• Tentang UGM
  • SIMASTER
  • SINTESIS
  • Informasi Publik
  • SDGs
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  •  Tentang Kami
    • Sekilas Pandang
    • Sejarah Pendirian
    • Misi dan Visi
    • Nilai-Nilai
    • Pimpinan Fakultas
    • Pimpinan Senat
    • Pimpinan Departemen
    • Pimpinan Program Studi
    • Pimpinan Unit
    • Dewan Penasihat Fakultas
    • Laporan Tahunan
    • Fasilitas Kampus
    • Identitas Visual
    • Ruang Berita
    • Dies Natalis ke-70
  • Program Akademik
    • Program Sarjana
    • Program Magister
    • Program Doktor
    • Program Profesi
    • Program Akademik Singkat
    • Program Profesional & Sertifikasi
    • Program Sarjana Internasional (IUP)
    • International Doctorate in Business (IDB)
    • Kalender Akademik
    • Ruang dan Kegiatan
  • Fakultas & Riset
    • Keanggotaan Fakultas
    • Akreditasi Fakultas
    • Jaringan Internasional
    • Dosen
    • Profesor Tamu dan Rekan Peneliti
    • Staf Profesional
    • Publikasi
    • Jurnal Yang Diterbitkan
    • Kertas Kerja
    • Bidang Kajian
    • Unit Pendukung
    • Kemitraan Konferensi Internasional
    • Call for Papers
    • Pengabdian Kepada Masyarakat
    • Perpustakaan
  • Pendaftaran
  • Home
  • Suara Akademisi

Wisatawan Yang Bahagia Adalah Wisatawan Yang Beretika

  • Suara Akademisi
  • 18 Agustus 2021, 10.44
  • Oleh : Admin
Widya Paramita

Pariwisata memang seringkali membawa pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat setempat, tetapi di sisi lain tak dapat dipungkiri bahwa pariwisata juga terkadang berpotensi mendatangkan dampak yang merugikan, terlebih ketika para wisatawan berperilaku secara tidak etis. Sebagai contoh, mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita menjumpai sampah bertebaran sembarangan dan vandalisme pada kawasan-kawasan obyek wisata. Dalam banyak kasus, pihak yang menjadi pelaku perbuatan tersebut adalah para wisatawan yang berkunjung ke kawasan itu sendiri. Tentu pemerintah serta masyarakat setempat telah melakukan berbagai upaya melalui peraturan maupun himbauan untuk menanggulangi perilaku tidak etis para wisatawan. Namun, realitanya upaya tersebut belum sepenuhnya berjalan optimal dan efektif sehingga masih diperlukan adanya dukungan upaya lain.

Penelitian terdahulu mengemukakan penemuan bahwa penyedia layanan yang membangun kedekatan dengan konsumen dapat mendorong perilaku positif konsumen. Berdasarkan hal tersebut, sebuah penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah penyedia layanan pariwisata yang membangun kedekatan dengan wisatawan juga dapat mengurangi perilaku tidak etis mereka. Kedekatan penyedia layanan sendiri mengacu pada interaksi menyenangkan yang dirasakan oleh konsumen atas hubungan personal dengan penyedia layanan (Gremler dan Gwinner, 2008). Proses beserta hasil penelitian tersebut kemudian dituangkan ke dalam artikel jurnal yang berjudul “Ethics support through rapport: Elaborating the impact of service provider rapport on ethical behaviour intention of the tourists” oleh Widya Paramita, Naila Zulfa, Rokhima Rostiani, Yulia A. Widyaningsih, dan Mahfud Sholihin.

Dengan menggunakan the Broaden-and-Build Theory of Positive Emotions, penelitian dalam artikel jurnal tersebut secara lebih jauh menguji secara empiris pengaruh penyedia layanan pariwisata yang membangun kedekatan dengan wisatawan terhadap intensi wisatawan untuk berperilaku etis serta secara khusus mengkaji peran penyedia layanan pariwisata dalam membentuk perilaku etis dan mengurangi perilaku tidak etis wisatawan. Teori ini menyatakan bahwa emosi positif termasuk kebahagiaan akan mendorong pemikiran yang lebih luas dan abstrak sehingga penelitian ini bermaksud menguji apakah kebahagiaan yang berasal dari interaksi dengan penyedia layanan wisata dapat meningkatkan identitas moral, justifikasi moral, dan niat untuk berperilaku etis.

Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan survei daring dengan tujuan responden kepada masyarakat yang berwisata dalam satu tahun terakhir. Responden secara sukarela berpartisipasi dalam penelitian dan disaring berdasarkan aktivitas pariwisata mereka baru-baru ini atau dalam satu tahun terakhir untuk mengontrol efek pasca COVID-19 dan untuk memastikan bahwa mereka dapat mengingat pengalaman pariwisata mereka secara akurat. Setelah menjawab pertanyaan penyaringan, responden diminta untuk menjawab pertanyaan terkait dengan fokus penelitian, yaitu hubungan penyedia layanan, kebahagiaan, dan identitas moral, secara berurutan. Tim peneliti meminta responden untuk mengingat pengalaman wisata mereka terutama interaksi mereka dengan penyedia layanan wisata. Kemudian, responden menjawab pertanyaan mengenai identitas moral, justifikasi moral dan niat untuk berperilaku etis. Selain itu, digunakan analisis regresi mediasi dan mediasi termoderasi untuk menguji variabel yaitu dengan menggunakan Hayes’ micro process software.

