kini menjangkau puluhan kota di Indonesia? Berawal dari kegemaran pribadi, Tatsbita mendirikan Day of Art, platform workshop kerajinan yang sukses menggandeng ratusan brand nasional hingga internasional.

Agenda Dies Natalis ke-70

Dies Natalis Jumat, 16 Mei 2025

Agenda Kegiatan Dies Natalis ke-70
Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

 

Agenda Kegiatan

Tanggal Kegiatan Dokumentasi
24 Mei IAI APAFEST 2025, detil
26-27 Juni Konferensi Internasional

  • Accounting and Accountability in Emerging Economies (AAEE) 2025, detil
14-25 Juli Global Summer Week 2025, detil
23-25 Juli Konferensi Internasional

  • The 13th Gadjah Mada International Conference on Economics and Business (GAMAICEB 2025), detil
Agustus Seminar Internasional

  • The 9th Mubyarto Public Policy Forum (MPPF 2025)
13-14 September Family Fun Evening

  • Fun Game
  • Kuliner
19 September Sidang Senat Terbuka

  • Pidato Laporan Tahunan Dekan: Prof. Didi Achjari, S.E., M.Com., Ph.D., Ak.
    Menko Abdul Muhaimin Iskandar menyampaikan strategi pemberdayaan UMKM melalui investasi inklusif di seminar FEB UGM.

    Menko Muhaimin Dorong Mahasiswa Lahirkan Inovasi Pemberdayaan Ekonomi

    Berita Jumat, 16 Mei 2025

    Menteri Koordinator Pemberdayaan Masyarakat (Kemenko PM) Republik Indonesia, Dr. (HC) Drs. Abdul Muhaimin Iskandar mendorong mahasiswa untuk terus berinovasi dan berkarya untuk memberikan solusi nyata terhadap berbagai persoalan bangsa, termasuk dalam bidang sosial dan ekonomi.

    Dosen FEB UGM, Muhammad Edhie Purnawan, memberikan pandangan tentang diplomasi ekonomi Indonesia di tengah proteksionisme AS.

    Bertarung di Meja Diplomasi, Menjaga Kedaulatan Ekonomi 

    Suara Akademisi Jumat, 16 Mei 2025

    Oleh Muhammad Edhie Purnawan, S.E., M.A., Ph.D
    Departemen Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

    Di tengah proteksionisme ekonomi Amerika Serikat yang semakin ketat, Indonesia menghadapi ujian berat.

    Berita Terkini

    • Mahasiswa FEB UGM Sukses Bangun Bisnis Kerajinan yang Gandeng Ratusan Brand 
      Mei 16, 2025
    • Agenda Dies Natalis ke-70
      Mei 16, 2025
    • Menko Muhaimin Dorong Mahasiswa Lahirkan Inovasi Pemberdayaan Ekonomi
      Mei 16, 2025
    • Bertarung di Meja Diplomasi, Menjaga Kedaulatan Ekonomi 
      Mei 16, 2025
    • FEB UGM Bahas Potensi Kolaborasi Riset dan Akademik dengan Hochschule Osnabrück
      Mei 15, 2025

    Artikel Terkait

    • Mahasiswa FEB UGM Sukses Bangun Bisnis Kerajinan yang Gandeng Ratusan Brand 
      Mei 16, 2025
    • Agenda Dies Natalis ke-70
      Mei 16, 2025
    • Menko Muhaimin Dorong Mahasiswa Lahirkan Inovasi Pemberdayaan Ekonomi
      Mei 16, 2025
    • Bertarung di Meja Diplomasi, Menjaga Kedaulatan Ekonomi 
      Mei 16, 2025
    • FEB UGM Bahas Potensi Kolaborasi Riset dan Akademik dengan Hochschule Osnabrück
      Mei 15, 2025
    Universitas Gadjah Mada

    Universitas Gadjah Mada
    Fakultas Ekonomika dan Bisnis

    Jln. Sosio Humaniora No.1, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281

    Peta & Arah
    Informasi Kontak Selengkapnya

    Departemen

    • Akuntansi
    • Ilmu Ekonomi
    • Manajemen

    Direktori Fakultas

    • Informasi Publik
    • Manajemen Ruang
    • Manajemen Aset
    • Manajemen Makam

    Alumni

    • Komunitas Alumni
    • Layanan Alumni
    • Pelacakan Studi
    • Pekerjaan & Magang
    • Beasiswa

    Social Media

    © 2025 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

    Kebijakan PrivasiPeta Situs

    Buka percakapan
    1
    💬 Butuh bantuan?
    FEB UGM Official WhatsApp
    Halo 👋
    Bisakah kami membantu Anda?