Mahasiswa FEB UGM Raih Juara 2 Tokopedia Product Academy
- Detail
- Ditulis oleh Kirana
- Kategori: Prestasi
- Dilihat: 2956
Ayasha Kirana Nusantoro (Economics-IUP 2015) beserta rekannya, Shinta Suhartono (Universitas Indonesia) dan Fahmi Rizaldi (Institut Teknologi Bandung) menjadi juara 2 pada lomba Tokopedia Product Academy yang diadakan di Tokopedia Tower, Jakarta, dari tanggal 1-5 April 2019. Tokopedia merupakan salah satu perusahaan start-up terdepan di Indonesia, yang mendapat sebutan unicorn. Perusahaan tersebut memiliki tiga business line yang terdiri dari marketplace, digital, dan financial technology.
Tokopedia Product Academy merupakan program intensif yang diadakan selama 5 hari yang ditujukan untuk mahasiswa tingkat akhir dari berbagai jurusan, termasuk IT, desain, dan bisnis. Dengan lebih dari 2,000 pendaftar dari seluruh negeri, hanya 39 mahasiswa yang paling unggul yang dapat berpartisipasi dalam program tersebut. Proses seleksi tersebut memiliki lima tahap, dari CV screening, tes psikologi, focus group discussion, interview, dan case study. Setelah itu, para peserta dibagikan menjadi kelompok yang terdiri dari tiga mahasiswa dari universitas yang berbeda, dan ditugaskan untuk menyelesaikan case yang harus dipresentasikan pada hari terakhir.
Selama program berlangsung, peserta dilatih langsung oleh pemilik produk Tokopedia, berdiskusi mendalam tentang desain produk, mulai dari belajar tentang konsep produk yang layak minimum (MVP), penelitian UI/UX, bagaimana selalu berpacu pada data ketika menciptakan suatu produk, melakukan desain produk, melakukan design sprint dengan membuat wireframes, dan scrum untuk menjalankan suatu produk. Peserta juga ditugaskan untuk melakukan riset pasar agar dapat mengidentifikasi permintaan pelanggan terhadap produk yang mungkin menguntungkan bagi perusahaan.
Pada hari terakhir, setiap tim diberikan waktu 15 menit untuk mengajukan solusi yang mereka usulkan tentang cara meningkatkan laba perusahaan dengan menciptakan produk yang sesuai dengan permintaan pelanggan. Tim juga ditantang untuk membuat prototipe produk dalam tiga hari sejak kasus itu diberikan. Peserta kemudian diarahkan ke Gala Dinner di mana pemenang diumumkan.
"Product Academy Tokopedia sangat menantang bagi saya, karena saya harus bersaing di bidang yang belum pernah saya pelajari sebelumnya, terutama karena jurusan saya dari Ilmu Ekonomi. Namun, program pelatihan dan mentor yang disediakan oleh Tokopedia banyak membantu saya dalam memahami industri teknologi," kata Ayasha.
Sumber: Ayasha Kirana Nusantoro