Berdasarkan hasil analisis tersebut, peneliti menemukan bahwa penyedia layanan yang membangun kedekatan dengan wisatawan dapat memunculkan kebahagiaan para wisatawan dan meningkatkan identitas moral mereka, karena identitas moral akan meningkatkan justifikasi moral dan intensi untuk berperilaku etis pada wisatawan yang berwisata. Oleh karena itu, industri pariwisata disarankan untuk memberdayakan penyedia layanan dalam sektor pariwisata untuk mendorong intensi perilaku etis para wisatawan melalui peningkatan kebahagiaan, identitas moral dan justifikasi moral. Hasil penelitian lainnya menemukan bahwa penyedia layanan yang membangun kedekatan dengan wisatawan tidak hanya meningkatkan kepuasan wisatawan dan keuntungan bisnis, tetapi juga mampu memberikan support moral kepada wisatawan untuk berperilaku etis di tempat wisata. Jadi, yuk kita ciptakan lebih banyak kebahagiaan untuk mendorong perilaku etis!

—

Penulis Paper: Widya Paramita, Naila Zulfa, Rokhima Rostiani, Yulia A. Widyaningsih, dan Mahfud Sholihin.
Dimuat pada Journal of Retailing and Consumer Services, Volume 63, November 2021, 102693.
Tautan https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0969698921002599  

Views: 561

Related Posts

Sustainable Business School Framework

Perkuat Komitmen Keberlanjutan, FEB UGM Luncurkan Sustainable Business School Framework 

Berita Jumat, 19 September 2025

Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM)  meluncurkan Sustainable Business School Framework (SBSF), sebuah kerangka kerja yang dirancang untuk mendorong praktik  keberlanjutan di pendidikan tinggi, khususnya sekolah bisnis.

Rapat Senat Tahunan 2025

70 Tahun FEB UGM Komitmen Perkuat Dampak Bagi Masyarakat dan Keberlanjutan

Berita Jumat, 19 September 2025

Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) merayakan 70 tahun kiprahnya sejak berdiri pada 19 September 1955. Mengangkat tema “70 Years of Impact: Advancing Economics and Business Knowledge for Society and Sustainability”, peringatan Dies Natalis ke-70 (Lustrum XV) merefleksikan misi fakultas yaitu menumbuhkembangkan calon pemimpin masa depan dalam bidang ekonomika dan bisnis untuk mengembangkan aspek keberlanjutan.

Dekan FEB UGM, Prof. Didi Achjari, S.E., M.Com, Ak., CA., menyampaikan bahwa perjalanan tujuh dasawarsa FEB UGM menegaskan komitmen untuk terus menghadirkan ilmu pengetahuan dan praktik ekonomi serta bisnis yang bermanfaat nyata bagi masyarakat sekaligus berorientasi pada keberlanjutan.

Penyerahan Penghargaan GMDTGI

FEB UGM Beri Penghargaan Bagi Pemerintah Daerah dengan Kinerja Tata Kelola Transformasi Digital Terbaik 2025

Berita Jumat, 19 September 2025

Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) melalui Pusat Kajian Sistem Informasi (PKSI) memberikan penganugerahan Gadjah Mada Digital Transformation Governance Index (GM-DTGI) Tahun 2025.

Nezar Patria - Optimalisasi Big Data untuk Percepatan Transformasi Digital

Wamen Komdigi Tekankan Optimalisasi Big Data untuk Percepatan Transformasi Digital

Berita Kamis, 18 September 2025

Wakil Menteri Komunikasi dan Digital Republik Indonesia, Nezar Patria, S.Fil., M.Sc., M.B.A, menekankan pentingnya optimalisasi big data dalam tata kelola pemerintah daerah.

Berita Terkini

  • Perkuat Komitmen Keberlanjutan, FEB UGM Luncurkan Sustainable Business School Framework 
    19 September, 2025
  • 70 Tahun FEB UGM Komitmen Perkuat Dampak Bagi Masyarakat dan Keberlanjutan
    19 September, 2025
  • FEB UGM Beri Penghargaan Bagi Pemerintah Daerah dengan Kinerja Tata Kelola Transformasi Digital Terbaik 2025
    19 September, 2025
  • Wamen Komdigi Tekankan Optimalisasi Big Data untuk Percepatan Transformasi Digital
    18 September, 2025
  • FEB UGM Gelar Seminar Nasional dan Penghargaan Gadjah Mada Digital Transformation Governance Index 2025
    18 September, 2025

Artikel Terkait

  • Perkuat Komitmen Keberlanjutan, FEB UGM Luncurkan Sustainable Business School Framework 
    19 September, 2025
  • 70 Tahun FEB UGM Komitmen Perkuat Dampak Bagi Masyarakat dan Keberlanjutan
    19 September, 2025
  • FEB UGM Beri Penghargaan Bagi Pemerintah Daerah dengan Kinerja Tata Kelola Transformasi Digital Terbaik 2025
    19 September, 2025
  • Wamen Komdigi Tekankan Optimalisasi Big Data untuk Percepatan Transformasi Digital
    18 September, 2025
  • FEB UGM Gelar Seminar Nasional dan Penghargaan Gadjah Mada Digital Transformation Governance Index 2025
    18 September, 2025
Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Jln. Sosio Humaniora No.1, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281

Peta & Arah
Informasi Kontak Selengkapnya

Direktori Fakultas

  • Informasi Publik
  • Manajemen Ruang
  • Manajemen Aset
  • Manajemen Makam

Mahasiswa

  • Komunitas Mahasiswa
  • Layanan Mahasiswa
  • Asrama Mahasiswa
  • Pengembangan Karir
  • Paparan Internasional
  • Beasiswa
  • Magang

Alumni

  • Komunitas Alumni
  • Layanan Alumni
  • Pelacakan Studi
  • Pekerjaan & Magang
  • Beasiswa

Social Media

© 2025 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

Kebijakan PrivasiPeta Situs

💬 Butuh bantuan?
1
FEB UGM Official WhatsApp
Halo 👋
Bisakah kami membantu Anda?
Buka percakapan
[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju