Tim E-Craft UGM berhasil meraih juara pertama dalam The 12th Marketing Insight Seminar and Training (MIST) pada 28 Februari hingga 4 Maret lalu. Dalam lomba pemasaran nasional yang diselenggarakan Management Student Society Fakultas Ekonomi UI ini tim UGM sukses menyisihkan sekitar 80 tim dari perguruan tinggi lainnya di Indonesia.

Tim E-Craft terdiri dari tiga mahasiswa Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) angkatan 2013. Mereka adalah Dian Amalia Kahfi, Bella Lailatus Saadah, dan Khikmatun Nafi'ah.
Dian menyampaikan karya tulis yang mereka buat berhasil lolos masuk 20 besar ke babak final dan berkesempatan melakukan presentasi di Jakarta. Selain UGM, tim lain yang berhasil masuk final antara lain Universitas Pelita Harapan, Prasetiya Mulia Business School, Universitas Brawijaya, dan Universitas Diponegoro. Berikutnya, Universitas Indonesia, Universitas Bakrie, Universitas Pendidikan Ganesha, serta Universitas Andalas.

“Kami mengusung gagasan pengembangan pemasaran secara online bagi para pelaku usaha kerajinan gerabah di Kasongan,” terangnya, Selasa (15/3) di FEB UGM.

Ketiganya berhasil juara dengan mengajukan karya tulis berjudul “Market Place E-Commerce Bagi Pelaku Usaha Kecil dan Menengah: Studi Kasus Sentra Kerjinan Gerabah Kasongan, Bantul, DIY”. Mereka melihat pelaku UKM di Kasongan selama ini belum banyak yang menjalankan sistem pemasaran secara online. Padahal, dengan sistem ini dapat meningkatkan perdagangan bahkan melakukan ekspor.

“Belum banyak pengusaha di Kasongan yang melakukan pemasaran online karena belum mampu secara teknis,” jelasnya.

Sementara dari survei yang mereka lakukan terhadap konsumen menunjukkan bahwa mereka menginginkan pemasaran produk secara online. Oleh sebab itu, ketiganya merancang market place ecommerce untuk memfasilitasi pengusaha gerabah di Kasongan dan konsumen. Karya tulis ini berhasil mengantarkan ketiganya mendapatkan gelar juara dalam MIST 2016.

“Sangat senang dan bangga bisa meraih gelar sebagai 1st Winner Best Paper dalam acara ini. Harapannya kedepan bisa mempersembahkan prestasi lagi dari berbagai ajang kompetisi nasional lainnya,” imbuh Bella dan Khikma menutup perbincangan.

Sumber: ugm.ac.id