• Tentang UGM
  • SIMASTER
  • SINTESIS
  • Informasi Publik
  • SDGs
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  •  Tentang Kami
    • Sekilas Pandang
    • Sejarah Pendirian
    • Misi dan Visi
    • Nilai-Nilai
    • Pimpinan Fakultas
    • Pimpinan Senat
    • Pimpinan Departemen
    • Pimpinan Program Studi
    • Pimpinan Unit
    • Dewan Penasihat Fakultas
    • Laporan Tahunan
    • Fasilitas Kampus
    • Identitas Visual
    • Ruang Berita
    • Dies Natalis ke-70
  • Program Akademik
    • Program Sarjana
    • Program Magister
    • Program Doktor
    • Program Profesi
    • Program Akademik Singkat
    • Program Profesional & Sertifikasi
    • Program Sarjana Internasional (IUP)
    • International Doctorate in Business (IDB)
    • Kalender Akademik
    • Ruang dan Kegiatan
  • Fakultas & Riset
    • Keanggotaan Fakultas
    • Akreditasi Fakultas
    • Jaringan Internasional
    • Dosen
    • Profesor Tamu dan Rekan Peneliti
    • Staf Profesional
    • Publikasi
    • Jurnal Yang Diterbitkan
    • Makalah Kerja
    • Bidang Kajian
    • Unit Pendukung
    • Kemitraan Konferensi Internasional
    • Call for Papers
    • Pengabdian Kepada Masyarakat
    • Perpustakaan
  • Pendaftaran
  • Home
  • Berita

Tips Mengoptimalkan Media Sosial Untuk Bisnis

  • Berita
  • 19 Desember 2024, 11.40
  • Oleh : Admin
Primastuti Satrianto

Media sosial telah menjadi salah satu alat pemasaran yang kuat di era digital saat ini, termasuk bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Praktisi digital marketing dan content creator Primastuti Satrianto menyampaikan pentingnya media sosial sebagai kanal pemasaran utama. Ia pun membagikan berbagai strategi praktis untuk membantu pelaku UMKM dalam memaksimalkan pemasaran digital.

Dalam Klinik Bisnis bertajuk Optimasi Media Sosial dan Komunikasi Pelanggan yang diselenggarakan FEB UGM pada 19 November 2024, Primastuti menyebutkan beberapa media sosial yang bisa dimanfaatkan untuk memasarkan produk antara lain Instagram, TikTok, WhatsApp Business, dan Google Bisnisku. Sementara dalam pembuatan konten, Primastuti menekankan pentingnya merencanakan strategi yang tepat agar produk dikenal luas dan laris di pasaran.

“Kenali jenis konten yang disukai audiens, bangun interaksi aktif, dan pastikan visual konsisten dengan tone warna yang merepresentasikan produk. Lengkapi dengan caption yang informatif dengan menyertakan call-to-action (CTA) yang tepat,” ujarnya.

Selain itu, ia juga menyarankan untuk memanfaatkan tools insight untuk analisis data konten media sosial serta memberikan respons cepat setelah mengunggah konten untuk menjaga keterlibatan audiens.

“Dalam dunia pemasaran digital, memahami insight dari konten yang diunggah di media sosial sangat penting untuk mencapai audiens yang lebih luas dan meningkatkan interaksi. kita juga dapat memperoleh informasi demografi pengikut, yang membantu dalam menyusun strategi konten yang lebih relevan dan menarik,” jelas Primastuti.

Selain melakukan optimasi media sosial, komunikasi efektif juga menjadi kunci utama menjaga hubungan dengan pelanggan. Primastuti juga menjelaskan bahwa komunikasi yang jelas dan mudah dipahami dapat mencegah terjadinya miskomunikasi yang dapat meningkatkan pengalaman pelanggan.

“Dalam membangun komunikasi yang baik, ada beberapa prinsip yang harus diterapkan, yaitu menyapa pelanggan dengan ramah, bersikap jujur, mengucapkan terima kasih, dan meminta maaf jika ada kesalahan atau keluhan yang timbul,” ungkapnya.

Primastuti menambahkan bahwa keahlian akan terus berkembang seiring dengan pengalaman dan pembiasaan dengan konsistensi. Ia pun berbagi tips untuk meningkatkan keahlian dalam pemasaran online maupun offline. Beberapa langkah yang bisa dilakukan seperti terus update dan upgrade ilmu, menerapkan metode ATM (amati, tiru, modifikasi), berkomunitas untuk bertukar wawasan, serta memahami bahwa jatuh bangun adalah bagian dari proses menuju kesuksesan,”pungkasnya.

Reporter: Shofi Hawa Anjani
Editor: Kurnia Ekaptiningrum

Sustainable Development Goals

SDG 4 SDG 8 SDG 9 SDG 17

Views: 708
Tags: SDG 17: Kemitraan Untuk Mencapai Tujuan SDG 4: Pendidikan Berkualitas SDG 8: Pekerjaan Layak Dan Pertumbuhan Ekonomi SDG 9: Industri Inovasi Dan Infrastruktur SDGs

Related Posts

IUP Parents Meeting FEB UGM

Perkenalkan Program Mobilitas Internasional, FEB UGM Gelar IUP Parents Meeting 2025

Berita Senin, 27 Oktober 2025

Dalam rangka memperkenalkan mobilitas internasional untuk mahasiswa International Undergraduate Program (IUP), Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) melalui Unit Global Relations and Mobility Office (GREAT) menyelenggarakan IUP Parents Meeting pada Sabtu (18/10/2025) di Ruang Alumni Corner, FEB UGM.

ACCA

Calon Akuntan Harus Adaptif di Tengah Transformasi Global

Berita Senin, 27 Oktober 2025

Perkembangan teknologi membawa perubahan pada lanskap kehidupan, termasuk masa depan profesi akuntan. Kehadiran kecerdasan buatan (AI) hingga meningkatnya fragmentasi geoekonomi menjadi sinyal bagi calon akuntan untuk segera beradaptasi di tengah dinamika global yang semakin kompleks.

Hal tersebut disampaikan oleh Business Relationship Manager Association of Chartered Certified Accountants (ACCA) Indonesia, Afif Alfarizi dalam ACCA University Info Session 2025 di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM), Kamis (23/10/2025) di Auditorium Gedung Pusat Pembelajaran FEB UGM.

Fajar Munichputranto

Kisah Fajar Munichputranto, Mahasiswa Double Degree MBA FEB UGM Penerima Beasiswa LPDP

Berita Jumat, 24 Oktober 2025

Tidak semua orang berani meninggalkan zona nyaman demi mengejar panggilan baru. Fajar Munichputranto, mahasiswa Program Magister Manajemen FEB UGM sekaligus penerima Beasiswa LPDP, memilih langkah itu.

Mubyarto Public Policy Forum 2025

FEB UGM dan ANU Gelar Forum Kebijakan Publik Mubyarto, Soroti Reformasi Kesejahteraan di Indonesia

Berita Jumat, 24 Oktober 2025

Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) bekerja sama dengan Australian National University (ANU) kembali menyelenggarakan Mubyarto Public Policy Forum 2025 yang berlangsung  pada Jumat (24/10/2025) di Function Hall, lantai 8 Gedung Learning Center FEB UGM.

Berita Terkini

  • Perkenalkan Program Mobilitas Internasional, FEB UGM Gelar IUP Parents Meeting 2025
    27 Oktober, 2025
  • Calon Akuntan Harus Adaptif di Tengah Transformasi Global
    27 Oktober, 2025
  • Kisah Fajar Munichputranto, Mahasiswa Double Degree MBA FEB UGM Penerima Beasiswa LPDP
    24 Oktober, 2025
  • FEB UGM dan ANU Gelar Forum Kebijakan Publik Mubyarto, Soroti Reformasi Kesejahteraan di Indonesia
    24 Oktober, 2025
  • FEB UGM Melakukan Program Menabung Air Untuk Dukung Keberlanjutan
    24 Oktober, 2025
Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Jln. Sosio Humaniora No.1, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281

Peta & Arah
Informasi Kontak Selengkapnya

Direktori Fakultas

  • Informasi Publik
  • Manajemen Ruang
  • Manajemen Aset
  • Manajemen Makam

Mahasiswa

  • Komunitas Mahasiswa
  • Layanan Mahasiswa
  • Asrama Mahasiswa
  • Pengembangan Karir
  • Paparan Internasional
  • Beasiswa
  • Magang

Alumni

  • Komunitas Alumni
  • Layanan Alumni
  • Pelacakan Studi
  • Pekerjaan & Magang
  • Beasiswa

Social Media

© 2025 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

Kebijakan PrivasiPeta Situs

💬 Butuh bantuan?
1
FEB UGM Official WhatsApp
Halo 👋
Bisakah kami membantu Anda?
Buka percakapan
[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju