Tim Mahasiswa FEB UGM Raih Juara 3 Marketing Plan Competition EURECA 2024
- Detail
- Ditulis oleh Adella
- Kategori: Prestasi
- Dilihat: 503
Tim mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) berhasil meraih juara tiga dalam kompetisi Marketing Plan Competition EURECA 2024 yang diselenggarakan pada 23-26 April 2024 di Universitas Prasetiya Mulya, Jakarta. Mereka adalah Adzra Aurellya Firdhausya (Accounting-IUP 2020), Apriana Vika Vianbara (Manajemen 2021), dan Salsabila Qatrunnisa Balqis (Manajemen 2021) yang tergabung dalam tim ASA.
Ketiganya berhasil menorehkan prestasi gemilang dengan ide kreatif dan inovatif yang dituangkan dalam rancangan strategi pemasaran makanan kucing premium. Mereka mengajukan gagasan “5A + Route to the Market” yang mencakup berbagai strategi pemasaran kreatif seperti “Luna Story” untuk meningkatkan kesadaran merek dan kampanye online/offline “Paw Bomb Drama”. Tak hanya itu, mereka juga berkolaborasi dengan komunitas kucing melalui program “Paw-Rescue”.
“Kami merancang strategi pemasaran 5A yaitu awareness, appeal, ask, act, dan advocate yang diwujudkan dalam berbagai program untuk menarik target pasar yakni Gen Z dan pekerja kantoran yang memiliki kucing,” ungkap Adzra.
Ide ini berhasil menarik perhatian juri dan membawa tim UGM ke tahap rocket pitch dan lolos melaju ke babak presentasi final. EURECA 2024 merupakan kompetisi yang diikuti oleh puluhan universitas terkemuka di Indonesia, termasuk Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Universitas Pelita Harapan (UPH). Kompetisi ini terdiri dari tiga tahap seleksi, yaitu pengumpulan proposal, rocket pitch, dan final presentation. Setiap tahapan menantang para peserta untuk memberikan solusi inovatif terhadap kasus pemasaran produk makanan kucing yang menyasar pasar kelas atas.
Adzra mengatakan keberhasilan tim meraih juara tidak lepas dari persiapan matang yang dilakukan oleh tim. Selain itu, keberhasilan yang diraih berkat dukungan dan pendampingan dari FEB UGM dan mentoring eksternal dalam menyusun strategi pemasaran yang efektif.
“Senang dan bangga, kerja keras dan dedikasi tim akhirnya terbayar dengan meraih juara tiga,” ucapnya.
Melalui partisipasi dalam kompetisi ini, lanjutnya, tim ASA tidak hanya mendapatkan pengalaman berharga dalam memecahkan persoalan pemasaran saja. Namun, mereka juga mendapatkan pembelajaran dalam menghadapi tantangan dan berinovasi dalam situasi nyata. “Harapannya capaian ini bisa menginspirasi teman-teman lainnya di FEB UGM untuk terus mencoba dan berpartisipasi dalam berbagai kompetisi, karena setiap pengalaman adalah peluang untuk belajar dan berkembang,”pungkasnya.
Reportase: Adella Wahyu Pradita
Sustainable Development Goals