• Tentang UGM
  • SIMASTER
  • SINTESIS
  • Informasi Publik
  • SDGs
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  •  Tentang Kami
    • Sekilas Pandang
    • Sejarah Pendirian
    • Misi dan Visi
    • Nilai-Nilai
    • Pimpinan Fakultas
    • Pimpinan Senat
    • Pimpinan Departemen
    • Pimpinan Program Studi
    • Pimpinan Unit
    • Dewan Penasihat Fakultas
    • Laporan Tahunan
    • Fasilitas Kampus
    • Identitas Visual
    • Ruang Berita
    • Dies Natalis ke-70
  • Program Akademik
    • Program Sarjana
    • Program Magister
    • Program Doktor
    • Program Profesi
    • Program Akademik Singkat
    • Program Profesional & Sertifikasi
    • Program Sarjana Internasional (IUP)
    • International Doctorate in Business (IDB)
    • Kalender Akademik
    • Ruang dan Kegiatan
  • Fakultas & Riset
    • Keanggotaan Fakultas
    • Akreditasi Fakultas
    • Jaringan Internasional
    • Dosen
    • Profesor Tamu dan Rekan Peneliti
    • Staf Profesional
    • Publikasi
    • Jurnal Yang Diterbitkan
    • Kertas Kerja
    • Bidang Kajian
    • Unit Pendukung
    • Kemitraan Konferensi Internasional
    • Call for Papers
    • Pengabdian Kepada Masyarakat
    • Perpustakaan
  • Pendaftaran
  • Home
  • Berita

Tiga Resep Menulis Berita Agar Tembus Media

  • Berita
  • 1 Mei 2024, 14.06
  • Oleh : Admin
Fernan Rahadi

Membuat konten jurnalistik yang berkualitas dan menarik perhatian pembaca menjadi salah satu tugas penting yang harus dilakukan oleh humas institusi untuk memperkuat citra maupun reputasi lembaga, termasuk UGM. Tidak hanya itu, tantangan lain adalah bagaimana berita yang dihasilkan juga bisa terbit di media massa.

Kepala Biro Republika wilayah DIY, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, Fernan Rahadi, M.A., membagikan tiga resep untuk menghasilkan berita berkualitas dan bisa terbit di media massa. Ia mengatakan untuk menghasilkan konten jurnalistik yang bermutu, penulisan berita harus berbasis fakta dengan memaparkan informasi yang akurat. Selain itu, Penulisan berita yang baik dilakukan secara kreatif, efisien, sistematis, utuh, menyeluruh, serta mengikuti perkembangan isu yang tengah hangat di masyarakat.

“Berikan informasi sesuai fakta bukan informasi palsu dan jangan memasukan opini pribadi ke dalam sebuah berita,” jelasnya dalam Workshop Penulisan Berita SDGs UGM, Selasa (30/4) di Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UGM.

Dihadapan tidak kurang dari 90 staf humas dari unit kerja, fakultas, hingga pusat studi di lingkungan UGM ini Fernan memaparkan dalam penulisan berita juga harus mengikuti prinsip 5W +1H +1S. Setiap pertanyaan terkait apa, dimana, kapan, siapa, mengapa, bagaimana, dan solusi harus dijawab atau muncul dalam berita.

“Hal tersebut ditujukan untuk memberikan gambaran yang lengkap tentang peristiwa yang tengah terjadi,” terang alumnus FISIPOL UGM ini.

Resep penulisan berita berikutnya adalah memahami piramida terbalik. Fernan mengatakan penulisan berita yang baik dengan menerapkan prinsip piramida terbalik yakni fakta paling penting ditampilkan pada lead atau teras berita. Selanjutnya pada badan berita menjelaskan tentang penjelasan narasumber maupun data-data pendukung lainnya. Lalu, akhiran yang memuat latar belakang berita serta keterangan tambahan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut Fernan juga membagikan tips membuat berita. Sebelum menulis upayakan memahami apa tujuan yang ingin dicapai, target pembaca, serta apa yang akan ditulis. Kemudian, saat menulis berita tidak mencampurkan fakta dan opini pribadi. Hal penting lainnya adalah melakukan riset sebelum memberitakan dan menentukan angle berita sebelum menulis.

UGM memiliki komitmen kuat untuk mendukung pencapaian pembangunan berkelanjutan dengan kolaborasi antar seluruh unit kerja di UGM. Salah satu inisiatif yang dilakukan adalah dengan menyelenggarakan workshop Penulisan Berita SDGs bagi staf humas di lingkungan UGM.

Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi staf humas di lingkungan UGM dalam bidang jurnalistik dan publikasi, termasuk dalam memberitakan berbagai program pencapaian SDGs yang telah dilakukan oleh masing-masing unit kerja. Dengan begitu diharapkan kualitas berita yang dihasilkan oleh UGM dapat semakin meningkat dan memperkuat citra UGM sebagai lembaga pendidikan yang memiliki komitmen kuat pada pembangunan berkelanjutan.

Sekretaris Universitas UGM, Dr. Andi Sandi Antonius Tabusassa Tonralipu, S.H., LL.M., dalam sambutannya menekankan pentingnya peran dan fungsi kehumasan dalam memperkuat citra UGM sebagai lembaga pendidikan tinggi yang berkomitmen kuat pada prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan. Melalui kegiatan ini diharapkan mampu memberikan pengetahuan baru dan meningkatkan kualitas penulisan berita yang mendukung agenda SDGs UGM.

Sebelumnya, Wakil Dekan FEB UGM Bidang Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat, Kerja Sama dan Alumni, Gumilang Aryo Sahadewo, S.E., M.A., Ph.D., menyampaikan bahwa FEB UGM sebagai bagian dari UGM juga memiliki misi menumbuhkembangkan pemimpin masa depan dalam ilmu ekonomi dan bisnis untuk mengembangkan aspek keberlanjutan. Oleh sebab itu, dalam setiap kegiatannya baik pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat, FEB UGM selalu berorientasi pada aspek keberlanjutan. Sementara dalam upaya mendukung UGM sebagai kampus berkelanjutan, dapat dilakukan melalui berbagai upaya kolaboratif antar fakultas maupun unit kerja, salah satunya melalui kolaborasi dalam pemberitaan maupun pengembangan konten.

Reportase: Kurnia Ekaptiningrum 

SDGs 4 SDGs 10 SDGs 16 

Views: 352
Tags: SDG 10: Berkurangnya Kesenjangan SDG 16: Perdamaian Keadilan Dan Kelembagaan Yang Tangguh SDG 4: Pendidikan Berkualitas

Related Posts

Sahid Susilo Nugroho

Strategi Optimalkan Konten Pemasaran dengan AI

Berita Selasa, 26 Agustus 2025

Di tengah pesatnya perkembangan teknologi digital, kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) telah menjadi bagian penting dalam strategi pemasaran modern. Dr. Sahid Susilo Nugroho, M.Sc., dosen FEB UGM sekaligus pakar pemasaran digital menyebutkan bahwa AI berperan dalam proses kreatif dan mempercepat proses produksi konten promosi tanpa mengurangi relevansi emosional dan estetika visualnya.

Sahid memaparkan saat ini terdapat beragam tools berbasis AI digunakan dalam industri kreatif.

Yanthi R I Hutagaol Martowidjojo

Peran AI Sebagai Akselerator Produktivitas dan Ekonomi Indonesia

Berita Selasa, 26 Agustus 2025

Di era Industri 5.0 ini, penggunaan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) sudah sangat masif.

Tim Gamagreenvest

Tim Gamagreenvest SEF FEB UGM Borong Prestasi Membanggakan di TEMILREG DIY dan TEMILNAS 2025

Berita Senin, 25 Agustus 2025

Tim Gamagreenvest dari Departemen Riset dan Pengembangan (Risbang) Shariah Economics Forum (SEF) FEB UGM berhasil meraih prestasi membanggakan dengan meraih Juara 2 di Temu Ilmiah Regional (TEMILREG) DIY 2025 dan Juara Harapan 1 di Temu Ilmiah Nasional (TEMILNAS) XXIV 2025 yang diselenggarakan pada bulan Juni–Juli 2025.

Sigit Bayu Cahyanto

Tips Jitu Hadapi Persaingan Kerja di Era Disrupsi Teknologi 

Berita Jumat, 22 Agustus 2025

Di era BANI (brittle, anxious, non-linear, incomprehensible), dunia dipenuhi oleh ketidakpastian dan perubahan disruptif yang kerap menimbulkan kecemasan.

Berita Terkini

  • Strategi Optimalkan Konten Pemasaran dengan AI
    26 Agustus, 2025
  • Peran AI Sebagai Akselerator Produktivitas dan Ekonomi Indonesia
    26 Agustus, 2025
  • Tim Gamagreenvest SEF FEB UGM Borong Prestasi Membanggakan di TEMILREG DIY dan TEMILNAS 2025
    25 Agustus, 2025
  • Tips Jitu Hadapi Persaingan Kerja di Era Disrupsi Teknologi 
    22 Agustus, 2025
  • Mengenal Organisasi dan Komunitas Mahasiswa FEB UGM Lewat Student Week 2025
    22 Agustus, 2025

Artikel Terkait

  • Strategi Optimalkan Konten Pemasaran dengan AI
    26 Agustus, 2025
  • Peran AI Sebagai Akselerator Produktivitas dan Ekonomi Indonesia
    26 Agustus, 2025
  • Tim Gamagreenvest SEF FEB UGM Borong Prestasi Membanggakan di TEMILREG DIY dan TEMILNAS 2025
    25 Agustus, 2025
  • Tips Jitu Hadapi Persaingan Kerja di Era Disrupsi Teknologi 
    22 Agustus, 2025
  • Mengenal Organisasi dan Komunitas Mahasiswa FEB UGM Lewat Student Week 2025
    22 Agustus, 2025
Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Jln. Sosio Humaniora No.1, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281

Peta & Arah
Informasi Kontak Selengkapnya

Direktori Fakultas

  • Informasi Publik
  • Manajemen Ruang
  • Manajemen Aset
  • Manajemen Makam

Mahasiswa

  • Komunitas Mahasiswa
  • Layanan Mahasiswa
  • Asrama Mahasiswa
  • Pengembangan Karir
  • Paparan Internasional
  • Beasiswa
  • Magang

Alumni

  • Komunitas Alumni
  • Layanan Alumni
  • Pelacakan Studi
  • Pekerjaan & Magang
  • Beasiswa

Social Media

© 2025 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

Kebijakan PrivasiPeta Situs

💬 Butuh bantuan?
1
FEB UGM Official WhatsApp
Halo 👋
Bisakah kami membantu Anda?
Buka percakapan
[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju