• Tentang UGM
  • SIMASTER
  • SINTESIS
  • Informasi Publik
  • SDGs
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  •  Tentang Kami
    • Sekilas Pandang
    • Sejarah Pendirian
    • Misi dan Visi
    • Nilai-Nilai
    • Pimpinan Fakultas
    • Pimpinan Senat
    • Pimpinan Departemen
    • Pimpinan Program Studi
    • Pimpinan Unit
    • Dewan Penasihat Fakultas
    • Laporan Tahunan
    • Fasilitas Kampus
    • Identitas Visual
    • Ruang Berita
    • Dies Natalis ke-70
  • Program Akademik
    • Program Sarjana
    • Program Magister
    • Program Doktor
    • Program Profesi
    • Program Akademik Singkat
    • Program Profesional & Sertifikasi
    • Program Sarjana Internasional (IUP)
    • International Doctorate in Business (IDB)
    • Kalender Akademik
    • Ruang dan Kegiatan
  • Fakultas & Riset
    • Keanggotaan Fakultas
    • Akreditasi Fakultas
    • Jaringan Internasional
    • Dosen
    • Profesor Tamu dan Rekan Peneliti
    • Staf Profesional
    • Publikasi
    • Jurnal Yang Diterbitkan
    • Kertas Kerja
    • Bidang Kajian
    • Unit Pendukung
    • Kemitraan Konferensi Internasional
    • Call for Papers
    • Pengabdian Kepada Masyarakat
    • Perpustakaan
  • Pendaftaran
  • Home
  • Call for Papers

Call for Papers: Perekonomian dan Bisnis Islam untuk Kesejahteraan Sosial

  • Call for Papers
  • 8 Oktober 2015, 21.41
  • Oleh : Admin

Shariah Corner bersama Shariah Economics Forum (SEF) Universitas Gadjah Mada membuka peluang bagi seluruh mahasiswa, dosen, ataupun masyarakat umum untuk berpartisipasi dalam penulisan dan konferensi Journal of Islamic Economics and Business ‘Muamalah’ Tahun 2015 dengan keterangan sebagai berikut:

Tema: “Perekonomian dan Bisnis Islam untuk Kesejahteraan Sosial”, (Inggris: Islamic Economy and Business for Social Welfare)

Pedoman penulisan:

Berikut ini adalah pedoman penulisan artikel dalam Journal of Islamic Economics and Business ‘Muamalah’ Tahun 2015 yang diharapkan dapat menjadi pertimbangan bagi penulis.

  1. Sistematika pembahasan dalam artikel setidaknya terdiri atas bagian-bagian sebagai berikut:
    1. Abstrak/Sinopsis bagian ini memuat ringkasam opini atau riset, antara lain mengenai: masalah opini atau riset, tujuan, metode, temuan dan kontribusi hasil riset. Abstrak disajikan diawal teks dan panjangnya 100-300 kata (sebaiknya disajikan dalam bahasa inggris). Abstrak diikuti dengan sedikitnya empat kata kunci untuk memudahkan penyusunan indeks artikel.
    2. Pendahuluan menguraikan latar belakang (motivasi) opini atau riset, rumusan masalah opini atau riset, pernyataan tujuan, dan (jika perlu) organisasi penelitian.
    3. Kerangka Teoritis dan Pengembangan Hipotesis (jika ada) memaparkan kerangka teoritis berdasarkan telaah literatur yang menjadi landasan logis untuk mengambangkan hipotesis atau proporsi riset dan model riset (jika dipandang perlu).
    4. Metode Riset memuat metode seleksi dan pengumpulan data, pengukuran dan definisi operasional varible,dan metode analisis data.
    5. Analisis Data menguraikan analisis data riset dan deskriptif statistik yang diperlukan.
    6. Pembahasan dan Kesimpulan berisi pembahasan mengenai temuan dan kesimpulan riset.
    7. Implikasi dan Keterbatasan menjelaskan menjelaskan implikasi temuan dan keterbatasan riset serta jika perlu saran yang dikemukakan peneliti untuk riset yang akan datang.
    8. Daftar Referensi memuat sumber-sumber yang dikutip dalam penulisan artikel.
    9. Lampiran memuat tabel, gambar, dan instrumen riset lain ynag digunakan.
  2. Artikel ditulis dengan spasi 1,5 pada kertas A4. Kutipan langsung yang panjang (lebih dari setengah baris) ditulis denganjarak baris satu dengan intended style (barisan berinden)
  3. Panjang artikel tidak lebih dari 6500 kata (dengan font Times New Roman ukuran 12) atau antara 10-15 halaman.
  4. Lebar margin atas, bawah, kanan, dan kiri satu inci.
  5. Untuk memungkinkan blind review, penulis tidak boleh mengidentifikasikan dirinya baik secara langsung maupun tidak langsung pada tulisannya.
  6. Halaman muka (cover) setidaknya menyebutkan judul artikel dan identitas penulis.
  7. Semua halaman, termasuk tabel, lampiran dan referensi harus diberi nomor halaman.
  8. Tabel/gambar sebaiknya disajikan pada halaman terpisah dari badan tulisan (umumnya di bagian akhir naskah) penulis cukup menyebutkan bagian di dalam teks, tempat pencantuman tabel atau gambar.
  9. Setiap tabel atau gamabr diberi nomor urut, judul yang sesuai dengan isis tabel atau gambar dan sumber kutipan (bila relevan).
  10. Kutipan dalam teks sebaiknya ditulis diantara kurung buka dan kurung tutup yang menyebutkan nama akhir penulis, tahun tanpa koma dan menyertakan nomor halaman bila perlu.
    1. Dalam teks, karya diacu dengan cara berikut : nama akhir/keluarga penulis dan tahun dalam tanda kurung. Contoh: (Chapra, 1981), untuk dua penulis (Khursid dan Manan, 1991) untuk lebih dari dua penulis (Karim et al., 1995), lebih dari dua sumber diacu bersamaan (Aziz, 1990; Muftie, 1998), dua tulisan atau lebih oleh satu penulis (Chapra, 1981;1983).
    2. Kecuali bila dapat menimbulkan kerancuan , jangan menggunakan “H”, “hal”, atau “halaman” sebelum nomor halaman tetapi gunakan tanda titik dua. Contoh: (Chapra, 1981:52)
    3. Apabila daftar kutipan lebih dari satu tulisan oleh pengarang yang sama dalam tahun penerbitan yang sama, maka menggunakan akhiran a, b, dan seterusnya setelah tahun pada kutipan. Contoh: (Khursid, 1991a) atau (Khursid, 1991a; manan, 1992b).
    4. Jika nama penulis disebutkan dalam teks, tidak perlu diulang dalam kutipan. Contoh: “Chapra (1981:51) mengatakan…”
    5. Kutipan ke tulisan yang merupakan karya institusional sedapat mungkin harus menggunakan singkatan sependek mungkin. Contoh: (IDB,1994)
  11. Setiap penulisan artikel harus memuat daftar referensi (hanya menjadi sumber kutipan) dengan ketentuan sebagai berikut:
    1. Daftar referensi disusun alfabetis sesuai dengan nama penulis atau nama institusi.
    2. Gunakan inisial nama depan pengarang.
    3. Tahun terbit ditulis setelah nama pengarang.
    4. Kalau lebih dari satu karya oleh penulis yang sama urutkan secara kronologis waktu terbit. Dua karya dalam satu tahun oleh penulis yang sama dibedakan sengan huruf sesudah tanggal.
      Contoh:
      • Untuk periodikal
        Blum, T. C., Field, D.L., & Goodman, J. S. Organization-Level Determinant of Women in Management. The Academy of Management Journal, 37 (4), 467498.
      • Untuk buku
        Chapra, M. U. (1992). Islam and The Economic Challenge. Virginia: The Islamic Foundation and International Institute of Islamic Thought.
        Misri, & Rofiq. (1990). Al-Kharaj wa al-Nuzum al-Maliyyali al-Dawlah al Islamiyah (2 ed.). Jeddah: Markaz al Hasr al Ilmi King Abdul Aziz University.
      • Untuk artikel dari internet
        Bimanatya, T. E., & Rahmadi. (2012,1 29). Shariah Economics Forum. Diambil 3 13, 2012, dari Shariah Economics Forum: http://sef.feb.ugm.ac.id
  12. Makalah dikirim melalui email shariah.corner@ugm.ac.id dalam format Microsoft Word. Setiap makalah yang masuk harap menyertakan biodata lengkap penulis.

Batas waktu pendaftaran dan pengiriman: 30 Oktober 2015

Batas akhir pengiriman naskah: 1 November 2015

Pengunguman naskah terpilih untuk konferensi: 5 November 2015

Konferensi: 11 November 2015

Penghargaan:

  • Hadiah Total Rp10.000.000,-
  • Naskah dipublikasi dalam Journal of Islamic Economics and Business ‘Muamalah’ Tahun 2015
  • Gratis untuk mengikuti Seminar Internasional “Islamic Accounting for Social Welfare”, pada tanggal 12 November 2015

Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi: Salim 08989080905.

Kami tunggu kontribusi anda dalam Journal of Islamic Economics and Business ‘Muamalah’ Tahun 2015 ini untuk perkembangan ekonomi islam yang lebih baik.

Views: 271

Related Posts

Sustainable Business School Framework

Perkuat Komitmen Keberlanjutan, FEB UGM Luncurkan Sustainable Business School Framework 

Berita Jumat, 19 September 2025

Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM)  meluncurkan Sustainable Business School Framework (SBSF), sebuah kerangka kerja yang dirancang untuk mendorong praktik  keberlanjutan di pendidikan tinggi, khususnya sekolah bisnis.

Rapat Senat Tahunan 2025

70 Tahun FEB UGM Komitmen Perkuat Dampak Bagi Masyarakat dan Keberlanjutan

Berita Jumat, 19 September 2025

Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) merayakan 70 tahun kiprahnya sejak berdiri pada 19 September 1955. Mengangkat tema “70 Years of Impact: Advancing Economics and Business Knowledge for Society and Sustainability”, peringatan Dies Natalis ke-70 (Lustrum XV) merefleksikan misi fakultas yaitu menumbuhkembangkan calon pemimpin masa depan dalam bidang ekonomika dan bisnis untuk mengembangkan aspek keberlanjutan.

Dekan FEB UGM, Prof. Didi Achjari, S.E., M.Com, Ak., CA., menyampaikan bahwa perjalanan tujuh dasawarsa FEB UGM menegaskan komitmen untuk terus menghadirkan ilmu pengetahuan dan praktik ekonomi serta bisnis yang bermanfaat nyata bagi masyarakat sekaligus berorientasi pada keberlanjutan.

Penyerahan Penghargaan GMDTGI

FEB UGM Beri Penghargaan Bagi Pemerintah Daerah dengan Kinerja Tata Kelola Transformasi Digital Terbaik 2025

Berita Jumat, 19 September 2025

Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) melalui Pusat Kajian Sistem Informasi (PKSI) memberikan penganugerahan Gadjah Mada Digital Transformation Governance Index (GM-DTGI) Tahun 2025.

Nezar Patria - Optimalisasi Big Data untuk Percepatan Transformasi Digital

Wamen Komdigi Tekankan Optimalisasi Big Data untuk Percepatan Transformasi Digital

Berita Kamis, 18 September 2025

Wakil Menteri Komunikasi dan Digital Republik Indonesia, Nezar Patria, S.Fil., M.Sc., M.B.A, menekankan pentingnya optimalisasi big data dalam tata kelola pemerintah daerah.

Berita Terkini

  • Perkuat Komitmen Keberlanjutan, FEB UGM Luncurkan Sustainable Business School Framework 
    19 September, 2025
  • 70 Tahun FEB UGM Komitmen Perkuat Dampak Bagi Masyarakat dan Keberlanjutan
    19 September, 2025
  • FEB UGM Beri Penghargaan Bagi Pemerintah Daerah dengan Kinerja Tata Kelola Transformasi Digital Terbaik 2025
    19 September, 2025
  • Wamen Komdigi Tekankan Optimalisasi Big Data untuk Percepatan Transformasi Digital
    18 September, 2025
  • FEB UGM Gelar Seminar Nasional dan Penghargaan Gadjah Mada Digital Transformation Governance Index 2025
    18 September, 2025

Artikel Terkait

  • Perkuat Komitmen Keberlanjutan, FEB UGM Luncurkan Sustainable Business School Framework 
    19 September, 2025
  • 70 Tahun FEB UGM Komitmen Perkuat Dampak Bagi Masyarakat dan Keberlanjutan
    19 September, 2025
  • FEB UGM Beri Penghargaan Bagi Pemerintah Daerah dengan Kinerja Tata Kelola Transformasi Digital Terbaik 2025
    19 September, 2025
  • Wamen Komdigi Tekankan Optimalisasi Big Data untuk Percepatan Transformasi Digital
    18 September, 2025
  • FEB UGM Gelar Seminar Nasional dan Penghargaan Gadjah Mada Digital Transformation Governance Index 2025
    18 September, 2025
Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Jln. Sosio Humaniora No.1, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281

Peta & Arah
Informasi Kontak Selengkapnya

Direktori Fakultas

  • Informasi Publik
  • Manajemen Ruang
  • Manajemen Aset
  • Manajemen Makam

Mahasiswa

  • Komunitas Mahasiswa
  • Layanan Mahasiswa
  • Asrama Mahasiswa
  • Pengembangan Karir
  • Paparan Internasional
  • Beasiswa
  • Magang

Alumni

  • Komunitas Alumni
  • Layanan Alumni
  • Pelacakan Studi
  • Pekerjaan & Magang
  • Beasiswa

Social Media

© 2025 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

Kebijakan PrivasiPeta Situs

💬 Butuh bantuan?
1
FEB UGM Official WhatsApp
Halo 👋
Bisakah kami membantu Anda?
Buka percakapan
[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju