
Memilih antara berkarir di perusahaan atau membangun bisnis sendiri bukanlah keputusan yang mudah. Agnes Indah Sekar Sari, Co-Founder Dear Eleanor Tea House, berbagi kisah inspiratifnya dalam Alumni Sharing Session di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM), Senin 24 Februari 2025. Dengan tema A Blend of Passion and Possibilities, ia mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi peluang dan menentukan langkah terbaik sebelum memasuki dunia profesional.
Alumnus Progam Studi Manajemen 2017 ini membagikan pengalamannya dalam membangun bisnis di industri minuman premium. Terinspirasi oleh perubahan gaya hidup masyarakat selama pandemi Covid-19, Agnes melihat peluang di bisnis teh berbasis buah-buahan kering. Berbekal pengalaman mengikuti berbagai kompetisi business case, ia menyusun business model canvas yang kuat dan memulai perjalanannya dengan merek Petik Teh, yang kemudian berkembang menjadi Dear Eleanor Tea House.
Namun, dalam perjalanannya Agnes dihadapkan pada dilema antara bekerja di di dunia korporat atau fokus sepenuhnya pada bisnisnya. Awalnya, ia mencoba menjalankan keduanya dengan bekerja dari Senin hingga Jumat sembari mengelola Tea House di luar jam kerja. Hingga akhirnya ia menyadari bahwa untuk mencapai kesuksesan diperlukan komitmen penuh.
“Coba dulu aja,” ujarnya sembari menekankan pentingnya mengambil langkah pertama dan bereksperimen dengan hal-hal baru.
Agnes juga membagikan beberapa keterampilan yang penting bagi seorang wirausaha. Pertama, innovation & creativity, mengingat tren selalu berubah, sehingga penting untuk terus berpikir kreatif dan mengidentifikasi kebutuhan baru di masyarakat. Selain itu, seorang wirausaha harus memiliki business & strategic thinking, yakni kemampuan menyusun strategi bisnis yang matang agar bisnis dapat berkembang secara berkelanjutan. Keterampilan leadership & people skills juga krusial dalam mengelola tim serta membangun hubungan kerja yang baik.
Selanjutnya, operation management skills diperlukan untuk memastikan semua aspek bisnis berjalan dengan lancar. Kemampuan marketing & sales juga menjadi faktor kunci dalam merancang strategi pemasaran yang efektif guna mendorong pertumbuhan bisnis. Terakhir, wirausaha harus memahami business regulations, yaitu aspek hukum dan peraturan bisnis yang memastikan kepatuhan serta keberlanjutan usaha.
Reportase: Orie Priscylla Mapeda Lumalan
Editor: Kurnia Ekaptiningrum