Pengembangan sumber daya manusia dalam perusahan merupakan hal yang cukup penting. Selain brand, manusia meupakan salah satu faktor utama dalam pengembangan bisnis. "Dengan sumber daya manusia yang hebat sebuah perusahaan mampu menciptakan produk-produk hebat untuk menumbuhkan bisnis," kata Josef Bataona Direktur HRD PT. Unilever saat mengisi kuliah umum di Fakultas Ekonomika dan Bsinis (FEB) UGM, Kamis (31/3).

Menurutnya, sebuah perusahaan perlu memberikan jaminan ketersediaan sumber daya manusia sesuai dengan kehalian yang diperlukan perusahaan. Unilever sejak berdiri telah mengimplementasikan management trainee program.

"Kita lebih memilih merekrut fresh graduate untuk bergabung di Unilever. Mahasiswa fresh graduate ini ibaratnya seperti air putih sehingga lebih mudah untuk diwarnai sesuai keinginan kita. Begitu masuk kita isi pengetahuan dan pengalaman mereka, diberi skill dan materi kepemimpinan," jelasnya.

Josef mengungkapkan, dengan sistem seperti itu kekosongan talent bisa diminimalisir. Dengan adanya management trainee program memberikan jaminan selalu tersedianya talent saat dibutuhkan.

Ditegaskan Josef, pengembangan sumber daya manusia harus dilakukan secar berkelanjutan. "Jadi kalau berhenti mengembangkan manusia jangan berharap bisnis yang dijalankan bisa berkembang maskimal," katanya.

Sumber: ika/ugm