• Tentang UGM
  • SIMASTER
  • SINTESIS
  • Informasi Publik
  • SDGs
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  •  Tentang Kami
    • Sekilas Pandang
    • Sejarah Pendirian
    • Misi dan Visi
    • Nilai-Nilai
    • Pimpinan Fakultas
    • Pimpinan Senat
    • Pimpinan Departemen
    • Pimpinan Program Studi
    • Pimpinan Unit
    • Dewan Penasihat Fakultas
    • Laporan Tahunan
    • Fasilitas Kampus
    • Identitas Visual
    • Ruang Berita
    • Dies Natalis ke-70
  • Program Akademik
    • Program Sarjana
    • Program Magister
    • Program Doktor
    • Program Profesi
    • Program Akademik Singkat
    • Program Profesional & Sertifikasi
    • Program Sarjana Internasional (IUP)
    • International Doctorate in Business (IDB)
    • Kalender Akademik
    • Ruang dan Kegiatan
  • Fakultas & Riset
    • Keanggotaan Fakultas
    • Akreditasi Fakultas
    • Jaringan Internasional
    • Dosen
    • Profesor Tamu dan Rekan Peneliti
    • Staf Profesional
    • Publikasi
    • Jurnal Yang Diterbitkan
    • Kertas Kerja
    • Bidang Kajian
    • Unit Pendukung
    • Kemitraan Konferensi Internasional
    • Call for Papers
    • Pengabdian Kepada Masyarakat
    • Perpustakaan
  • Pendaftaran
  • Home
  • Prestasi

Mahasiswa FEB UGM Juara 1 Kompetisi Xiaomi x BREXPLOR Branding Competition 2025

  • Prestasi
  • 14 Mei 2025, 09.50
  • Oleh : shofihawa
Tim Dolphin FEB UGM

Tim Dolphin yang beranggotakan Vittorio Valero Salim (Manajemen 2022), Gustav Susanto (Manajemen 2022), dan Risang Mar’atun Sholihah (Manajemen 2022) berhasil meraih Juara 1 dalam ajang Xiaomi x BREXPLOR Branding Competition 2025. Kompetisi ini diadakan oleh Program Studi S1 Branding Universitas Prasetiya Mulya pada 12 April 2025 dan diikuti oleh 90 tim yang berasal dari berbagai universitas di seluruh Indonesia.

Vittorio menjelaskan bahwa perjalanan tim untuk meraih juara tidaklah diperoleh dengan mudah. Sebelumnya mereka harus melalui serangkaian tahapan seleksi yang cukup ketat yaitu tahap proposal, tahap rocket pitching, dan tahap final. Pada tahap proposal, setiap tim diminta untuk menyelesaikan kasus branding dan pemasaran terkait produk Redmi Note 14 Series dari Xiaomi. Setelah itu, di tahap rocket pitching, tim harus mempresentasikan ide mereka dalam waktu tiga menit di Jakarta, di hadapan panel juri, untuk memperebutkan tempat di final. Hanya lima tim teratas yang berhasil masuk ke babak final untuk  mempresentasikan ide mereka secara komprehensif dalam durasi 15 menit.

Tim Dolphin menghadapi tantangan untuk membantu Xiaomi menjadikan Redmi Note 14 Series sebagai pilihan utama bagi Gen Z. Mereka menemukan adanya perbedaan nilai antara branding produk tersebut dengan kebutuhan Gen Z saat ini, yang menjadi masalah utama dalam penetapan posisi pasar. Dalam menyelesaikan masalah ini, tim mengidentifikasi poin-poin penting yang perlu diperhatikan oleh Xiaomi. Mereka kemudian mengajukan solusi end-to-end yang komprehensif, menggunakan kerangka AIDA, mulai dari strategi branding hingga kampanye pemasaran untuk menjadikan Redmi Note 14 Series produk pilihan utama bagi Gen Z.

Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi tim adalah memastikan bahwa ide mereka dapat diterima dalam waktu yang sangat terbatas. Pada tahap rocket pitching, setiap tim hanya diberikan waktu tiga menit untuk meyakinkan juri bahwa solusi mereka layak dipertimbangkan.

“Tantangannya adalah kami harus memastikan bahwa juri bisa memahami ide yang kami miliki dalam waktu yang sangat singkat. Rasanya sangat senang dan puas, semua usaha yang kami lakukan terbayarkan dengan prestasi ini,” ungkap Vittorio.

Vittorio berharap pengalaman yang diperoleh melalui kompetisi ini bisa diimplementasikan di dunia kerja mereka nanti. Tidak hanya itu, capaian ini diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi mahasiswa FEB lainnya untuk mengikuti kompetisi serupa di masa depan.

Reportase: Orie Priscylla Mapeda Lumalan

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)

SDG 4 SDG 5 SDG 8 SDG 9 SDG 12 SDG 17

Views: 589
Tags: SDG 12: Konsumsi Dan Produksi Yang Bertanggung Jawab SDG 17: Kemitraan Untuk Mencapai Tujuan SDG 4: Pendidikan Berkualitas SDG 5: Kesetaraan Gender SDG 8: Pekerjaan Layak Dan Pertumbuhan Ekonomi SDG 9: Industri Inovasi Dan Infrastruktur SDGs

Related Posts

EB Journalism

Fraud Jadi Ancaman Bagi Stabilitas Ekonomi

Berita Jumat, 10 Oktober 2025

Kasus kecurangan atau fraud kini menjadi perhatian serius di berbagai sektor.

Mood Booster

Dukung Mahasiswa Hadapi UTS, FEB UGM Hadirkan Program Sarapan dan Konsultasi Gratis

Berita Kamis, 9 Oktober 2025

Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada membagikan sarapan gratis bagi mahasiswanya selama periode Ujian Tengah Semester (UTS) ganjil tahun ajaran 2025/2026.

Nurul Indarti

Membedah Motivasi dan Tantangan Inovasi Hijau UKM Batik di Indonesia

Berita Selasa, 7 Oktober 2025

Di balik keindahan motif batik yang lahir dari tradisi turun-temurun, tersimpan dilema besar yaitu limbah pewarna kimia yang kerap mencemari sungai di sekitar sentra produksi.

IICP-HUE dan BEM FEB UGM

FEB UGM dan Hiroshima University of Economics Kenalkan Nilai Budaya Lewat Proyek Tenun Lurik pada IICP-HUE 2025

Berita Selasa, 7 Oktober 2025

Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) dan Hiroshima University of Economics (HUE) berhasil menghadirkan pengalaman lintas budaya melalui Indonesia International Contribution Project (IICP-HUE) 2025.

Berita Terkini

  • Fraud Jadi Ancaman Bagi Stabilitas Ekonomi
    10 Oktober, 2025
  • Dukung Mahasiswa Hadapi UTS, FEB UGM Hadirkan Program Sarapan dan Konsultasi Gratis
    9 Oktober, 2025
  • Membedah Motivasi dan Tantangan Inovasi Hijau UKM Batik di Indonesia
    7 Oktober, 2025
  • FEB UGM dan Hiroshima University of Economics Kenalkan Nilai Budaya Lewat Proyek Tenun Lurik pada IICP-HUE 2025
    7 Oktober, 2025
  • KAFEGAMA MEP Lantik Pengurus Baru 2025–2028
    6 Oktober, 2025

Agenda

  • 24Okt The 9th Mubyarto Public Policy Forum (MPPF 2025)
All Events
Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Jln. Sosio Humaniora No.1, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281

Peta & Arah
Informasi Kontak Selengkapnya

Direktori Fakultas

  • Informasi Publik
  • Manajemen Ruang
  • Manajemen Aset
  • Manajemen Makam

Mahasiswa

  • Komunitas Mahasiswa
  • Layanan Mahasiswa
  • Asrama Mahasiswa
  • Pengembangan Karir
  • Paparan Internasional
  • Beasiswa
  • Magang

Alumni

  • Komunitas Alumni
  • Layanan Alumni
  • Pelacakan Studi
  • Pekerjaan & Magang
  • Beasiswa

Social Media

© 2025 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

Kebijakan PrivasiPeta Situs

💬 Butuh bantuan?
1
FEB UGM Official WhatsApp
Halo 👋
Bisakah kami membantu Anda?
Buka percakapan
[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju