• Tentang UGM
  • SIMASTER
  • SINTESIS
  • Informasi Publik
  • SDGs
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  •  Tentang Kami
    • Sekilas Pandang
    • Sejarah Pendirian
    • Misi dan Visi
    • Nilai-Nilai
    • Pimpinan Fakultas
    • Pimpinan Senat
    • Pimpinan Departemen
    • Pimpinan Program Studi
    • Pimpinan Unit
    • Dewan Penasihat Fakultas
    • Laporan Tahunan
    • Fasilitas Kampus
    • Identitas Visual
    • Ruang Berita
    • Dies Natalis ke-70
  • Program Akademik
    • Program Sarjana
    • Program Magister
    • Program Doktor
    • Program Profesi
    • Program Akademik Singkat
    • Program Profesional & Sertifikasi
    • Program Sarjana Internasional (IUP)
    • International Doctorate in Business (IDB)
    • Kalender Akademik
    • Ruang dan Kegiatan
  • Fakultas & Riset
    • Keanggotaan Fakultas
    • Akreditasi Fakultas
    • Jaringan Internasional
    • Dosen
    • Profesor Tamu dan Rekan Peneliti
    • Staf Profesional
    • Publikasi
    • Jurnal Yang Diterbitkan
    • Kertas Kerja
    • Bidang Kajian
    • Unit Pendukung
    • Kemitraan Konferensi Internasional
    • Call for Papers
    • Pengabdian Kepada Masyarakat
    • Perpustakaan
  • Pendaftaran
  • Home
  • Prestasi

Tim First Mover Sabet Juara 1 pada Marketing Plan Competition UNNES 2023

  • Prestasi
  • 24 Oktober 2023, 07.58
  • Oleh : Admin
MPC UNNES 2023

Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) kembali mendapatkan berita gembira. Pada Minggu (22/10), Tim First Mover berhasil meraih juara pertama dalam lomba tingkat nasional Marketing Plan Competition (MPC) 2023 yang diadakan oleh Marketing Club on Teaching (MARCH) Universitas Negeri Semarang (UNNES). Mengangkat tema “Marketing in the Hyper-Connected World: Strategies for Engaging Generation with IMZ 7.0”, kompetisi ini mengajak mahasiswa untuk menyumbangkan ide kreatifnya dalam mengembangkan transformasi pemasaran pada UMKM. Pencapaian tim yang beranggotakan tiga mahasiswa Manajemen 2021: Rizal Eko Sayudi, Cynthia Nur Azizah, dan Nadifa Silvia Maharani ini selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan No. 4 (Pendidikan Berkualitas) dan 8 (Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi).

Proposal yang disusun oleh Tim First Mover mengulas kompleksitas evolusi model pemasaran di era digital kontemporer. Dengan pesatnya kemajuan teknologi digital dan terbentuknya ekosistem yang hyper-connected, Tim First Mover menggarisbawahi kebutuhan akan lanskap baru dan strategi inovatif dalam mencapai penetrasi pasar yang efektif. Fokusnya adalah pada sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Tim First Mover memberikan penekanan pada peran vital UMKM dalam perekonomian Indonesia. Data dari Bank Indonesia menunjukkan bahwa pada tahun 2018, UMKM menyumbang sekitar 57,24% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia dengan kontribusi yang signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja dan ekspor nonmigas.

Studi kasus yang diangkat adalah Cokelat nDalem, sebuah UMKM di Yogyakarta yang bergerak di sektor food and beverage (FnB). Meskipun memiliki potensi pasar yang besar, Cokelat nDalem dihadapkan pada kebutuhan untuk meningkatkan proaktivitas pemasaran, khususnya dalam ranah digital. Merespons hal tersebut, Tim First Mover berkomitmen untuk mengembangkan strategi pemasaran digital terintegrasi guna meningkatkan brand awareness dan retention rate sebagai upaya meningkatkan penjualan. Berakar pada kerangka Marketing Funnel, strategi mereka yang dinamai “The SIMS (Seamless Integrated Marketing Solution)” ini memetakan perjalanan pelanggan melalui lima program pemasaran kunci. Tim First Mover berharap berbagai rekomendasi yang mereka berikan mampu menciptakan efek positif yang meluas bagi UMKM Indonesia.

Perjalanan Tim First Mover dalam memenangkan kompetisi ini tidaklah mudah. Mengembangkan strategi pemasaran yang kreatif dan terintegrasi menjadi tantangan utama yang mereka hadapi. Hal ini diungkapkan oleh Rizal selaku ketua tim. “Menganalisis Cokelat nDalem sebagai objek studi membawa tantangan tersendiri sebab memerlukan pemahaman yang mendalam terhadap kondisi bisnis dan pasar cokelat artisan,” paparnya. Berkat perjuangan yang sungguh-sungguh, Tim First Mover berhasil mengalahkan tujuh tim delegasi dari berbagai universitas di Indonesia yang lolos di babak final. “Kami berharap strategi yang kami cetuskan dapat memberikan kontribusi positif dan memberdayakan lebih banyak UMKM untuk bersaing di pasar global yang terus berkembang,” ujar Rizal mewakili harapan tim.

FEB UGM mengucapkan selamat kepada Tim First Mover atas prestasi gemilang yang berhasil diraih!

Reportase: Adella Wahyu Pradita   

SDGs 4 SDGs 8

Views: 314
Tags: SDG 4: Pendidikan Berkualitas SDG 8: Pekerjaan Layak Dan Pertumbuhan Ekonomi

Related Posts

Apia Dewi Agustin

Kisah Apia, Penerima Beasiswa PMDSU Jadi Lulusan Terbaik Magister Sains Akuntansi FEB UGM

Wisuda Sabtu, 26 Juli 2025

Masih ingat dengan Apia Dewi Agustin? Namanya sempat mencuri perhatian publik beberapa waktu lalu karena kisah inspiratifnya. Gadis yang berasal dari sebuah pelosok desa di Kab.

Primastuti Indah Suryani

Optimasi Media Sosial Tingkatkan Visibilitas UMKM

Berita Jumat, 25 Juli 2025

Membangun merek dan menjangkau konsumen kini tidak lagi mengandalkan promosi konvensional. Media sosial saat ini telah menjadi kanal utama dalam membentuk citra usaha. Melalui pelatihan bertema “Optimasi Sosial Media dengan Pembuatan Konten”, FEB UGM mendorong pelaku UMKM melakukan optimasi media sosial untuk dengan pengembanagn strategi konten yang efektif sebagai upaya untuk meningkatkan visibilitas UMKM.

Pelatihan yang diselenggarakan oleh Bidang Kajian Kewirausahaan, Inovasi, dan UMKM pada 17 Juli 2025 di FEB UGM ini menghadirkan Primastuti Indah Suryani, M.Si., M.M., selaku content creator dan digital marketing trainer.

Field Trip GSW 2025

GSW 2025 Ajak Mahasiswa Asing Belajar Dunia Industri dan Seni di Yogyakarta

Berita Jumat, 25 Juli 2025

Suara denting logam menggema di sebuah workshop kerajinan perak di Kotagede, Yogyakarta. Di atas landasan besi, lempengan perak ditempa perlahan oleh tangan-tangan terampil. Sementara di sudut lain asap patri mengepul halus, berpadu dengan aroma logam panas yang menguar di udara.

Pemandangan ini menjadi pengalaman berkesan bagi Ali Matough Ali Essa, mahasiswa University of Glasgow, Inggris.

Andar Danova L Goeltom

Green Jobs dan Kurikulum Hijau, Kunci Masa Depan Pariwisata Indonesia

Berita Kamis, 24 Juli 2025

Perubahan besar tengah terjadi di industri pariwisata global. Wisatawan saat ini, terutama generasi muda dan wisatawan internasional, semakin peduli terhadap dampak lingkungan dari aktivitas perjalanan mereka.

Berita Terkini

  • Kisah Apia, Penerima Beasiswa PMDSU Jadi Lulusan Terbaik Magister Sains Akuntansi FEB UGM
    Juli 26, 2025
  • Optimasi Media Sosial Tingkatkan Visibilitas UMKM
    Juli 25, 2025
  • GSW 2025 Ajak Mahasiswa Asing Belajar Dunia Industri dan Seni di Yogyakarta
    Juli 25, 2025
  • Green Jobs dan Kurikulum Hijau, Kunci Masa Depan Pariwisata Indonesia
    Juli 24, 2025
  • Tingkat Pengangguran Menurun, Dosen FEB UGM Sebut Pekerjaan Layak Masih Jadi PR
    Juli 24, 2025

Artikel Terkait

  • Kisah Apia, Penerima Beasiswa PMDSU Jadi Lulusan Terbaik Magister Sains Akuntansi FEB UGM
    Juli 26, 2025
  • Optimasi Media Sosial Tingkatkan Visibilitas UMKM
    Juli 25, 2025
  • GSW 2025 Ajak Mahasiswa Asing Belajar Dunia Industri dan Seni di Yogyakarta
    Juli 25, 2025
  • Green Jobs dan Kurikulum Hijau, Kunci Masa Depan Pariwisata Indonesia
    Juli 24, 2025
  • Tingkat Pengangguran Menurun, Dosen FEB UGM Sebut Pekerjaan Layak Masih Jadi PR
    Juli 24, 2025
Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Jln. Sosio Humaniora No.1, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281

Peta & Arah
Informasi Kontak Selengkapnya

Departemen

  • Akuntansi
  • Ilmu Ekonomi
  • Manajemen

Direktori Fakultas

  • Informasi Publik
  • Manajemen Ruang
  • Manajemen Aset
  • Manajemen Makam

Alumni

  • Komunitas Alumni
  • Layanan Alumni
  • Pelacakan Studi
  • Pekerjaan & Magang
  • Beasiswa

Social Media

© 2025 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

Kebijakan PrivasiPeta Situs

💬 Butuh bantuan?
1
FEB UGM Official WhatsApp
Halo 👋
Bisakah kami membantu Anda?
Buka percakapan