Pustakawan sebagai profesi belum banyak ‘dikenal’ oleh masyarakat dibandingkan profesi-profesi lain. Padahal peran pustakawan dalam proses pencerdasan kehidupan bangsa dan pembelajaran sepanjang hayat sudah tidak dapat diragukan lagi. Masyarakat umum lebih mengenal ‘pustakawan’ sebagai ‘penjaga buku’ dibandingkan sebagai sebuah profesi yang membutuhkan kompetensi tersendiri. Pemerintah melalui Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI) menyadari benar hal ini. Oleh karena itu sebagai bentuk apresiasi, pembinaan dan juga pengakuan akan pentingnya eksistensi pustakawan dalam proses pencerdasan kehidupan bangsa, PNRI mengadakan kompetisi pustakawan berprestasi tingkat Nasional 2009.

Sebagai partisipasi pada kompetisi pustakawan berprestasi ini, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) mengirimkan wakilnya, yakni: Arif Surachman, S.IP. Seleksi awal dilakukan pada tingkat universitas melalui presentasi dan penilaian berkas oleh tim seleksi dari Perpustakaan UGM. Pada tingkat universitas, yang bersangkutan lolos dan dikirim untuk mewakili UGM dalam seleksi tingkat propinsi DIY.

Pada tingkat propinsi, Arif Surachman, S.IP bersaing dengan pustakawan dari berbagai perpustakaan perguruan tinggi negeri/swasta, perpustakaan umum, dan perpustakaan kabupaten/kota se-DIY. Setelah melalui proses penilaian berkas, tes tertulis, dan presentasi makalah dengan judul “Undang-Undang No. 43 Tahun 2007: peluang dan tantangan bagi pustakawan” di depan dewan juri pada hari Senin (29/6/2009), Arif Surachman, S.IP. terpilih menjadi yang terbaik tingkat propinsi DIY dan berhak untuk mengikuti seleksi pustakawan berprestasi tingkat Nasional yang diadakan di PNRI Jakarta mewakili propinsi DIY.

Seleksi pustakawan berprestasi terbaik tingkat Nasional diadakan pada tanggal 13-15 Agustus 2009 di Hotel Acacia dan PNRI Jakarta. Seleksi dilakukan melalui tahapan, yaitu tes kognitif atau pengetahuan kepustakawanan yang diadakan pada hari Kamis (13/08/2009),  presentasi di depan dewan juri, peserta dan tamu undangan pada hari Jumat (14/08/2009), dan tes wawancara dengan dewan juri pada hari Sabtu (15/08/2009). Semua peserta dari 30 propinsi di seluruh Indonesia mengikuti rangkaian proses seleksi tersebut. Setelah melalui penilaian oleh dewan juri, pada hari Senin (17/08/2009) diadakan malam pengumuman dan penganugerahan pustakawan terbaik tingkat nasional tahun 2009. Arif Surachman, S.IP. (Pustakawan FEB UGM) sebagai wakil propinsi DIY berhasil meraih predikat pustakawan berprestasi terbaik kedua tingkat nasional tahun 2009 dengan nilai 495,3. Sedangkan sebagai terbaik pertama diraih oleh Agus Umar, S.Ag., SS., M.Hum. wakil dari propinsi DKI Jakarta dengan nilai 496,3, dan terbaik ketiga diraih oleh Suherman, M.Si., wakil dari propinsi Jawa Barat dengan nilai 489. Semua peserta seleksi pustakawan berprestasi terbaik tingkat Nasional berkesempatan mengikuti upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan RI di Istana Negara dan silaturahmi dengan Presiden RI dan Ibu Ani Bambang Yudhoyono di JIEC Kemayoran Jakarta.

Segenap civitas akademika FEB UGM, mengucapkan selamat atas prestasi yang telah di raih oleh Sdr Arif Surachman, S.IP.

 

Sumber : www.pnri.go.id